Cara Membuka Password File Excel Online

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam membuka file Excel yang terkunci oleh password? Jika ya, artikel ini akan memberikan solusi untuk masalah Anda. Banyak pengguna yang menggunakan password untuk melindungi file Excel mereka agar tidak dapat diakses oleh orang lain. Namun, terkadang kita sendiri juga lupa password yang telah kita buat. Jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk membuka password file Excel secara online.

Sebelum kita membahas cara membuka password file Excel online, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, teknik-teknik yang akan kita bahas hanya berlaku untuk file Excel dengan ekstensi .xlsx atau .xls. Jika file Anda memiliki ekstensi lain, metode yang akan kita jelaskan mungkin tidak berhasil. Kedua, pastikan Anda memiliki hak akses penuh ke file Excel tersebut. Jika file tersebut bukan milik Anda atau Anda tidak memiliki izin untuk membukanya, menggunakan metode ini dapat melanggar privasi orang lain.

1. Menggunakan Situs Web Pembuka Password Excel

Jika Anda mencari cara yang mudah dan cepat untuk membuka password file Excel online, situs web pembuka password Excel dapat menjadi solusinya. Ada beberapa situs web yang menyediakan layanan ini secara gratis. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terkunci dan situs web akan melakukan pekerjaan sisanya. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan situs web pihak ketiga untuk membuka file Excel berarti Anda harus mempercayakan data Anda kepada mereka. Pastikan untuk memilih situs web yang terpercaya dan membaca kebijakan privasi mereka sebelum menggunakan layanan mereka.

Salah satu situs web yang dapat Anda coba adalah “Unlock Excel”. Situs web ini dapat membuka file Excel dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terkunci dan tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Setelah selesai, situs web akan memberikan tautan unduhan untuk file Excel yang telah dibuka. Namun, perlu diingat bahwa situs web ini hanya dapat membuka file Excel dengan password yang relatif sederhana. Jika password yang digunakan terlalu rumit, kemungkinan besar situs web ini tidak akan berhasil membukanya.

2. Menggunakan Software Pembuka Password Excel

Jika Anda tidak ingin menggunakan situs web pihak ketiga untuk membuka password file Excel Anda, Anda juga dapat mencoba menggunakan software pembuka password Excel. Ada beberapa software yang tersedia secara online dan dapat diunduh secara gratis. Namun, perlu diingat bahwa menggunakan software pihak ketiga juga memiliki risiko keamanan. Pastikan untuk mengunduh software dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menggunakannya.

Salah satu software yang direkomendasikan adalah “Free Excel Password Recovery”. Software ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terkunci dan software akan mulai mencoba membuka passwordnya. Proses ini mungkin memakan waktu, tergantung pada kompleksitas password yang digunakan. Setelah proses selesai, hasilnya akan ditampilkan dan Anda dapat mengunduh file Excel yang telah dibuka.

3. Menggunakan Fitur “Lupa Password” di Excel

Jika Anda adalah pemilik file Excel yang terkunci dan lupa passwordnya, Anda dapat menggunakan fitur “Lupa Password” yang disediakan oleh Excel. Fitur ini dapat membantu Anda mengatur ulang password atau menghapusnya sepenuhnya. Namun, perlu diingat bahwa Anda harus memiliki hak akses penuh ke file Excel tersebut agar dapat menggunakan fitur ini. Jika Anda tidak memiliki izin untuk mengubah file Excel, Anda tidak akan dapat menggunakan fitur ini.

Untuk menggunakan fitur “Lupa Password” di Excel, buka file Excel yang terkunci dan masukkan password yang salah. Setelah itu, Anda akan melihat pesan kesalahan yang memberi tahu Anda bahwa password yang Anda masukkan salah. Di jendela pesan kesalahan, klik tombol “OK” atau “Tutup”. Setelah itu, pergi ke tab “Review” di menu Excel dan pilih opsi “Unprotect Sheet” atau “Protect Workbook”. Anda akan diminta untuk memasukkan password lagi, tetapi kali ini Anda dapat membiarkannya kosong. Setelah itu, file Excel akan terbuka tanpa password.

4. Menggunakan Kombinasi Password yang Mungkin

Jika Anda ingat beberapa informasi tentang password yang digunakan pada file Excel Anda, Anda dapat mencoba menggunakan kombinasi password yang mungkin. Misalnya, jika Anda ingat bahwa password terdiri dari angka dan huruf, Anda dapat mencoba semua kombinasi angka dan huruf yang mungkin. Namun, metode ini membutuhkan waktu dan usaha yang cukup besar, terutama jika password yang digunakan terlalu rumit. Namun, jika Anda ingin mencoba metode ini, Anda dapat menggunakan spreadsheet Excel baru untuk mencatat semua kombinasi password yang telah Anda coba.

Sebagai contoh, jika Anda ingat bahwa password terdiri dari 6 karakter dan hanya terdiri dari angka 0 hingga 9, Anda dapat membuat spreadsheet Excel baru dengan 10 kolom (masing-masing kolom mewakili satu karakter password) dan 6 baris (masing-masing baris mewakili posisi karakter dalam password). Kemudian, Anda dapat mengisi sel-sel dengan angka dari 0 hingga 9. Setelah itu, Anda dapat mencoba semua kombinasi dengan menggabungkan angka-angka dari setiap kolom. Jika Anda mencoba semua kombinasi angka dari 000000 hingga 999999 dan tidak berhasil membuka file Excel, kemungkinan besar password yang Anda gunakan bukan angka atau kombinasi angka dan huruf.

5. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua metode yang telah dijelaskan di atas tidak berhasil membuka password file Excel Anda, Anda dapat mencoba menghubungi pembuat file Excel tersebut. Jika file Excel tersebut dibuat oleh seseorang lain, tanyakan kepada mereka apakah mereka dapat memberikan password atau membuka file Excel untuk Anda. Jika file Excel tersebut dibuat oleh Anda sendiri dan Anda lupa passwordnya, Anda dapat mencoba mengingat atau mencari referensi yang mungkin membantu Anda mengingat password tersebut.

Anda juga dapat mencoba mencari tutorial atau forum online yang membahas masalah yang sama dengan file Excel Anda. Terkadang, ada solusi yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya dan bisa membantu Anda membuka file Excel yang terkunci. Namun, jika semua metode yang telah dijelaskan di atas tidak berhasil, kemungkinan besar Anda harus menerima kenyataan bahwa file Excel tersebut tidak dapat dibuka lagi.