Cara Membuang Password pada Excel: Solusi untuk Mengatasi Masalah Kunci Akses

Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer dan sering digunakan oleh banyak orang. Namun, tidak jarang pengguna mengalami kesulitan saat ingin membuka file Excel yang terkunci dengan password. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara membuang password pada Excel, sehingga Anda dapat mengakses file tersebut dengan mudah.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, perlu diingat bahwa metode yang akan dijelaskan di sini hanya berlaku untuk file Excel yang dilindungi dengan password pembukaan saja, bukan password enkripsi. Jadi, jika Anda lupa password untuk membuka file Excel, tetapi tidak mengenkripsinya, artikel ini akan sangat membantu.

1. Menggunakan Fitur Unprotect Sheet pada Excel

Jika file Excel yang Anda gunakan hanya dilindungi oleh password pembukaan, Anda dapat menggunakan fitur Unprotect Sheet yang disediakan oleh Excel sendiri. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah membuka file Excel yang ingin Anda buka. Setelah itu, pergi ke tab “Review” di atas ribbon Excel, dan cari grup “Changes”. Di dalam grup ini, Anda akan menemukan tombol “Unprotect Sheet”. Klik tombol ini, dan jika file Excel tersebut dilindungi oleh password pembukaan, Anda akan diminta untuk memasukkan password tersebut.

Setelah Anda memasukkan password yang benar, Excel akan membuka file tersebut tanpa password. Namun, penting untuk diingat bahwa metode ini hanya berfungsi jika file Excel hanya dilindungi oleh password pembukaan saja, dan tidak memiliki password enkripsi.

2. Menggunakan VBA Macro untuk Membuang Password

Jika file Excel yang Anda gunakan dilindungi oleh password enkripsi, Anda mungkin perlu menggunakan metode yang sedikit lebih rumit, yaitu menggunakan VBA Macro. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah pertama adalah membuka file Excel dan tekan tombol “Alt + F11” secara bersamaan untuk membuka Editor VBA. Setelah itu, pilih menu “Insert” dan pilih “Module” untuk membuat modul baru.

Pada jendela modul, Anda dapat menyalin dan menempelkan kode VBA berikut ini:

Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox "Password ditemukan: " & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub

Setelah Anda menyalin dan menempelkan kode VBA di atas, Anda dapat menutup Editor VBA dan kembali ke file Excel yang ingin Anda buka. Setelah itu, pilih menu “View” dan pilih “Macros”. Di jendela “Macros”, Anda akan melihat makro yang baru saja Anda buat. Klik “Run” untuk menjalankan makro tersebut.

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika metode-metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak terlalu familiar dengan penggunaan VBA Macro, Anda masih memiliki opsi lain, yaitu menggunakan software pihak ketiga. Ada banyak software yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda membuang password pada file Excel. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa software mungkin berbayar atau memiliki batasan fitur pada versi gratisnya.

Sebelum menggunakan software pihak ketiga, pastikan Anda mendownloadnya dari sumber yang terpercaya dan teliti ulasan pengguna sebelumnya. Pilihlah software yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan untuk mengikuti instruksi yang disediakan dengan teliti.

4. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi pembuat file Excel tersebut. Ada kemungkinan bahwa pembuat file dapat memberikan password pembukaan atau membuka file Excel untuk Anda. Namun, penting untuk diingat bahwa ini hanya berfungsi jika Anda memiliki izin dan hubungan yang baik dengan pembuat file.

Sebelum menghubungi pembuat file, pastikan untuk menjelaskan situasi Anda dengan jelas dan bersikap sopan. Jelaskan mengapa Anda membutuhkan akses ke file Excel tersebut dan berikan informasi yang dibutuhkan untuk memverifikasi identitas Anda sebagai pemilik file. Jika pembuat file setuju untuk membantu Anda, ikuti instruksi yang diberikan dengan seksama.

5. Memulihkan File Excel dari Cadangan

Jika Anda memiliki cadangan file Excel yang tidak dilindungi oleh password, Anda dapat memulihkan file tersebut dari cadangan. Ini adalah metode terakhir yang dapat Anda coba jika semua metode sebelumnya tidak berhasil. Pastikan untuk membuat cadangan file Excel secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat diakses.

Untuk memulihkan file Excel dari cadangan, Anda hanya perlu mengganti file Excel yang terkunci dengan file cadangan yang tidak terkunci. Namun, perlu diingat bahwa Anda akan kehilangan semua perubahan yang dibuat sejak terakhir kali Anda melakukan cadangan file.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk membuang password pada Excel. Mulai dari menggunakan fitur Unprotect Sheet pada Excel, menggunakan VBA Macro, hingga menggunakan software pihak ketiga. Penting untuk diingat bahwa metode yang Anda pilih tergantung pada jenis password yang digunakan dan preferensi pribadi Anda. Selalu pertimbangkan risiko dan keamanan saat menggunakan metode tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami kesulitan dalam membuka file Excel yang terkunci!