Cara Melihat Password File Excel

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan untuk membuka file Excel yang terkunci dengan password? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Excel yang mengalami hal yang sama. Namun, ada beberapa cara untuk melihat password file Excel dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mengatasi masalah ini.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode-metode yang akan dijelaskan di sini hanya berlaku untuk file Excel yang terkunci dengan password untuk proteksi lembar kerja atau file. Jika file Excel terkunci dengan password untuk membukanya secara keseluruhan, maka metode-metode ini tidak akan berlaku. Sekarang, mari kita lihat beberapa cara untuk melihat password file Excel.

1. Menggunakan Fitur “Lupa Password”

Jika Anda menggunakan versi Excel 2013 atau yang lebih baru, Anda dapat menggunakan fitur “Lupa Password” yang disediakan oleh Excel. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghapus atau mengubah password file Excel yang terkunci. Caranya adalah:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan masukkan password yang Anda ingat. Jika Anda salah memasukkan password, Excel akan memberikan pesan kesalahan. Di pesan kesalahan tersebut, klik tombol “Lupa Password”. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke halaman “Lupa Password” di situs web Microsoft. Di halaman ini, ikuti instruksi yang diberikan untuk menghapus atau mengubah password file Excel Anda.

Fitur “Lupa Password” ini sangat berguna jika Anda hanya ingin menghapus atau mengubah password file Excel yang terkunci. Namun, jika Anda ingin melihat password asli, Anda perlu menggunakan metode lain yang akan dijelaskan selanjutnya.

2. Menggunakan VBA Macro

VBA Macro adalah salah satu fitur yang kuat dalam Excel yang dapat digunakan untuk melihat password file Excel. Caranya adalah:

Pertama, buka file Excel yang terkunci dan tekan kombinasi tombol “Alt” + “F11” pada keyboard Anda. Ini akan membuka jendela “Editor Visual Basic for Applications”. Di jendela ini, klik dua kali pada modul yang bernama “ThisWorkbook”. Setelah itu, masukkan kode VBA berikut:

Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox “Password ditemukan: ” & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub

Setelah memasukkan kode VBA di atas, klik tombol “Run” atau tekan kombinasi tombol “F5” pada keyboard Anda. Ini akan menjalankan kode VBA dan mencoba semua kombinasi password untuk membuka file Excel yang terkunci. Jika password ditemukan, Excel akan menampilkan pesan dengan password yang ditemukan.

3. Menggunakan Software Pemulihan Password

Jika Anda tidak ingin repot-repot atau tidak memiliki pengetahuan tentang VBA Macro, Anda dapat menggunakan software pemulihan password Excel. Ada banyak software pemulihan password yang tersedia secara online yang dapat Anda gunakan. Caranya adalah:

Pertama, unduh dan instal software pemulihan password Excel yang Anda pilih. Setelah itu, buka software tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan password file Excel yang terkunci. Software ini akan menggunakan metode pemulihan password yang berbeda, seperti serangan kamus, serangan brute force, atau serangan kombinasi. Setelah proses pemulihan selesai, software akan menampilkan password yang berhasil dipulihkan.

Software pemulihan password Excel dapat sangat berguna jika Anda tidak memiliki waktu atau pengetahuan untuk menggunakan metode manual seperti VBA Macro. Namun, perlu diingat bahwa beberapa software pemulihan password mungkin berbayar, jadi pastikan untuk membaca dan memahami persyaratan dan ketentuan penggunaan sebelum menggunakannya.

4. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki satu opsi terakhir: menghubungi pembuat file Excel. Jika file Excel yang terkunci adalah hasil dari kerja sama dengan orang lain atau didapatkan dari sumber eksternal, Anda dapat mencoba menghubungi pembuatnya dan meminta passwordnya. Mereka mungkin memiliki password yang diperlukan untuk membuka file Excel tersebut.

Untuk menghubungi pembuat file Excel, cari informasi kontak mereka melalui email, telepon, atau platform lain yang relevan. Sampaikan dengan jelas dan sopan bahwa Anda membutuhkan password untuk membuka file Excel tersebut. Jika mereka bersedia membantu, mereka dapat memberikan password atau memberi petunjuk lebih lanjut tentang cara membuka file tersebut.

5. Menjaga Password dengan Aman

Seperti yang dikatakan sebelumnya, metode-metode di atas hanya berlaku untuk melihat password file Excel yang terkunci. Oleh karena itu, sangat penting untuk menjaga password dengan aman agar tidak mengalami kesulitan di masa depan. Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga password dengan aman:

– Gunakan password yang kuat dan unik untuk setiap file Excel Anda.- Jangan menggunakan password yang mudah ditebak atau terkait dengan informasi pribadi Anda.- Hindari menggunakan password yang terlalu pendek atau sederhana.- Gantilah password secara berkala untuk menghindari risiko keamanan yang lebih tinggi.- Simpan password Anda di tempat yang aman dan jangan membagikannya kepada orang lain.

Dengan menjaga password dengan aman, Anda dapat mencegah akses yang tidak sah ke file Excel Anda dan menghindari masalah yang terkait dengan lupa password.

Kesimpulan

Melihat password file Excel yang terkunci bisa menjadi tugas yang sulit, tetapi dengan metode-metode di atas, Anda dapat mengatasi masalah ini dengan mudah. Mulai dari menggunakan fitur “Lupa Password” hingga menggunakan VBA Macro atau software pemulihan password, pilihlah metode yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan lupa untuk menjaga password dengan aman agar Anda tidak mengalami kesulitan di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!