Cara Hotspot WiFi Lewat Bluetooth: Panduan Lengkap

Apakah Anda pernah berada di situasi di mana Anda membutuhkan koneksi internet tetapi tidak ada WiFi yang tersedia? Jangan khawatir! Ada cara alternatif yang bisa Anda gunakan yaitu dengan menjadikan smartphone Anda sebagai hotspot WiFi menggunakan koneksi Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara hotspot WiFi lewat Bluetooth.

Sebelum kita mulai, mari kita bahas sedikit tentang apa itu hotspot WiFi dan Bluetooth. Hotspot WiFi adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk berbagi koneksi internet dari perangkat Anda dengan perangkat lain melalui jaringan WiFi. Sedangkan Bluetooth adalah teknologi nirkabel yang memungkinkan perangkat Anda terhubung dengan perangkat lain dalam jarak pendek, biasanya kurang dari 10 meter.

1. Memeriksa Kompatibilitas dan Mengaktifkan Bluetooth

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa apakah perangkat Anda mendukung fitur hotspot WiFi lewat Bluetooth. Buka pengaturan Bluetooth di perangkat Anda dan pastikan bahwa Bluetooth sudah diaktifkan. Jika belum, aktifkan Bluetooth terlebih dahulu.

Setelah itu, pastikan perangkat yang akan terhubung dengan hotspot WiFi juga mendukung koneksi Bluetooth. Jika perangkat Anda tidak mendukung Bluetooth, Anda tidak akan dapat menggunakan cara ini.

Setelah memeriksa kompatibilitas dan mengaktifkan Bluetooth, Anda siap melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Menghubungkan Perangkat dengan Bluetooth

Langkah selanjutnya adalah menghubungkan perangkat yang akan terhubung dengan hotspot WiFi dengan perangkat Anda melalui koneksi Bluetooth. Buka pengaturan Bluetooth di perangkat yang akan terhubung, dan cari perangkat Anda dalam daftar perangkat yang tersedia.

Pilih perangkat Anda, lalu klik “Pair” atau “Hubungkan” untuk menghubungkan keduanya. Setelah terhubung, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

Pastikan bahwa perangkat yang akan terhubung tersebut sudah berada dalam jarak pendek dengan perangkat Anda agar koneksi Bluetooth bisa terjalin dengan baik.

3. Mengaktifkan Hotspot WiFi

Setelah perangkat terhubung melalui Bluetooth, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan hotspot WiFi di perangkat Anda. Buka pengaturan hotspot WiFi di perangkat Anda dan atur nama jaringan WiFi serta kata sandi sesuai keinginan Anda.

Jika Anda tidak ingin menggunakan kata sandi, Anda dapat mengatur jaringan WiFi sebagai “terbuka”. Namun, ini akan membuat jaringan WiFi Anda menjadi rentan terhadap penggunaan yang tidak sah.

Setelah pengaturan jaringan WiFi selesai, aktifkan hotspot WiFi dengan menggeser tombol atau mengklik opsi “Aktifkan”. Perangkat yang terhubung melalui Bluetooth sekarang akan dapat menemukan jaringan WiFi Anda.

4. Menghubungkan Perangkat dengan Hotspot WiFi

Setelah hotspot WiFi diaktifkan, perangkat yang terhubung melalui Bluetooth dapat mencari dan terhubung dengan jaringan WiFi Anda. Buka pengaturan WiFi di perangkat tersebut dan cari nama jaringan WiFi yang telah Anda buat sebelumnya.

Pilih jaringan WiFi tersebut, lalu masukkan kata sandi (jika ada) untuk terhubung. Setelah terhubung, perangkat akan dapat menggunakan koneksi internet dari hotspot WiFi Anda.

Pastikan bahwa Bluetooth tetap terhubung selama perangkat terhubung dengan hotspot WiFi. Jika koneksi Bluetooth terputus, perangkat yang terhubung akan kehilangan akses ke internet.

5. Mengakhiri Hotspot WiFi

Setelah selesai menggunakan hotspot WiFi lewat Bluetooth, jangan lupa untuk mengakhiri koneksi hotspot WiFi dan mematikan Bluetooth agar tidak menggunakan daya baterai yang berlebihan.

Buka pengaturan hotspot WiFi di perangkat Anda dan matikan hotspot WiFi dengan menggeser tombol atau mengklik opsi “Matikan”. Selanjutnya, buka pengaturan Bluetooth dan matikan Bluetooth dengan menggeser tombol atau mengklik opsi “Matikan”.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat dengan mudah menggunakan cara hotspot WiFi lewat Bluetooth. Namun, perlu diingat bahwa hotspot WiFi lewat Bluetooth mungkin memiliki kecepatan internet yang lebih lambat dibandingkan dengan hotspot WiFi langsung atau koneksi data seluler.