Cara Buat Password Folder Windows 7

Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang masih banyak digunakan oleh pengguna komputer hingga saat ini. Dalam kehidupan sehari-hari kita, seringkali kita harus menyimpan file atau folder yang bersifat pribadi dan ingin kita jaga kerahasiaannya. Salah satu cara untuk melindungi file atau folder tersebut adalah dengan memberikan password pada folder tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat password folder Windows 7.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk diketahui bahwa Windows 7 tidak memiliki fitur bawaan untuk memberikan password pada folder. Namun, kita masih bisa menggunakan trik tertentu untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Folder Baru

Langkah pertama adalah dengan membuat folder baru di lokasi yang diinginkan. Caranya, klik kanan di area kosong di desktop atau di dalam folder, kemudian pilih “New” dan “Folder”. Beri nama folder sesuai keinginan anda.

Setelah folder dibuat, anda dapat memindahkan file-file atau folder yang ingin anda lindungi ke dalam folder tersebut.

2. Mengganti Nama Folder

Langkah kedua adalah dengan mengganti nama folder menjadi sebuah kode yang sulit ditebak oleh orang lain. Misalnya, anda dapat mengganti nama folder menjadi “12345” atau “qwerty”. Penting untuk diingat bahwa kode yang anda gunakan harus mudah diingat oleh anda sendiri.

Dengan mengganti nama folder menjadi kode yang sulit ditebak, orang lain tidak akan dengan mudah mengetahui isi folder tersebut, dan anda dapat melindunginya dengan lebih baik.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika anda ingin menggunakan cara yang lebih aman dan praktis, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan password pada folder. Ada banyak aplikasi seperti Folder Guard, Wise Folder Hider, atau My Lockbox yang dapat anda gunakan.

Setelah anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, anda dapat mengatur password pada folder dengan mudah. Beberapa aplikasi bahkan menyediakan fitur tambahan seperti enkripsi file dan folder, sehingga keamanannya semakin terjamin.

4. Menyembunyikan Folder

Langkah lain yang dapat anda lakukan untuk melindungi folder adalah dengan menyembunyikannya. Caranya, klik kanan pada folder yang ingin anda sembunyikan, pilih “Properties”, kemudian centang kotak “Hidden”. Setelah itu, klik “Apply” dan “OK”.

Dengan menyembunyikan folder, orang lain tidak akan dengan mudah menemukannya, dan keamanan file-file atau folder dalam folder tersebut tetap terjaga.

5. Memanfaatkan Fitur BitLocker

Apabila anda menggunakan Windows 7 Ultimate atau Enterprise, anda dapat memanfaatkan fitur BitLocker untuk melindungi file atau folder dengan password. Fitur BitLocker ini memungkinkan anda untuk mengenkripsi seluruh drive atau partisi, termasuk folder yang ingin anda lindungi.

Untuk menggunakan fitur BitLocker, buka “Control Panel”, pilih “System and Security”, kemudian klik “BitLocker Drive Encryption”. Anda akan diminta untuk mengatur password dan menyimpan recovery key. Setelah itu, anda dapat memilih drive atau partisi yang ingin anda enkripsi.

Kesimpulan

Melindungi file atau folder yang bersifat pribadi dan ingin kita jaga kerahasiaannya adalah hal yang penting. Meskipun Windows 7 tidak memiliki fitur bawaan untuk memberikan password pada folder, kita masih bisa menggunakan trik-trik tertentu untuk melakukannya seperti yang telah kita bahas di artikel ini. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, anda dapat menjaga keamanan file atau folder anda dengan baik.

Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu anda dalam membuat password pada folder Windows 7.