Cara Buat Akun Bisnis di IG: Panduan Lengkap dan Praktis

Instagram, atau yang lebih dikenal dengan IG, bukan hanya menjadi platform untuk berbagi momen-momen indah dalam kehidupan kita. Saat ini, Instagram juga telah menjadi salah satu platform pemasaran online yang paling populer di dunia. Dengan lebih dari 1 miliar pengguna aktif setiap bulannya, IG menawarkan potensi besar untuk mempromosikan bisnis Anda kepada audiens yang lebih luas.

Jika Anda memiliki bisnis dan ingin menggunakan Instagram sebagai salah satu alat pemasaran Anda, maka Anda perlu membuat akun bisnis di IG. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap dan praktis tentang cara membuat akun bisnis di IG agar Anda dapat memulai perjalanan pemasaran online Anda dengan sukses. Simak terus artikel ini untuk mengetahui langkah-langkahnya!

1. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Instagram

Langkah pertama untuk membuat akun bisnis di IG adalah dengan mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram di perangkat Anda. Aplikasi ini tersedia secara gratis di Play Store (untuk pengguna Android) atau App Store (untuk pengguna iOS). Setelah mengunduh aplikasi, ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat akun.

Setelah mengunduh dan menginstal aplikasi Instagram, buka aplikasi tersebut dan klik “Daftar”. Anda akan diminta untuk memasukkan alamat email atau nomor ponsel Anda. Pilih salah satu opsi yang Anda inginkan dan ikuti instruksi selanjutnya. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat nama pengguna dan kata sandi untuk akun IG Anda.

2. Mengonfigurasi Profil Bisnis

Setelah berhasil membuat akun di Instagram, langkah berikutnya adalah mengonfigurasi profil bisnis Anda. Untuk melakukannya, buka aplikasi Instagram dan masuk ke akun Anda. Klik ikon menu di sudut kanan atas layar dan pilih “Pengaturan”. Selanjutnya, gulir ke bawah dan pilih “Akun Bisnis”.

Di halaman Akun Bisnis, Anda akan melihat opsi “Beralih ke Akun Bisnis”. Klik opsi ini dan Anda akan diminta untuk menghubungkan akun Instagram Anda dengan halaman Facebook bisnis Anda. Pastikan Anda memiliki halaman Facebook bisnis yang sudah ada sebelumnya. Setelah menghubungkan akun Anda dengan halaman Facebook bisnis, Anda dapat mulai mengonfigurasi profil bisnis Anda dengan informasi seperti nama bisnis, alamat, nomor telepon, dan situs web.

3. Menyesuaikan Pengaturan Bisnis

Selanjutnya, Anda perlu menyesuaikan pengaturan bisnis di akun IG Anda. Kembali ke halaman Pengaturan dan pilih “Bisnis”. Di sini, Anda dapat mengatur berbagai opsi seperti jenis bisnis Anda, kategori bisnis, dan informasi kontak tambahan. Anda juga dapat mengaktifkan atau menonaktifkan opsi seperti “Riwayat Bisnis” dan “Pesan”. Pastikan Anda menyesuaikan pengaturan sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Selain itu, Anda juga dapat mengatur opsi “Promosi” di halaman Pengaturan. Opsi ini memungkinkan Anda untuk membuat dan mengelola iklan di Instagram. Jika Anda tertarik untuk memasang iklan di IG, pastikan Anda menyesuaikan pengaturan promosi sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pemasaran Anda.

4. Membuat Konten Menarik

Setelah mengonfigurasi profil bisnis Anda, saatnya untuk menciptakan konten menarik yang akan menarik perhatian audiens Anda. Instagram adalah platform visual, jadi pastikan konten yang Anda buat menarik, informatif, dan relevan dengan bisnis Anda. Gunakan foto yang berkualitas tinggi, buat cerita menarik dengan fitur Instagram Stories, dan gunakan fitur-fitur kreatif lainnya yang ditawarkan oleh Instagram untuk menciptakan konten yang menarik dan unik.

Selain itu, pastikan Anda juga menggunakan caption yang menarik dan relevan dengan konten yang Anda bagikan. Gunakan hashtag yang relevan untuk meningkatkan visibilitas konten Anda dan jangkauan audiens Anda. Jangan lupa untuk berinteraksi dengan pengikut Anda dengan membalas komentar dan pesan, serta mengikuti akun-akun yang relevan dengan bisnis Anda.

5. Mengukur dan Menganalisis Kinerja

Terakhir, untuk memastikan kesuksesan pemasaran bisnis Anda di Instagram, Anda perlu mengukur dan menganalisis kinerja akun bisnis Anda secara teratur. Instagram menyediakan berbagai alat analisis yang dapat Anda gunakan untuk melihat metrik dan statistik yang relevan dengan bisnis Anda, seperti jumlah pengikut, tingkat keterlibatan, dan hasil dari kampanye pemasaran yang Anda jalankan.

Dengan memahami metrik dan statistik ini, Anda dapat mengevaluasi kinerja pemasaran Anda di Instagram dan membuat perubahan atau penyesuaian yang diperlukan untuk meningkatkan hasilnya. Selalu perbarui strategi pemasaran Anda berdasarkan data dan insight yang Anda dapatkan dari analisis kinerja, dan terus eksperimen dengan konten dan strategi pemasaran baru untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar di Instagram.

Dengan mengikuti panduan lengkap dan praktis di atas, Anda sekarang siap untuk membuat akun bisnis di IG dan memulai perjalanan pemasaran online Anda dengan sukses. Ingatlah untuk selalu menghadirkan konten yang menarik, berinteraksi dengan pengikut Anda, dan terus memantau dan menganalisis kinerja Anda. Selamat mencoba!