Cara Membuka Password Excel dengan Zip

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin membuka file Excel yang terkunci dengan password? Jangan khawatir, karena ada cara yang cukup mudah untuk membuka password Excel tersebut menggunakan aplikasi Zip. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk membuka password Excel dengan menggunakan aplikasi Zip.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa metode ini hanya bisa digunakan untuk membuka file Excel dengan ekstensi .xlsx yang terkunci dengan password. Jika Anda memiliki file Excel dengan ekstensi .xls atau file dengan format lainnya, metode ini mungkin tidak berhasil.

1. Mengunduh dan Menginstal Aplikasi Zip

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi Zip yang akan digunakan untuk membuka file Excel yang terkunci. Ada banyak aplikasi Zip yang tersedia secara gratis di internet, seperti WinRAR, 7-Zip, atau WinZip. Pilih salah satu aplikasi yang paling Anda sukai dan unduh dari situs resminya.

Setelah Anda mengunduh aplikasi Zip, ikuti instruksi instalasi yang diberikan. Pastikan Anda menginstal aplikasi dengan benar dan sesuai dengan sistem operasi yang Anda gunakan.

Setelah aplikasi Zip terinstal, Anda siap untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.

2. Membuka File Excel dengan Aplikasi Zip

Selanjutnya, buka aplikasi Zip yang telah Anda instal di komputer Anda. Pilih file Excel yang ingin Anda buka dengan mengklik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Open with” atau “Buka dengan”. Pilih aplikasi Zip yang telah Anda instal.

Setelah Anda membuka file Excel dengan aplikasi Zip, Anda akan melihat konten file tersebut dalam bentuk daftar file dan folder. Cari file dengan ekstensi .xml dan klik kanan pada file tersebut. Pilih opsi “Open with” atau “Buka dengan” dan pilih aplikasi teks atau editor teks.

Setelah Anda membuka file .xml dengan aplikasi teks, cari kata “sheetProtection” dalam teks file tersebut. Hapus seluruh baris kode yang mengandung kata tersebut. Setelah itu, simpan perubahan yang Anda buat pada file .xml.

3. Mengompres File Excel Kembali ke Format Zip

Setelah Anda menghapus proteksi password pada file .xml, langkah selanjutnya adalah mengompres file Excel kembali ke format Zip. Untuk melakukannya, pilih seluruh konten file Excel di dalam aplikasi Zip. Klik kanan pada konten tersebut dan pilih opsi “Add to Archive” atau “Tambahkan ke Arsip”.

Pada jendela pengaturan kompresi, pastikan Anda mengatur format kompresi menjadi .zip. Anda juga dapat mengubah nama file dan menyimpannya di lokasi yang Anda inginkan. Setelah pengaturan selesai, klik tombol “OK” atau “Simpan” untuk memulai proses kompresi.

Setelah proses kompresi selesai, Anda akan memiliki file Excel yang telah terbuka tanpa password dan berformat .zip. Anda dapat membuka file tersebut dengan mengklik kanan pada file dan memilih opsi “Extract” atau “Ekstrak”. File Excel akan diekstrak dari arsip .zip dan Anda dapat membukanya secara normal.

4. Mengecek Kembali Keberhasilan

Setelah Anda mengikuti langkah-langkah di atas, pastikan untuk memeriksa apakah file Excel yang telah Anda buka kembali tidak lagi terkunci dengan password. Buka file tersebut dan coba untuk mengedit atau mengubahnya. Jika Anda dapat melakukan perubahan tanpa diminta memasukkan password, itu berarti Anda telah berhasil membuka password Excel menggunakan aplikasi Zip.

Jika file Excel masih terkunci atau Anda menghadapi kesulitan lainnya, Anda dapat mengulangi langkah-langkah di atas atau mencari solusi alternatif lainnya.

5. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika metode di atas tidak berhasil atau terlalu rumit bagi Anda, Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yang secara khusus dirancang untuk membuka file Excel yang terkunci dengan password. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet, seperti PassFab for Excel, Excel Password Recovery, atau iSunshare Excel Password Genius. Pilih aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi tersebut.

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan Anda mengunduh dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelumnya. Selalu berhati-hati saat menginstal dan menggunakan aplikasi pihak ketiga, dan pastikan untuk memverifikasi keamanan dan keaslian aplikasi sebelum mengungkapkan informasi pribadi atau membuka file Excel yang sensitif.

Untuk membuka password pada file Excel yang terkunci dengan zip, Anda dapat menggunakan aplikasi Zip dengan mengikuti langkah-langkah di atas. Namun, penting untuk diingat bahwa membuka file Excel yang terkunci tanpa izin pemilik file dapat melanggar hukum privasi dan keamanan. Pastikan Anda memiliki izin yang sah untuk membuka file tersebut dan selalu menghormati privasi orang lain.