Cara Melihat Password WiFi yang Sudah Terhubung

Saat ini, internet telah menjadi kebutuhan mendasar bagi banyak orang. Dengan adanya WiFi, mengakses internet menjadi lebih mudah dan praktis. Namun, terkadang kita lupa dengan password WiFi yang sudah terhubung di perangkat kita. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membahas cara-cara untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa cara ini hanya berlaku jika Anda sudah terhubung ke jaringan WiFi tersebut sebelumnya. Jika Anda belum pernah terhubung, maka tidak ada cara langsung untuk melihat passwordnya. Namun, jika perangkat Anda terhubung ke jaringan WiFi tersebut, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan Command Prompt atau CMD. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter. Setelah jendela CMD terbuka, ketik perintah “netsh wlan show profile” untuk melihat daftar jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Anda.

Selanjutnya, pilih jaringan WiFi yang ingin Anda tampilkan passwordnya. Misalnya, jika Anda ingin melihat password jaringan WiFi dengan nama “WiFiRumah”, ketik perintah “netsh wlan show profile name=”WiFiRumah” key=clear”.

Setelah itu, CMD akan menampilkan informasi tentang jaringan WiFi tersebut, termasuk passwordnya. Cari bagian “Key Content” dan di bawahnya terdapat password WiFi yang sudah terhubung ke perangkat Anda.

2. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika menggunakan CMD terlalu rumit atau tidak familiar bagi Anda, ada juga beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda melihat password WiFi yang sudah terhubung. Salah satu aplikasi yang populer adalah “WiFi Password Viewer” yang tersedia di Google Play Store. Aplikasi ini dapat menampilkan semua password WiFi yang tersimpan di perangkat Anda.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut, buka aplikasi dan Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Anda. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, dan aplikasi akan menampilkan password WiFi tersebut.

Selain itu, ada juga beberapa aplikasi serupa yang dapat Anda coba seperti “WiFi Key Recovery”, “WiFi Password Recovery”, dan lain-lain. Pilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung.

3. Menggunakan Router Admin Page

Jika Anda memiliki akses ke halaman admin router, Anda juga dapat melihat password WiFi yang sudah terhubung melalui halaman tersebut. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama, buka browser web di perangkat Anda dan ketik alamat IP router Anda di bilah alamat. Biasanya, alamat IP router adalah “192.168.0.1” atau “192.168.1.1”. Jika Anda tidak yakin, Anda dapat mencarinya di mesin pencari dengan mencari merek dan model router Anda.

Setelah Anda terhubung ke halaman admin router, masukkan nama pengguna dan kata sandi admin. Jika Anda belum mengubahnya sebelumnya, maka biasanya nama pengguna dan kata sandi default adalah “admin” atau “admin”.

Setelah Anda masuk ke halaman admin router, cari opsi “Wireless” atau “WiFi” di menu pengaturan. Di dalam menu ini, Anda akan menemukan pengaturan jaringan WiFi, termasuk password yang terhubung ke perangkat Anda.

4. Menggunakan Perangkat yang Pernah Terhubung

Jika Anda memiliki perangkat lain yang sudah terhubung ke jaringan WiFi tersebut, Anda dapat melihat passwordnya melalui perangkat tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, pastikan perangkat lain tersebut sudah terhubung ke jaringan WiFi yang sama. Selanjutnya, buka pengaturan WiFi di perangkat tersebut dan cari opsi untuk melihat password jaringan yang sudah terhubung.

Pada perangkat Android, misalnya, Anda dapat membuka pengaturan, pilih opsi “WiFi”, lalu tekan dan tahan nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Setelah itu, pilih opsi “Lihat” atau “Lihat Password” dan perangkat akan menampilkan password WiFi yang terhubung.

Pada perangkat iOS, Anda dapat membuka pengaturan, pilih opsi “WiFi”, dan tekan ikon “i” di sebelah nama jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya. Di halaman informasi jaringan WiFi, perangkat akan menampilkan password WiFi yang terhubung.

5. Menggunakan Perangkat Windows yang Telah Terhubung

Jika Anda menggunakan perangkat Windows yang telah terhubung ke jaringan WiFi tersebut, Anda juga dapat melihat passwordnya melalui pengaturan sistem. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka pengaturan sistem dengan cara menekan tombol Windows + I. Setelah itu, pilih opsi “Network & Internet”, lalu pilih opsi “WiFi” di panel kiri. Di panel kanan, pilih opsi “Manage known networks”.

Di halaman “Manage known networks”, Anda akan melihat daftar semua jaringan WiFi yang pernah terhubung ke perangkat Anda. Pilih jaringan WiFi yang ingin Anda lihat passwordnya, lalu pilih opsi “Properties”.

Di halaman properti jaringan WiFi, geser ke bawah hingga Anda menemukan opsi “Show characters” di bawah bagian “Network security key”. Centang opsi tersebut, dan perangkat akan menampilkan password WiFi yang terhubung.

Demikianlah cara-cara untuk melihat password WiFi yang sudah terhubung. Pastikan Anda menggunakan pengetahuan ini dengan bijak dan hanya untuk keperluan pribadi. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengatasi masalah password WiFi yang terlupa.