Cara Membuka Proteksi Password pada Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer dan sering digunakan di seluruh dunia. Dalam penggunaannya, seringkali kita ingin mengamankan data yang kita input atau simpan di dalam file Excel dengan memberikan password. Proteksi password pada Excel memungkinkan kita untuk melindungi data sensitif agar tidak bisa diakses oleh orang yang tidak berwenang. Namun, terkadang kita juga bisa lupa atau kehilangan password yang telah kita buat. Jika Anda mengalami hal tersebut, jangan khawatir! Artikel ini akan membahas cara membuka proteksi password pada Excel secara detail dan mudah dipahami.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, penting untuk diingat bahwa penggunaan metode ini haruslah dilakukan dengan itikad baik dan hanya untuk membuka proteksi password pada file Excel yang memang benar-benar kita miliki dan memiliki hak akses. Menggunakan metode ini untuk membuka file Excel orang lain tanpa izin adalah tindakan yang melanggar hukum dan etika. Oleh karena itu, pastikan Anda hanya menggunakan metode ini untuk membuka file Excel yang benar-benar milik Anda atau yang Anda memiliki izin aksesnya.

1. Menggunakan VBA Code

Metode pertama yang dapat Anda coba adalah menggunakan VBA (Visual Basic for Applications) code. VBA adalah bahasa pemrograman yang digunakan dalam aplikasi Microsoft Office, termasuk Excel. Dalam kasus ini, kita akan menggunakan VBA untuk membuka proteksi password pada file Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka file Excel yang terproteksi passwordnya. Kemudian, tekan tombol “Alt + F11” secara bersamaan untuk membuka Visual Basic Editor. Pada jendela Visual Basic Editor, klik dua kali pada nama file Excel yang sedang Anda buka di bagian “Project Explorer”. Setelah itu, klik dua kali pada “Sheet1” atau nama sheet yang ingin Anda buka proteksi passwordnya. Kemudian, masukkan kode VBA berikut:

Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox “One usable password is ” & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub

Setelah itu, tekan tombol “F5” untuk menjalankan kode VBA tersebut. Jika kode VBA berjalan dengan sukses, maka Anda akan menerima pesan yang berisi salah satu password yang dapat digunakan untuk membuka proteksi password pada file Excel tersebut.

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang VBA atau tidak ingin repot-repot menggunakan kode VBA, Anda juga dapat menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk membuka proteksi password pada file Excel. Ada banyak software yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa software populer yang dapat Anda coba adalah “PassFab for Excel”, “Excel Password Recovery”, dan “Stellar Phoenix Excel Password Recovery”. Langkah-langkah penggunaan software tersebut umumnya cukup sederhana dan intuitif. Anda hanya perlu menginstal software tersebut, lalu mengikuti petunjuk yang diberikan untuk membuka proteksi password pada file Excel.

3. Minta Bantuan Pada Pembuat Password

Jika Anda tidak berhasil membuka proteksi password pada file Excel menggunakan metode-metode di atas, Anda juga dapat mencoba menghubungi pembuat password. Jika file Excel tersebut berasal dari seseorang atau merupakan bagian dari pekerjaan Anda di suatu perusahaan, ada kemungkinan bahwa Anda dapat meminta bantuan pada orang yang mengetahui password tersebut. Jika Anda dapat membuktikan bahwa Anda memiliki hak akses dan membutuhkan akses ke file tersebut, pembuat password mungkin bersedia membantu Anda membukanya atau memberikan password yang benar.

4. Membuka File Excel di Versi Software yang Lebih Lama

Saat ini, Microsoft Excel sudah terdapat dalam berbagai versi yang berbeda. Jika Anda tidak dapat membuka file Excel yang terproteksi password dengan menggunakan versi terbaru dari Excel, Anda dapat mencoba membukanya di versi software yang lebih lama. Beberapa proteksi password yang dibuat menggunakan versi Excel yang lebih lama mungkin tidak kompatibel dengan versi Excel yang lebih baru, sehingga membuka file tersebut di versi yang lebih lama dapat menjadi solusi yang efektif.

5. Membuka File Excel Menggunakan Aplikasi Online

Jika Anda tidak ingin menginstal software tambahan atau tidak memiliki akses ke versi software tertentu, Anda juga dapat mencoba membuka file Excel menggunakan aplikasi online. Ada banyak aplikasi online yang dapat membantu Anda membuka proteksi password pada file Excel, seperti “Online Excel Password Remover” atau “LostMyPass”. Anda hanya perlu mengunggah file Excel yang terproteksi password, lalu mengikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi online tersebut untuk membuka proteksi password pada file Excel.

Dalam kesimpulan, ada beberapa metode yang dapat Anda coba untuk membuka proteksi password pada file Excel. Namun, penting untuk diingat bahwa penggunaan metode ini harus dilakukan dengan itikad baik dan hanya untuk membuka file Excel yang memang benar-benar Anda miliki atau yang Anda memiliki izin aksesnya. Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda dalam membuka proteksi password pada file Excel yang Anda butuhkan.