Cara Hapus Password File Excel

Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda lupa password untuk file Excel yang penting. Hal ini dapat sangat mengganggu, terutama jika file tersebut berisi data yang tidak dapat Anda akses. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas cara hapus password file Excel dengan mudah dan efektif.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa menghapus password file Excel bukanlah tindakan ilegal, asalkan Anda memiliki hak akses ke file tersebut. Namun, kami menyarankan Anda untuk hanya menggunakan metode ini pada file yang sah dan tidak melanggar privasi orang lain.

1. Menggunakan Fitur Unprotect Sheet

Jika Anda hanya ingin menghapus password untuk melindungi worksheet di dalam file Excel, Anda dapat menggunakan fitur “Unprotect Sheet” yang disediakan oleh program. Caranya sangat mudah: cukup ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan pilih tab “Review” di bagian atas layar. Kemudian, klik pada opsi “Unprotect Sheet” yang muncul di sebelah kiri ribbon. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang digunakan untuk melindungi sheet tersebut. Jika Anda tidak tahu passwordnya, Anda dapat mencoba kata-kata umum seperti “password” atau “123456”. Jika berhasil, Anda akan dapat mengakses dan mengedit sheet tersebut tanpa batasan.

2. Menggunakan VBA (Visual Basic for Applications)

Jika file Excel yang terkunci juga dilindungi oleh password VBA (Visual Basic for Applications), Anda perlu mengikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus password tersebut:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan tekan tombol “Alt + F11” pada keyboard untuk membuka editor VBA. Setelah itu, pilih “Project Explorer” di jendela sebelah kiri dan cari file yang terkunci di bawah “VBAProject” atau “Microsoft Excel Objects”. Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Properties”. Di jendela yang muncul, hapus password yang ada di bagian “Password” atau “Password to open” dan klik “OK”. Selanjutnya, tutup editor VBA dan simpan file Excel. Sekarang, Anda dapat membuka file tersebut tanpa perlu memasukkan password VBA.

3. Menggunakan Perangkat Lunak Pihak Ketiga

Jika kedua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak ingin mengedit file Excel secara manual, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pihak ketiga yang dirancang khusus untuk menghapus password file Excel. Beberapa perangkat lunak ini mencakup “Passper for Excel”, “Excel Password Recovery”, dan “iSunshare Excel Password Remover”. Anda dapat mencari dan mengunduh perangkat lunak tersebut dari internet, dan kemudian mengikuti instruksi yang diberikan untuk menghapus password file Excel dengan cepat dan mudah.

4. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika Anda tidak dapat menghapus password file Excel menggunakan metode di atas, Anda mungkin perlu menghubungi pembuat file Excel tersebut. Jika file tersebut berasal dari rekan kerja, Anda dapat meminta mereka untuk memberikan password atau membuka file tersebut untuk Anda. Jika file tersebut berasal dari sumber lain, seperti vendor atau penyedia layanan, Anda dapat menghubungi mereka dan meminta bantuan dalam menghapus password file Excel.

5. Menggunakan Konverter Online

Jika Anda tidak ingin menginstal perangkat lunak tambahan di komputer Anda, Anda dapat menggunakan konverter online untuk menghapus password file Excel. Beberapa situs web, seperti “Online Convert” dan “Smallpdf”, menyediakan layanan konversi yang dapat menghapus password file Excel secara otomatis. Cukup unggah file Excel yang terkunci ke situs web tersebut, ikuti instruksi yang diberikan, dan Anda akan menerima file Excel yang tidak terkunci dalam waktu singkat.

Secara keseluruhan, ada beberapa cara yang dapat Anda gunakan untuk menghapus password file Excel. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati. Dengan sedikit usaha, Anda akan dapat mengakses kembali file Excel yang terkunci dan menggunakan data yang ada di dalamnya.