Cara Membuat Password Folder di Google Drive

Google Drive telah menjadi salah satu platform penyimpanan online yang paling populer di dunia. Dengan kapasitas penyimpanan yang besar dan kemudahan akses, Google Drive memudahkan pengguna untuk menyimpan dan berbagi berbagai jenis file. Namun, ada momen ketika Anda ingin menjaga privasi file yang disimpan di Google Drive Anda. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat password untuk folder di Google Drive. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuat password folder di Google Drive dengan mudah.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa Google Drive sendiri tidak memiliki fitur bawaan untuk membuat password untuk folder. Namun, ada beberapa cara alternatif yang dapat Anda gunakan. Salah satunya adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti VeraCrypt atau 7-Zip. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan VeraCrypt untuk membuat password folder di Google Drive.

Langkah 1: Mengunduh dan Menginstal VeraCrypt

Langkah pertama dalam proses ini adalah mengunduh dan menginstal aplikasi VeraCrypt. VeraCrypt adalah perangkat lunak yang aman dan dapat diandalkan untuk membuat dan mengelola volume terenkripsi. Anda dapat mengunduhnya dari situs web resminya dan mengikuti petunjuk instalasi yang diberikan.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal VeraCrypt, Anda akan melihat antarmuka pengguna yang sederhana dan intuitif. Anda dapat mulai membuat volume terenkripsi untuk folder di Google Drive Anda.

Langkah 2: Membuat Volume Terenkripsi

Setelah Anda membuka VeraCrypt, klik “Create Volume” untuk memulai proses pembuatan volume terenkripsi. Pilih opsi “Create an encrypted file container” dan klik “Next”.

Selanjutnya, pilih opsi “Standard VeraCrypt volume” dan klik “Next” lagi. Pada tahap ini, Anda dapat memilih lokasi untuk menyimpan volume terenkripsi Anda. Pastikan Anda memilih Google Drive sebagai lokasi penyimpanan.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih algoritma enkripsi yang ingin Anda gunakan untuk melindungi volume terenkripsi. Pilih algoritma yang sesuai dengan preferensi Anda dan klik “Next”.

Langkah 3: Mengatur Password dan Ukuran Volume

Setelah Anda memilih algoritma enkripsi, Anda akan diminta untuk mengatur password untuk volume terenkripsi. Pastikan Anda memilih password yang kuat dan mudah diingat. Juga, pastikan Anda memilih opsi “Use keyfiles” dan “Use PKCS-5 PRF” untuk keamanan tambahan.

Setelah Anda mengatur password, Anda akan diminta untuk mengatur ukuran volume terenkripsi. Pastikan Anda mengatur ukuran yang cukup besar untuk memuat semua file yang ingin Anda simpan di folder terenkripsi ini. Setelah Anda selesai, klik “Next”.

Pada tahap ini, Anda dapat memilih sistem file yang ingin Anda gunakan untuk volume terenkripsi. Pilih sistem file yang sesuai dengan preferensi Anda dan klik “Next”.

Langkah 4: Mengisi Volume Terenkripsi

Setelah Anda menyelesaikan pengaturan volume terenkripsi, Anda akan melihat tampilan baru di VeraCrypt. Klik “Select File” dan pilih volume terenkripsi yang telah Anda buat sebelumnya di Google Drive Anda. Klik “Mount” untuk membuka volume terenkripsi.

Sekarang, Anda dapat menyalin dan menyimpan file apa pun yang ingin Anda simpan di dalam folder terenkripsi ini. Setelah Anda selesai, klik “Dismount” untuk mengunci volume terenkripsi dan melindungi file Anda dengan password yang telah Anda tentukan sebelumnya.

Langkah 5: Mengakses Folder Terenkripsi

Setiap kali Anda ingin mengakses file yang disimpan di dalam folder terenkripsi, buka VeraCrypt dan pilih volume terenkripsi yang telah Anda buat sebelumnya. Klik “Mount” dan masukkan password yang telah Anda tentukan sebelumnya. Setelah volume terenkripsi terbuka, Anda dapat mengakses semua file di dalamnya seperti biasa.

Demikianlah langkah-langkah untuk membuat password folder di Google Drive menggunakan VeraCrypt. Meskipun mungkin memerlukan sedikit waktu dan usaha untuk mengatur, ini adalah cara yang efektif untuk melindungi privasi file Anda di Google Drive. Selalu pastikan Anda mengingat password yang telah Anda buat dan jangan berbagi dengan orang lain untuk menjaga keamanan data Anda.