Cara Kembali dari Safe Mode

Saat menggunakan komputer atau laptop, mungkin Anda pernah mengalami masalah yang menyebabkan perangkat Anda masuk ke dalam mode aman atau safe mode. Mode ini biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada sistem operasi atau menghapus program yang menyebabkan masalah. Namun, ketika Anda ingin keluar dari safe mode, mungkin Anda bingung dengan langkah-langkah yang harus dilakukan. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara kembali dari safe mode.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa setiap sistem operasi memiliki cara yang sedikit berbeda untuk keluar dari safe mode. Oleh karena itu, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Berikut adalah panduan lengkapnya:

Cara Kembali dari Safe Mode di Windows

Jika Anda menggunakan Windows sebagai sistem operasi pada komputer atau laptop Anda, berikut adalah langkah-langkah untuk keluar dari safe mode:

1. Restart komputer Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih “Restart”. Jika komputer Anda mengalami masalah yang menyebabkan Anda masuk ke dalam safe mode, kemungkinan besar Anda tidak dapat menggunakan mouse. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan tombol kombinasi “Ctrl + Alt + Delete” untuk membuka menu pengaturan.

2. Setelah komputer Anda restart, tunggu hingga proses booting selesai. Biasanya, Anda akan melihat logo Windows atau tampilan layar hitam dengan tulisan “Starting Windows”. Setelah proses booting selesai, Anda akan masuk ke dalam mode normal. Jika Anda masih berada dalam safe mode, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Tekan tombol “Start” di pojok kiri bawah layar Anda, kemudian pilih “Settings”. Pada jendela pengaturan, pilih “Update & Security”. Di menu samping kiri, pilih “Recovery”. Di bagian “Advanced startup”, klik tombol “Restart now”.

Cara Kembali dari Safe Mode di macOS

Bagi Anda yang menggunakan MacBook atau iMac, berikut adalah langkah-langkah untuk keluar dari safe mode di macOS:

1. Restart komputer Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Apple” di pojok kiri atas layar Anda, kemudian pilih “Restart”.

2. Setelah komputer Anda restart, tekan dan tahan tombol “Shift” segera setelah Anda melihat logo Apple. Tahan tombol ini hingga Anda melihat tampilan masuk ke dalam mode normal. Jika Anda masih berada dalam safe mode, lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Buka “System Preferences” dengan mengklik logo Apple di pojok kiri atas layar Anda, kemudian pilih “System Preferences”. Di jendela System Preferences, pilih “Startup Disk”. Pada tab “Startup Disk”, pilih disk tempat sistem operasi Anda terletak. Setelah memilih disk tersebut, klik tombol “Restart” di pojok kanan bawah jendela.

Cara Kembali dari Safe Mode di Linux

Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux, berikut adalah langkah-langkah untuk keluar dari safe mode:

1. Restart komputer Anda. Anda dapat melakukannya dengan mengetikkan perintah “reboot” di terminal atau menggunakan tombol kombinasi “Ctrl + Alt + Delete”.

2. Selama proses booting, tekan dan tahan tombol “Shift” atau “Esc” (tergantung dari distribusi Linux yang Anda gunakan) untuk masuk ke dalam menu GRUB. Di menu GRUB, pilih opsi “Normal Boot” atau “Resume Boot”.

3. Komputer Anda akan boot ke dalam mode normal setelah Anda memilih opsi tersebut. Jika Anda masih berada dalam safe mode, coba langkah-langkah di atas lagi atau cari panduan khusus untuk distribusi Linux yang Anda gunakan.

Cara Kembali dari Safe Mode di Chrome OS

Jika Anda menggunakan Chromebook, berikut adalah langkah-langkah untuk keluar dari safe mode di Chrome OS:

1. Restart Chromebook Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol “Power” di bagian atas keyboard, kemudian pilih “Restart”.

2. Selama proses booting, tahan tombol “Esc” + “Refresh” (ikon segar) di keyboard Anda. Tahan tombol ini hingga Anda melihat tampilan masuk ke dalam mode normal.

3. Jika Anda masih berada dalam safe mode setelah melalui langkah di atas, coba restart Chromebook Anda lagi dan pastikan Anda tidak menekan tombol “Esc” + “Refresh” kali ini.

Kesimpulan

Masuk ke dalam safe mode adalah langkah yang berguna ketika Anda menghadapi masalah dengan sistem operasi Anda. Namun, keluar dari safe mode juga penting agar Anda dapat menggunakan perangkat Anda seperti biasa. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara kembali dari safe mode di Windows, macOS, Linux, dan Chrome OS. Selalu ingat untuk mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan. Jika Anda masih mengalami masalah setelah mengikuti panduan ini, disarankan untuk menghubungi dukungan teknis atau forum komunitas untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.