Cara Melihat Password Wifi di HP: Panduan Lengkap

Apakah Anda pernah mengalami kehilangan password Wifi yang tersimpan di HP? Jika iya, Anda tidak sendirian. Banyak orang menghadapi masalah ini, terutama ketika ingin terhubung ke jaringan Wifi baru atau ketika ingin berbagi password dengan teman atau keluarga. Untungnya, ada beberapa cara untuk melihat password Wifi di HP Anda, baik itu menggunakan fitur bawaan HP atau aplikasi pihak ketiga. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara melihat password Wifi di HP dengan mudah dan cepat.

Sebelum kami memulai, penting untuk diingat bahwa cara melihat password Wifi di HP mungkin berbeda tergantung pada merek dan sistem operasi HP Anda. Namun, kami akan mencakup metode yang umum digunakan di berbagai merek HP dan sistem operasi, sehingga Anda dapat mencoba metode mana pun yang sesuai dengan perangkat Anda.

1. Melihat Password Wifi di HP dengan Pengaturan Wifi

Jika Anda menggunakan HP dengan sistem operasi Android, Anda dapat dengan mudah melihat password Wifi yang tersimpan di perangkat Anda melalui Pengaturan Wifi bawaan. Caranya sangat sederhana:

1. Buka Pengaturan di HP Anda dan pilih opsi “Wifi” atau “Jaringan dan Internet”.

2. Pada daftar jaringan Wifi yang tersedia, temukan jaringan Wifi yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketuk nama jaringan tersebut.

3. Setelah itu, pilih opsi “Lihat Password” atau “Tampilkan Password”.

Dengan langkah-langkah di atas, Anda akan dapat melihat password Wifi yang tersimpan di HP Anda dengan mudah. Namun, jika Anda menggunakan perangkat HP dengan sistem operasi iOS, prosesnya sedikit berbeda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Pengaturan di HP Anda dan pilih opsi “Wifi”.

2. Pada daftar jaringan Wifi yang tersedia, temukan jaringan Wifi yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketuk ikon “i” di sebelah kanan nama jaringan tersebut.

3. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Password Wifi”. Ketuk opsi ini, dan Anda akan diminta untuk memasukkan kode keamanan HP Anda.

Setelah memasukkan kode keamanan, Anda akan dapat melihat password Wifi yang tersimpan di HP Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin repot mencari melalui pengaturan HP Anda atau jika Anda menggunakan perangkat dengan sistem operasi yang tidak memiliki opsi bawaan untuk melihat password Wifi, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store atau App Store yang dapat membantu Anda melihat password Wifi di HP dengan cepat. Berikut adalah beberapa aplikasi pihak ketiga yang populer:

1. Wifi Password Viewer (Android): Aplikasi ini memungkinkan Anda melihat password Wifi yang tersimpan di perangkat Anda tanpa perlu akses root. Cukup instal aplikasi ini, dan Anda akan dapat melihat password Wifi dengan mudah.

2. Wifi Passwords (iOS): Aplikasi ini memungkinkan pengguna iOS melihat password Wifi yang tersimpan di perangkat mereka. Anda dapat mengunduh aplikasi ini dari App Store dan dengan mudah mendapatkan akses ke password Wifi.

3. Wifi Map (Android dan iOS): Selain melihat password Wifi yang tersimpan di perangkat Anda, aplikasi ini juga memberikan informasi tentang jaringan Wifi publik di sekitar Anda. Anda dapat mencari jaringan Wifi terdekat dan mendapatkan passwordnya.

Itu dia beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password Wifi di HP dengan mudah. Pastikan untuk mengunduh aplikasi yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya.

3. Reset Pengaturan Jaringan

Jika Anda tidak dapat melihat password Wifi yang tersimpan di HP Anda menggunakan metode di atas atau jika Anda ingin menghapus semua password yang tersimpan di perangkat Anda, Anda dapat mereset pengaturan jaringan. Namun, perlu diingat bahwa dengan mereset pengaturan jaringan, Anda juga akan menghapus semua jaringan Wifi yang pernah Anda terhubung sebelumnya.

Untuk mereset pengaturan jaringan di HP Android, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka Pengaturan di HP Anda dan pilih opsi “Sistem” atau “Pengaturan Tambahan”.

2. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Reset” atau “Pengaturan Kembali”.

3. Pilih opsi “Reset Jaringan” atau “Reset Wifi”. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan kode keamanan HP Anda.

4. Setelah itu, konfirmasikan pilihan Anda dan tunggu proses reset selesai.

Setelah pengaturan jaringan direset, Anda akan dapat terhubung ke jaringan Wifi baru dan memasukkan passwordnya.

4. Menggunakan Command Prompt di Komputer

Jika Anda memiliki akses ke komputer yang pernah terhubung ke jaringan Wifi yang sama, Anda dapat menggunakan Command Prompt untuk melihat password Wifi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Command Prompt di komputer Anda. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R, mengetik “cmd”, dan menekan Enter.

2. Ketik perintah “netsh wlan show profile” di Command Prompt dan tekan Enter. Ini akan menampilkan daftar semua profil jaringan Wifi yang pernah terhubung ke komputer Anda.

3. Temukan nama jaringan Wifi yang ingin Anda lihat passwordnya dan ketik perintah “netsh wlan show profile name=[nama jaringan] key=clear” di Command Prompt. Gantilah [nama jaringan] dengan nama jaringan yang ingin Anda lihat passwordnya.

4. Cari bagian “Key Content” dalam output yang ditampilkan dan di sampingnya terdapat password Wifi yang ingin Anda lihat.

Dengan menggunakan Command Prompt di komputer, Anda dapat dengan mudah melihat password Wifi yang tersimpan di perangkat tersebut. Namun, pastikan untuk menggunakan metode ini dengan bijak dan hanya pada komputer yang Anda miliki atau yang memiliki izin dari pemiliknya.

5. Menghubungi Penyedia Layanan Internet

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau jika Anda tidak ingin mengotak-atik pengaturan perangkat Anda, Anda selalu dapat menghubungi penyedia layanan internet (ISP) Anda. Biasanya, ISP memiliki akses ke password Wifi yang mereka berikan kepada Anda dan dapat membantu Anda mendapatkan password tersebut kembali. Hubungi layanan pelanggan ISP Anda dan jelaskan masalah yang Anda hadapi. Mereka akan memberikan panduan lebih lanjut tentang cara mendapatkan password Wifi Anda.

Dalam kesimpulan, melihat password Wifi di HP Anda tidaklah sulit jika Anda mengikuti langkah-langkah yang tepat. Dalam artikel ini, kami telah memberikan panduan lengkap tentang cara melihat password Wifi di HP menggunakan pengaturan Wifi, aplikasi pihak ketiga, reset pengaturan jaringan, Command Prompt di komputer, dan menghubungi penyedia layanan internet. Pilihlah metode yang paling sesuai dengan perangkat dan kebutuhan Anda. Namun, selalu ingat untuk menggunakan informasi ini dengan bijak dan hanya pada perangkat yang Anda miliki atau dengan izin dari pemiliknya.