Cara Aktifkan Akun Bisnis IG: Panduan Lengkap dan Mudah

Instagram (IG) adalah salah satu platform media sosial yang paling populer saat ini. Dengan lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulannya, Instagram telah menjadi tempat yang sangat baik untuk membangun merek dan bisnis Anda. Salah satu fitur yang sangat berguna untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda di Instagram adalah akun bisnis IG.

Akun bisnis IG memungkinkan Anda untuk mengakses berbagai fitur dan alat pemasaran yang tidak tersedia di akun pribadi. Dengan mengaktifkan akun bisnis IG, Anda dapat menganalisis kinerja postingan Anda, menjalankan iklan, menambahkan tombol kontak, dan banyak lagi. Jadi, jika Anda seorang pemilik bisnis atau seorang influencer yang ingin memanfaatkan potensi penuh Instagram, ikuti panduan lengkap dan mudah ini untuk mengaktifkan akun bisnis IG.

1. Membuat Akun Bisnis Baru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat akun bisnis baru di Instagram. Jika Anda sudah memiliki akun pribadi, Anda masih dapat mengonversinya menjadi akun bisnis. Namun, disarankan untuk membuat akun bisnis baru agar Anda dapat memisahkan bisnis Anda dari akun pribadi Anda.

Untuk membuat akun bisnis baru, unduh aplikasi Instagram dari App Store atau Play Store jika Anda belum menginstalnya. Setelah itu, buka aplikasi dan klik “Daftar” untuk membuat akun baru. Isi semua informasi yang diperlukan, seperti alamat email atau nomor telepon, nama pengguna, dan kata sandi. Setelah itu, pilih “Buat Akun Bisnis” dan ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan proses pembuatan akun bisnis Anda.

Setelah Anda selesai membuat akun bisnis baru, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya untuk mengaktifkan akun bisnis IG.

2. Mengaktifkan Fitur Bisnis

Setelah Anda memiliki akun bisnis IG, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan fitur bisnis di akun Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun bisnis Anda. Setelah masuk, buka pengaturan akun dengan mengklik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”.

Di halaman Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Akun”. Ketuk “Akun” dan pilih “Bisnis” dalam daftar opsi. Setelah itu, Anda akan diminta untuk menghubungkan akun bisnis Anda dengan halaman Facebook terkait. Jika Anda belum memiliki halaman Facebook untuk bisnis Anda, buatlah terlebih dahulu sebelum melanjutkan. Setelah menghubungkan akun Anda dengan halaman Facebook, Anda akan melihat semua fitur bisnis yang tersedia di Instagram.

Sekarang, Anda telah mengaktifkan fitur bisnis di akun IG Anda, dan Anda siap untuk memanfaatkan semua fitur dan alat pemasaran yang ditawarkan oleh akun bisnis IG.

3. Menganalisis Kinerja Postingan

Salah satu keuntungan besar memiliki akun bisnis IG adalah kemampuan untuk menganalisis kinerja postingan Anda. Dengan fitur analisis Instagram, Anda dapat melihat berapa banyak orang yang melihat postingan Anda, berapa banyak orang yang menyukai dan mengomentari postingan Anda, dan berapa banyak orang yang menyimpan postingan Anda.

Untuk mengakses analisis kinerja postingan, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun bisnis Anda. Setelah masuk, buka postingan yang ingin Anda analisis. Di bagian bawah postingan, Anda akan melihat ikon grafik batang. Ketuk ikon ini untuk melihat statistik lengkap tentang postingan Anda, termasuk jangkauan, impresi, dan interaksi.

Dengan memahami kinerja postingan Anda, Anda dapat mengevaluasi strategi pemasaran Anda dan membuat perubahan yang diperlukan untuk meningkatkan keterlibatan pengguna dan mencapai tujuan bisnis Anda.

4. Menjalankan Iklan

Salah satu fitur yang sangat berguna dari akun bisnis IG adalah kemampuan untuk menjalankan iklan. Dengan menjalankan iklan di Instagram, Anda dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan visibilitas bisnis Anda. Anda dapat membuat iklan dari postingan yang sudah ada atau membuat iklan baru khusus untuk iklan.

Untuk menjalankan iklan di Instagram, buka aplikasi dan masuk ke akun bisnis Anda. Setelah masuk, buka postingan yang ingin Anda promosikan. Di bagian bawah postingan, Anda akan melihat ikon promosi (tanda panah yang mengarah ke atas). Ketuk ikon ini untuk memulai proses pembuatan iklan.

Setelah Anda memilih untuk menjalankan iklan, Anda akan diminta untuk mengatur tujuan iklan Anda, audiens target, anggaran iklan, dan durasi kampanye. Ikuti langkah-langkah yang diberikan untuk menyelesaikan proses pembuatan iklan. Setelah iklan Anda selesai, Instagram akan meninjau iklan Anda sebelum mempublikasikannya.

5. Menambahkan Tombol Kontak

Salah satu fitur yang paling berguna dari akun bisnis IG adalah kemampuan untuk menambahkan tombol kontak. Dengan menambahkan tombol kontak di profil bisnis Anda, pengguna dapat dengan mudah menghubungi Anda atau mengarahkan mereka ke situs web atau aplikasi Anda.

Untuk menambahkan tombol kontak, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun bisnis Anda. Setelah masuk, buka pengaturan akun dengan mengklik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”. Di halaman Pengaturan, gulir ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Akun”. Ketuk “Akun” dan pilih “Edit Profil”. Di bagian bawah halaman Edit Profil, Anda akan melihat opsi “Hubungi”. Ketuk opsi ini dan tambahkan informasi kontak Anda, seperti alamat email, nomor telepon, atau alamat situs web bisnis Anda.

Sekarang, tombol kontak Anda akan ditampilkan di profil bisnis Anda, dan pengguna dapat dengan mudah menghubungi Anda atau mengunjungi situs web bisnis Anda.

Kesimpulan

Mengaktifkan akun bisnis IG adalah langkah penting untuk memaksimalkan potensi bisnis Anda di Instagram. Dengan mengikuti panduan lengkap dan mudah ini, Anda dapat mengaktifkan fitur bisnis di akun IG Anda dan memanfaatkan semua alat pemasaran yang ditawarkan.

Dari menganalisis kinerja postingan hingga menjalankan iklan dan menambahkan tombol kontak, akun bisnis IG memberi Anda semua yang Anda butuhkan untuk membangun merek dan mendapatkan keuntungan dari Instagram. Jadi, jangan ragu untuk mengaktifkan akun bisnis IG Anda sekarang dan mulai mengoptimalkan potensi bisnis Anda di platform media sosial yang paling populer ini.