Cara Kasih Password Folder di Windows 10

Windows 10 merupakan salah satu sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini. Dengan berbagai fitur dan kemudahan yang ditawarkan, pengguna Windows 10 dapat dengan mudah mengatur dan melindungi data pribadi mereka. Salah satu cara untuk melindungi data pribadi adalah dengan memberikan password pada folder yang berisi informasi sensitif. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan cara memberikan password pada folder di Windows 10.

Memberikan password pada folder di Windows 10 dapat memberikan tingkat keamanan tambahan bagi pengguna. Dengan memberikan password, hanya pengguna yang mengetahui password tersebut yang dapat mengakses isi folder tersebut. Hal ini sangat penting untuk melindungi data pribadi yang mungkin tidak ingin diakses oleh orang lain. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk memberikan password pada folder di Windows 10.

1. Membuat Folder Baru

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat folder baru di lokasi yang Anda inginkan. Anda dapat membuat folder baru di desktop atau di dalam folder lainnya. Setelah folder baru dibuat, beri nama sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah folder baru dibuat, klik kanan pada folder tersebut dan pilih opsi “Properties” dari menu yang muncul. Pada jendela Properties, pilih tab “General” dan centang kotak “Hidden” untuk menyembunyikan folder dari tampilan biasa. Klik “Apply” dan “OK” untuk menyimpan pengaturan.

Summary: Langkah pertama adalah membuat folder baru di lokasi yang diinginkan. Setelah itu, beri nama pada folder dan atur propertinya dengan mengklik kanan pada folder dan memilih opsi “Properties”. Pada jendela Properties, pilih tab “General” dan centang kotak “Hidden”.

2. Mengatur Password

Setelah folder tersembunyi, langkah selanjutnya adalah mengatur password untuk folder tersebut. Klik kanan pada folder yang telah dibuat dan pilih “Add to archive” dari menu yang muncul. Pada jendela yang muncul, klik tab “Advanced” dan pilih opsi “Set password”. Ketikkan password yang ingin Anda gunakan untuk folder tersebut dan klik “OK”.

Setelah password ditetapkan, klik “OK” pada jendela utama. Folder Anda sekarang telah dilindungi dengan password. Setiap kali Anda atau orang lain mencoba membuka folder tersebut, akan diminta password yang benar untuk mengakses isinya.

Summary: Setelah folder tersembunyi, klik kanan pada folder dan pilih “Add to archive”. Pada jendela yang muncul, klik tab “Advanced” dan pilih opsi “Set password”. Ketikkan password yang ingin Anda gunakan dan klik “OK” untuk melindungi folder dengan password.

3. Mengakses Folder yang Dilindungi

Untuk mengakses folder yang telah dilindungi dengan password, klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Extract here” atau “Extract to ” dari menu yang muncul. Akan muncul jendela yang meminta password yang benar. Ketikkan password yang telah Anda tetapkan sebelumnya dan klik “OK”. Setelah itu, folder akan diekstrak dan Anda dapat mengakses isinya.

Summary: Untuk mengakses folder yang dilindungi, klik kanan pada folder dan pilih “Extract here” atau “Extract to “. Ketikkan password yang benar pada jendela yang muncul dan klik “OK” untuk mengakses folder.

4. Mengubah atau Menghapus Password

Jika Anda ingin mengubah password pada folder yang telah dilindungi, klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Add to archive” dari menu yang muncul. Pada jendela yang muncul, klik tab “Advanced” dan pilih opsi “Set password”. Ketik password baru yang ingin Anda gunakan dan klik “OK”. Password folder Anda sekarang telah diubah.

Jika Anda ingin menghapus password pada folder yang telah dilindungi, klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Add to archive” dari menu yang muncul. Pada jendela yang muncul, klik tab “Advanced” dan pilih opsi “Set password”. Hapus semua karakter yang ada dalam kotak password dan klik “OK”. Password folder Anda sekarang telah dihapus.

Summary: Untuk mengubah password, klik kanan pada folder dan pilih “Add to archive”. Pada jendela yang muncul, klik tab “Advanced” dan pilih opsi “Set password”. Ketik password baru dan klik “OK” untuk mengubah password. Untuk menghapus password, hapus karakter password yang ada dalam kotak dan klik “OK”.

5. Menjaga Keamanan Password

Penting untuk menjaga keamanan password Anda agar tidak jatuh ke tangan yang salah. Pastikan untuk menggunakan password yang kuat dan unik, dan jangan pernah membagikan password dengan orang lain. Selain itu, disarankan untuk mengubah password secara berkala.

Summary: Untuk menjaga keamanan folder, pastikan untuk menggunakan password yang kuat dan unik. Jangan pernah membagikan password dengan orang lain dan ubah password secara berkala.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat dengan mudah memberikan password pada folder di Windows 10. Melindungi data pribadi Anda adalah hal yang sangat penting, dan memberikan password pada folder adalah salah satu cara yang efektif untuk melakukannya.