Cara Kembalikan Deria Rasa Akibat Selsema

Hidung tersumbat, batuk, dan pilek adalah beberapa gejala yang seringkali menyertai seseorang saat mengalami selsema. Namun, ada satu gejala yang seringkali diabaikan, yaitu hilangnya deria rasa atau anosmia. Mungkin kita tidak terlalu menyadari betapa pentingnya deria rasa ini sampai kita kehilangannya. Deria rasa merupakan salah satu indra yang memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan deria rasa yang baik, kita dapat menikmati makanan dan minuman dengan lebih maksimal.

Saat mengalami selsema, hidung tersumbat dan peradangan pada saluran hidung dapat menyebabkan hilangnya deria rasa. Bagi sebagian orang, hal ini mungkin berlangsung hanya beberapa hari atau minggu, namun ada juga yang mengalaminya dalam jangka waktu yang lebih lama. Jika Anda sedang mengalami hilangnya deria rasa akibat selsema, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membantu mengembalikannya.

1. Meningkatkan Kelembapan Udara

Salah satu cara yang dapat membantu mengembalikan deria rasa adalah dengan meningkatkan kelembapan udara di sekitar Anda. Udara kering dapat memperparah gejala selsema dan menyebabkan hidung semakin tersumbat. Anda dapat menggunakan humidifier atau menyiramkan air di udara untuk meningkatkan kelembapan. Selain itu, mandi dengan air hangat juga dapat membantu melembapkan hidung dan saluran pernapasan Anda.

Anda juga dapat mencoba menghirup uap air panas dengan menutupi kepala Anda dengan handuk dan mengepulkan uap air yang keluar dari air panas. Uap air tersebut akan membantu melembapkan saluran hidung dan membantu mengurangi hidung tersumbat.

2. Konsumsi Makanan Pedas

Makanan pedas, seperti cabai, bisa membantu membuka saluran hidung yang tersumbat akibat selsema. Rasa pedas yang dihasilkan dari makanan pedas dapat merangsang reseptor di hidung dan membantu membuka saluran hidung yang tersumbat. Selain itu, makanan pedas juga dapat meningkatkan sirkulasi darah di hidung dan membantu mengurangi peradangan yang menyebabkan hilangnya deria rasa.

Namun, hindari makanan pedas jika Anda memiliki masalah lambung atau gangguan pencernaan lainnya, karena dapat menyebabkan iritasi pada lambung.

3. Menggunakan Minyak Esensial

Minyak esensial, seperti minyak peppermint atau minyak eucalyptus, dapat membantu memperbaiki deria rasa yang hilang akibat selsema. Anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak esensial ke tisu atau kapas, lalu hirup aroma minyak esensial tersebut. Aroma minyak esensial ini dapat membantu membuka saluran hidung yang tersumbat dan merangsang reseptor di hidung, sehingga membantu mengembalikan deria rasa.

Pastikan Anda tidak mengoleskan minyak esensial langsung ke hidung atau kulit Anda, karena dapat menyebabkan iritasi. Selalu encerkan minyak esensial dengan minyak pembawa, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa, sebelum menggunakannya.

4. Melakukan Latihan Pernapasan

Latihan pernapasan juga dapat membantu mengembalikan deria rasa yang hilang akibat selsema. Latihan pernapasan yang baik dapat membantu membersihkan saluran hidung dan meningkatkan aliran udara ke hidung. Anda dapat mencoba teknik pernapasan seperti teknik pernapasan dalam atau teknik pernapasan alternatif untuk membantu membuka saluran hidung yang tersumbat.

Selain itu, latihan pernapasan juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur, yang juga penting untuk pemulihan selsema.

5. Konsultasikan dengan Dokter

Jika hilangnya deria rasa akibat selsema berlangsung dalam jangka waktu yang lama atau semakin memburuk, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebab hilangnya deria rasa dan memberikan penanganan yang tepat.

Jangan mengabaikan hilangnya deria rasa akibat selsema. Meskipun seringkali dianggap sebagai gejala ringan, hilangnya deria rasa dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Dengan mengikuti beberapa cara di atas, Anda dapat membantu mengembalikan deria rasa Anda dan mempercepat pemulihan selsema.