Cara Membuat Password Folder di Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi populer yang digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Namun, terkadang kita perlu melindungi data pribadi kita dengan lebih baik. Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan membuat password pada folder di Windows 10. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara membuat password folder di Windows 10.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang akan dijelaskan di sini hanya berlaku untuk pengguna Windows 10. Jika Anda menggunakan versi Windows yang berbeda, prosesnya mungkin sedikit berbeda. Jadi, pastikan Anda menggunakan Windows 10 sebelum melanjutkan.

1. Membuat Folder Baru

Langkah pertama dalam membuat password pada folder di Windows 10 adalah dengan membuat folder baru. Anda dapat melakukannya dengan mengklik kanan pada layar desktop dan memilih opsi “New” kemudian “Folder”. Beri nama folder sesuai dengan kebutuhan Anda dan letakkan file atau data yang ingin Anda lindungi di dalam folder tersebut.

Setelah Anda membuat folder baru, langkah berikutnya adalah mengganti nama folder dengan menggunakan karakter khusus. Misalnya, Anda dapat mengubah nama folder menjadi “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”. Pastikan Anda mengganti “Control Panel” dengan nama folder yang ingin Anda gunakan. Setelah mengubah nama folder, Anda akan melihat bahwa ikon folder berubah menjadi ikon Control Panel.

Selanjutnya, Anda perlu mengunduh software pihak ketiga yang bernama “Folder Protector”. Software ini akan membantu Anda mengunci folder dengan password. Setelah mengunduh dan menginstal software tersebut, Anda dapat melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Melindungi Folder dengan Password

Setelah Anda menginstal software “Folder Protector”, buka program tersebut. Anda akan melihat antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami. Pada antarmuka tersebut, Anda akan melihat daftar folder yang ada di komputer Anda. Cari folder yang ingin Anda lindungi dan pilih folder tersebut.

Selanjutnya, klik tombol “Lock Folder” untuk mengunci folder dengan password. Anda akan diminta untuk memasukkan password yang ingin Anda gunakan. Pastikan Anda memilih password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Setelah memasukkan password, klik tombol “OK” untuk melanjutkan proses.

Sekarang, folder Anda telah terkunci dan dilindungi dengan password. Jika seseorang mencoba membuka folder tersebut, mereka akan diminta untuk memasukkan password yang benar. Jika password yang dimasukkan salah, folder tersebut tidak akan terbuka.

3. Membuka Folder yang Terkunci

Jika Anda ingin membuka folder yang telah terkunci, buka kembali program “Folder Protector”. Pada antarmuka program, Anda akan melihat daftar folder yang telah Anda kunci sebelumnya. Cari folder yang ingin Anda buka dan pilih folder tersebut.

Selanjutnya, klik tombol “Unlock Folder” untuk membuka folder yang terkunci. Anda akan diminta untuk memasukkan password yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Setelah memasukkan password dengan benar, klik tombol “OK” untuk membuka folder tersebut.

Sekarang, Anda dapat mengakses semua file dan data yang ada di dalam folder tersebut. Setelah selesai menggunakan folder, jangan lupa untuk mengunci kembali untuk menjaga keamanan data Anda.

4. Mengubah Password Folder

Jika Anda ingin mengubah password folder yang telah Anda buat sebelumnya, buka kembali program “Folder Protector”. Pilih folder yang ingin Anda ubah passwordnya.

Selanjutnya, klik tombol “Change Password” untuk mengubah password folder. Anda akan diminta untuk memasukkan password lama dan password baru yang ingin Anda gunakan. Setelah memasukkan kedua password tersebut, klik tombol “OK” untuk menyimpan perubahan.

Sekarang, password folder telah diubah dan folder tersebut akan terkunci dengan password baru yang telah Anda tetapkan.

5. Menghapus Password Folder

Jika Anda ingin menghapus password folder dan membuka akses ke folder tersebut tanpa memasukkan password, buka kembali program “Folder Protector”. Pilih folder yang ingin Anda hapus passwordnya.

Selanjutnya, klik tombol “Remove Password” untuk menghapus password folder. Anda akan diminta untuk memasukkan password yang telah Anda tetapkan sebelumnya. Setelah memasukkan password dengan benar, klik tombol “OK” untuk menghapus password.

Sekarang, folder tersebut tidak akan terkunci dan siapa pun dapat mengakses semua file dan data yang ada di dalamnya tanpa memasukkan password.

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah detail tentang cara membuat password pada folder di Windows 10. Dengan menggunakan software “Folder Protector”, Anda dapat dengan mudah melindungi data pribadi Anda dan menjaga keamanan informasi Anda. Selalu ingat untuk menggunakan password yang kuat dan sulit ditebak oleh orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam menjaga keamanan data Anda di Windows 10!