Cara Kembali di iPhone 13

Saat ini, iPhone 13 menjadi salah satu perangkat ponsel yang sangat diminati oleh banyak pengguna di seluruh dunia. Dengan fitur-fitur yang canggih dan desain yang elegan, iPhone 13 menjadi pilihan yang sempurna bagi mereka yang menginginkan pengalaman penggunaan yang maksimal. Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, pengguna iPhone 13 juga mungkin mengalami masalah teknis atau kesalahan pengaturan yang dapat menyebabkan perangkat tidak berfungsi dengan baik. Salah satu masalah yang sering terjadi adalah ketika pengguna kesulitan untuk kembali ke menu utama atau layar beranda mereka setelah menggunakan aplikasi tertentu.

Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberi tahu Anda beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali ke menu utama atau layar beranda iPhone 13 Anda dengan mudah. Tetapi sebelum kita mulai, pastikan Anda mengikuti langkah-langkah dengan hati-hati dan memahami risiko yang terkait dengan setiap metode yang dijelaskan di sini. Jika Anda tidak yakin atau merasa tidak nyaman melakukan langkah-langkah ini sendiri, sebaiknya Anda meminta bantuan dari teknisi atau ahli iPhone yang berpengalaman.

Cara Menggunakan Tombol Home

Jika Anda ingin kembali ke menu utama atau layar beranda iPhone 13 Anda, Anda dapat menggunakan tombol Home yang terletak di bagian bawah perangkat. Caranya sangat sederhana, cukup tekan tombol Home sekali dan Anda akan langsung kembali ke menu utama. Tombol Home juga dapat digunakan untuk membuka Siri, mengakses Control Center, dan melakukan banyak fungsi lainnya.

Jadi, jika Anda merasa terjebak di aplikasi tertentu atau tidak dapat kembali ke menu utama, cobalah tekan tombol Home sekali untuk melihat apakah itu memecahkan masalah Anda. Namun, jika tombol Home tidak berfungsi atau tidak ada di iPhone 13 Anda, jangan khawatir, ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

Cara Menggunakan Gestur Swipe

Jika iPhone 13 Anda tidak dilengkapi dengan tombol Home atau jika tombol Home saat ini tidak berfungsi, Anda masih dapat kembali ke menu utama atau layar beranda menggunakan gestur swipe. Caranya sangat mudah, cukup geser ke atas dari bagian bawah layar perangkat Anda dengan satu jari. Ini akan membuka App Switcher yang menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan. Selanjutnya, geser ke kiri atau kanan untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda tutup atau keluar. Akhirnya, geser ke atas pada aplikasi yang ingin Anda kembali ke menu utama atau layar beranda.

Metode ini sangat berguna jika Anda sedang menggunakan beberapa aplikasi sekaligus dan ingin dengan cepat beralih ke aplikasi lain atau kembali ke menu utama. Namun, ingatlah bahwa beberapa aplikasi mungkin tidak mendukung gestur ini secara penuh, jadi pastikan untuk mencoba metode lain jika ini tidak berhasil.

Cara Menggunakan Tombol Side

Jika Anda menggunakan iPhone 13 dengan desain tanpa tombol Home, Anda dapat menggunakan tombol Side untuk kembali ke menu utama atau layar beranda. Caranya cukup mudah, cukup tekan tombol Side yang terletak di sisi perangkat Anda dua kali secara cepat. Ini akan membuka App Switcher yang menampilkan semua aplikasi yang sedang berjalan. Selanjutnya, geser ke kiri atau kanan untuk menemukan aplikasi yang ingin Anda tutup atau keluar. Akhirnya, ketuk aplikasi yang ingin Anda kembali ke menu utama atau layar beranda.

Meskipun tombol Side digunakan untuk berbagai fungsi lainnya, seperti mengunci perangkat atau mengakses Siri, itu juga dapat digunakan untuk kembali ke menu utama atau layar beranda dengan cepat dan mudah. Jadi, jika Anda memiliki iPhone 13 dengan desain tanpa tombol Home, jangan khawatir, Anda masih dapat dengan mudah kembali ke menu utama menggunakan tombol Side ini.

Cara Menggunakan AssistiveTouch

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau tidak tersedia di iPhone 13 Anda, Anda masih dapat menggunakan AssistiveTouch untuk kembali ke menu utama atau layar beranda. AssistiveTouch adalah fitur aksesibilitas yang memungkinkan pengguna untuk mengakses fungsi-fungsi dasar iPhone dengan mudah melalui tombol virtual yang ditampilkan di layar. Untuk mengaktifkan AssistiveTouch, buka Pengaturan, pilih Aksesibilitas, lalu pilih AssistiveTouch. Aktifkan tombol AssistiveTouch dengan menggeser slider ke kanan.

Setelah AssistiveTouch diaktifkan, Anda akan melihat tombol virtual yang muncul di layar perangkat Anda. Untuk kembali ke menu utama atau layar beranda, cukup ketuk tombol AssistiveTouch, lalu ketuk opsi Beranda. Anda juga dapat menyesuaikan fungsi tombol AssistiveTouch dan menambahkan pintasan kustom sesuai kebutuhan Anda.

Cara Menggunakan Restart atau Force Restart

Jika semua cara di atas tidak berhasil dan Anda masih tidak dapat kembali ke menu utama atau layar beranda iPhone 13 Anda, Anda dapat mencoba menghidupkan ulang perangkat atau melakukan restart paksa. Caranya cukup mudah, tekan dan tahan tombol Side bersamaan dengan tombol Volume Naik atau Volume Turun sampai muncul slider daya. Geser slider daya ke kanan untuk mematikan perangkat. Setelah perangkat mati, tekan dan tahan tombol Side lagi sampai logo Apple muncul di layar. Ini menunjukkan bahwa perangkat telah berhasil melakukan restart.

Restart atau force restart dapat membantu memperbaiki masalah perangkat lunak yang mungkin menyebabkan Anda tidak dapat kembali ke menu utama atau layar beranda. Namun, perlu diingat bahwa melakukan restart atau force restart dapat menghapus data yang belum disimpan, jadi pastikan untuk menyimpan atau mencadangkan data penting Anda sebelum melakukan langkah ini.

Pada akhirnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali ke menu utama atau layar beranda iPhone 13 Anda. Dari menggunakan tombol Home atau gestur swipe hingga tombol Side, AssistiveTouch, atau restart paksa, Anda dapat memilih metode yang paling sesuai dengan preferensi dan kebutuhan Anda. Jika Anda masih mengalami masalah atau kesulitan setelah mencoba semua metode ini, disarankan untuk menghubungi layanan pelanggan Apple atau mengunjungi pusat layanan resmi Apple untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.