Cara Membuka Password Macro Excel

Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi spreadsheet yang paling populer dan sering digunakan di seluruh dunia. Dalam Excel, macro adalah serangkaian instruksi yang dapat digunakan untuk mengotomatisasi tugas-tugas tertentu. Macro sangat berguna untuk menghemat waktu dan usaha dalam bekerja dengan file Excel, tetapi terkadang kita mungkin lupa password yang digunakan untuk melindungi macro. Jika Anda mengalami masalah ini, jangan khawatir! Artikel ini akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara membuka password macro Excel yang terkunci.

Sebelum kita membahas cara membuka password macro Excel, penting untuk diingat bahwa tindakan ini hanya boleh dilakukan pada file yang Anda miliki atau jika Anda memiliki izin untuk membukanya. Jangan mencoba membuka file Excel yang bukan milik Anda tanpa izin, karena itu merupakan pelanggaran privasi dan hak cipta. Selalu patuhi etika dan hukum saat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi.

1. Menggunakan Fitur Unprotect Sheet

Jika file Excel yang Anda miliki dilindungi dengan password pada sheet yang berisi macro, maka Anda dapat mencoba menggunakan fitur “Unprotect Sheet” yang sudah ada di Excel. Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini:

Langkah 1: Buka file Excel yang terkunci dan masuk ke tab “Review”.

Langkah 2: Pada tab “Review”, klik tombol “Unprotect Sheet” yang terletak di grup “Changes”.

Langkah 3: Jika file tersebut dilindungi dengan password, Anda akan diminta untuk memasukkan password yang benar untuk membuka sheet tersebut.

2. Menggunakan Kode VBA

Jika fitur “Unprotect Sheet” tidak berhasil membuka password pada macro Excel, Anda dapat mencoba menggunakan kode VBA untuk membuka file tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Buka file Excel yang terkunci dan tekan tombol “Alt + F11” pada keyboard untuk membuka editor VBA.

Langkah 2: Di editor VBA, klik dua kali pada “ThisWorkbook” di panel “Project Explorer”.

Langkah 3: Di panel “Properties”, ubah nilai “Password” menjadi kosong atau hapus password yang ada.

3. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Password

Jika metode sebelumnya tidak berhasil atau Anda tidak memiliki pengetahuan tentang VBA, Anda dapat menggunakan perangkat lunak pemulihan password untuk membuka file Excel yang dilindungi. Berikut adalah beberapa perangkat lunak pemulihan password yang dapat Anda coba:

1. Passper for Excel: Perangkat lunak ini menawarkan kemampuan untuk membuka password Excel dengan cepat dan efektif.

2. Excel Password Recovery Master: Perangkat lunak ini menggunakan serangan brute force untuk memulihkan password Excel yang terlupakan.

3. iSumsoft Excel Password Refixer: Perangkat lunak ini dapat membantu Anda memulihkan password Excel yang terlupakan dengan cepat dan mudah.

4. Menghubungi Pencipta File

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau jika file Excel tersebut sangat penting, Anda dapat mencoba menghubungi pencipta file atau pemilik hak akses untuk meminta password yang benar. Jika Anda memiliki hak yang sah untuk membuka file tersebut, pemilik file mungkin bersedia membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

5. Menggunakan Layanan Online

Jika Anda tidak ingin mengunduh atau menginstal perangkat lunak tambahan, Anda dapat menggunakan layanan online untuk membuka file Excel yang dilindungi. Beberapa layanan online yang dapat Anda coba antara lain:

1. Online Excel Password Unlocker: Layanan ini memungkinkan Anda mengunggah file Excel dan menghapus password yang dilindungi.

2. Online Password Recovery: Layanan ini mendukung pemulihan password untuk berbagai jenis file, termasuk file Excel.

3. LostMyPass: Layanan ini menawarkan pemulihan password online untuk file Excel yang terkunci.

Meskipun terkadang kita mungkin lupa password yang digunakan untuk melindungi macro Excel, ada beberapa metode yang dapat kita coba untuk membuka file tersebut. Namun, penting untuk selalu menghormati privasi dan hak cipta orang lain, serta mematuhi etika dan hukum saat menggunakan perangkat lunak dan aplikasi. Semoga panduan ini bermanfaat bagi Anda dalam mengatasi masalah membuka password macro Excel yang terkunci.