Cara Lupakan WiFi di Windows 11

WiFi adalah salah satu teknologi yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan WiFi, kita dapat terhubung ke internet dengan cepat dan mudah tanpa menggunakan kabel. Namun, terkadang ada situasi di mana kita perlu melupakan atau menghapus jaringan WiFi yang telah kita sambungkan sebelumnya di Windows 11. Apakah Anda sedang mencari cara untuk melakukannya? Di artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara melupakan WiFi di Windows 11.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa melupakan WiFi berarti Anda harus memasukkan kembali kata sandi saat Anda ingin terhubung ke jaringan tersebut di masa mendatang. Jika Anda yakin ingin melupakan atau menghapus jaringan WiFi di Windows 11, ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka Pengaturan Windows 11

Langkah pertama dalam melupakan jaringan WiFi di Windows 11 adalah membuka pengaturan. Anda dapat melakukannya dengan mengklik ikon “Start” di pojok kiri bawah layar atau dengan menekan tombol “Windows” pada keyboard Anda. Setelah itu, cari dan klik ikon “Pengaturan” yang terlihat seperti roda gigi.

Setelah jendela Pengaturan terbuka, klik “Jaringan & Internet” untuk melanjutkan.

Di dalam menu “Jaringan & Internet”, pilih opsi “WiFi” di sebelah kiri jendela.

2. Pilih Jaringan WiFi yang Ingin Dihapus

Selanjutnya, Anda akan melihat daftar jaringan WiFi yang telah Anda sambungkan sebelumnya. Cari dan klik jaringan WiFi yang ingin Anda lupakan atau hapus dari daftar tersebut. Setelah Anda mengklik jaringan WiFi, opsi “Lupakan” akan muncul di bawah nama jaringan tersebut.

Klik opsi “Lupakan” untuk menghapus jaringan WiFi dari daftar.

Windows 11 akan meminta konfirmasi untuk melupakan jaringan WiFi tersebut. Klik “Ya” untuk mengonfirmasi penghapusan.

3. Mengonfigurasi Pengaturan Jaringan WiFi

Setelah Anda melupakan jaringan WiFi, Anda juga dapat mengonfigurasi pengaturan jaringan WiFi lainnya. Klik “Tambahkan jaringan” untuk menambahkan atau menghubungkan ke jaringan WiFi baru. Anda perlu memasukkan nama jaringan WiFi dan kata sandi untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Anda juga dapat mengatur pengaturan jaringan WiFi yang sudah ada dengan mengklik jaringan WiFi dari daftar dan menggunakan opsi yang tersedia seperti “Hubungkan secara otomatis” atau “Atur prioritas”.

Pastikan Anda telah menyimpan perubahan yang dilakukan dengan mengklik “Simpan”.

4. Menambahkan Jaringan WiFi yang Tidak Terdeteksi

Jika Anda ingin terhubung ke jaringan WiFi yang tidak terdeteksi di daftar, Anda dapat melakukannya dengan mengklik opsi “Tambahkan jaringan” di menu WiFi. Setelah itu, masukkan nama jaringan WiFi dan jenis keamanan yang digunakan. Jika jaringan WiFi yang ingin Anda tambahkan menggunakan kata sandi, Anda juga perlu memasukkan kata sandi untuk terhubung ke jaringan tersebut.

Klik “Simpan” setelah Anda selesai mengkonfigurasi pengaturan jaringan WiFi.

5. Menghubungkan ke Jaringan WiFi

Setelah Anda melupakan jaringan WiFi yang tidak ingin terhubung, Anda masih dapat menghubungkan kembali ke jaringan tersebut di masa mendatang. Untuk melakukannya, klik ikon WiFi di bilah tugas di bagian kanan bawah layar. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda sambungkan dan masukkan kata sandi jika diperlukan. Setelah itu, klik “Sambungkan” untuk terhubung ke jaringan WiFi yang dipilih.

Anda sekarang telah belajar cara melupakan jaringan WiFi di Windows 11. Ingatlah bahwa melupakan jaringan WiFi berarti Anda harus memasukkan kembali kata sandi saat ingin terhubung ke jaringan tersebut di masa mendatang. Pastikan Anda hanya melupakan jaringan WiFi yang tidak ingin Anda gunakan lagi atau yang tidak aman.

Meta description: Ingin melupakan jaringan WiFi di Windows 11? Dapatkan panduan langkah demi langkah tentang cara melupakan jaringan WiFi di Windows 11 dalam artikel ini. Baca sekarang!