Cara Agar Akun Google Keluar dari Perangkat Lain

Akun Google adalah salah satu akun yang paling penting bagi banyak pengguna internet. Dengan akun Google, Anda dapat mengakses berbagai layanan seperti Gmail, Google Drive, Google Photos, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita lupa untuk keluar dari perangkat lain setelah mengakses akun Google. Ini bisa menjadi masalah jika perangkat tersebut jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Untungnya, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memastikan akun Google Anda keluar dari perangkat lain dengan aman.

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah masuk ke akun Google Anda melalui browser web. Setelah masuk, klik pada foto profil Anda atau ikon inisial di pojok kanan atas layar. Kemudian, pilih opsi “Akun Google” dari menu dropdown. Ini akan membuka halaman pengaturan akun Google Anda. Di halaman ini, pilih opsi “Keamanan” di bilah sebelah kiri. Di bawah bagian “Perangkat dan aktivitas terkini”, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda. Di sini, Anda dapat melihat perangkat mana saja yang masih aktif atau mungkin belum keluar dari akun Anda. Klik pada opsi “Keluar dari semua sesi lain” untuk keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda. Setelah itu, pastikan untuk mengganti kata sandi akun Google Anda untuk menjaga keamanannya.

1. Menggunakan Aplikasi Google

Jika Anda lebih sering menggunakan aplikasi Google di perangkat seluler Anda, ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk keluar dari perangkat lain. Buka aplikasi Google di perangkat seluler Anda dan masuk ke akun Google Anda. Setelah masuk, ketuk foto profil Anda di pojok kanan atas layar. Ini akan membuka menu pengaturan akun Google Anda. Pilih opsi “Kelola Akun Google” untuk membuka halaman pengaturan akun Google Anda. Di sini, pilih opsi “Keamanan” dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan bagian “Perangkat dan aktivitas terkini”. Di bawah bagian ini, Anda akan melihat daftar perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda. Ketuk opsi “Keluar dari semua sesi lain” untuk keluar dari semua perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda.

2. Menggunakan Fitur Keamanan Google

Google juga menyediakan fitur keamanan lanjutan yang dapat Anda gunakan untuk memeriksa dan mengelola perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda. Buka browser web Anda dan masuk ke akun Google Anda. Klik pada foto profil Anda atau ikon inisial di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Akun Google” dari menu dropdown. Di halaman pengaturan akun Google Anda, pilih opsi “Keamanan” di bilah sebelah kiri. Di bawah bagian “Perangkat dan aktivitas terkini”, Anda akan melihat opsi “Periksa perangkat Anda” dan “Lihat semua perangkat”. Anda dapat menggunakan opsi ini untuk memeriksa perangkat yang terhubung dengan akun Google Anda dan keluar dari perangkat yang tidak dikenali.

3. Mengaktifkan Verifikasi Dua Langkah

Verifikasi dua langkah adalah fitur keamanan tambahan yang sangat direkomendasikan untuk melindungi akun Google Anda. Saat Anda mengaktifkan verifikasi dua langkah, Anda akan memerlukan kode verifikasi tambahan selain kata sandi Anda untuk masuk ke akun Google Anda. Ini membantu mencegah akses yang tidak sah ke akun Anda, bahkan jika orang lain memiliki kata sandi Anda. Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah, buka browser web Anda dan masuk ke akun Google Anda. Pilih opsi “Akun Google” dari menu dropdown. Pilih opsi “Keamanan” di bilah sebelah kiri dan gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Verifikasi Dua Langkah”. Ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah dan mengonfigurasi metode verifikasi yang Anda inginkan.

4. Memeriksa Aktivitas Akun

Jika Anda mencurigai ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak dikenali dalam akun Google Anda, Anda dapat memeriksa aktivitas akun Anda untuk melihat apakah ada aktivitas yang mencurigakan. Buka browser web Anda dan masuk ke akun Google Anda. Klik pada foto profil Anda atau ikon inisial di pojok kanan atas layar. Pilih opsi “Akun Google” dari menu dropdown. Di halaman pengaturan akun Google Anda, pilih opsi “Keamanan” di bilah sebelah kiri. Di bawah bagian “Aktivitas terkini”, Anda akan melihat daftar aktivitas terkini yang terkait dengan akun Google Anda. Periksa daftar ini untuk melihat apakah ada aktivitas yang mencurigakan atau tidak dikenali. Jika ada, segera keluar dari semua sesi dan mengganti kata sandi akun Google Anda.

5. Menggunakan Aplikasi Google Security

Google juga menyediakan aplikasi bernama Google Security yang dapat membantu Anda melindungi akun Google Anda dengan lebih baik. Aplikasi ini memberikan informasi tentang aktivitas akun terbaru, perangkat yang terhubung dengan akun Anda, dan saran keamanan yang berguna. Anda dapat mengunduh aplikasi Google Security dari toko aplikasi resmi perangkat Anda, seperti Google Play Store untuk perangkat Android. Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi ini, buka aplikasi dan masuk dengan akun Google Anda. Aplikasi ini akan memberikan informasi tentang keamanan akun Google Anda dan memberikan saran untuk meningkatkan keamanannya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat memastikan bahwa akun Google Anda keluar dari perangkat lain dengan aman. Penting untuk menjaga keamanan akun Google Anda agar informasi pribadi Anda tetap aman dan tidak jatuh ke tangan yang salah. Selalu ingat untuk keluar dari perangkat lain setelah selesai menggunakan akun Google Anda dan mengaktifkan fitur keamanan tambahan seperti verifikasi dua langkah.