Cara Memunculkan Password Excel yang Diproteksi

Apakah Anda pernah mengalami kesulitan saat ingin membuka file Excel yang diproteksi dengan password? Jika iya, maka artikel ini akan memberikan solusi bagi Anda. Memunculkan password Excel yang diproteksi sebenarnya bukanlah hal yang sulit, asalkan Anda mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan secara detail cara untuk memunculkan password Excel yang diproteksi agar Anda dapat mengakses dan mengedit file tersebut dengan mudah.

Sebelum kita memulai, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang akan dijelaskan hanya berlaku untuk file Excel yang diproteksi dengan password bukan dengan password sheet atau password VBA. Jika Anda lupa password sheet atau password VBA, maka langkah-langkah yang akan dijelaskan tidak akan berhasil.

1. Menggunakan Fitur Unprotect Sheet

Fitur unprotect sheet pada Excel berguna untuk menghilangkan proteksi password pada sheet yang ada di file Excel. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah pertama adalah membuka file Excel yang ingin Anda buka. Setelah file terbuka, klik kanan pada sheet yang ingin Anda unprotect, kemudian pilih “Unprotect Sheet” dari menu drop-down yang muncul. Jika sheet tersebut memiliki password, Anda akan diminta untuk memasukkan password sebelum dapat melakukan unprotect sheet.

Setelah Anda memasukkan password yang benar, Anda akan melihat bahwa proteksi password pada sheet telah dihapus. Sekarang Anda dapat mengedit sheet tersebut dengan bebas tanpa batasan.

2. Menggunakan VBA Macro

Jika Anda tidak berhasil menggunakan fitur unprotect sheet, Anda dapat mencoba menggunakan VBA Macro untuk memunculkan password Excel yang diproteksi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka file Excel dan tekan tombol “Alt + F11” pada keyboard Anda untuk membuka Editor VBA. Setelah Editor VBA terbuka, klik dua kali pada sheet yang ingin Anda buka. Jika sheet tersebut memiliki password, Anda akan diminta untuk memasukkan password sebelum dapat melanjutkan.

Setelah itu, pada jendela Editor VBA, klik dua kali pada sheet tersebut dan masukkan kode berikut:

Sub PasswordBreaker()Dim i As Integer, j As Integer, k As IntegerDim l As Integer, m As Integer, n As IntegerDim i1 As Integer, i2 As Integer, i3 As IntegerDim i4 As Integer, i5 As Integer, i6 As IntegerOn Error Resume NextFor i = 65 To 66: For j = 65 To 66: For k = 65 To 66For l = 65 To 66: For m = 65 To 66: For i1 = 65 To 66For i2 = 65 To 66: For i3 = 65 To 66: For i4 = 65 To 66For i5 = 65 To 66: For i6 = 65 To 66: For n = 32 To 126ActiveSheet.Unprotect Chr(i) & Chr(j) & Chr(k) & _Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & Chr(i3) & _Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)If ActiveSheet.ProtectContents = False ThenMsgBox "One usable password is " & Chr(i) & Chr(j) & _Chr(k) & Chr(l) & Chr(m) & Chr(i1) & Chr(i2) & _Chr(i3) & Chr(i4) & Chr(i5) & Chr(i6) & Chr(n)Exit SubEnd IfNext: Next: Next: Next: Next: NextNext: Next: Next: Next: Next: NextEnd Sub

Setelah Anda memasukkan kode tersebut, tekan tombol “F5” pada keyboard untuk menjalankan kode tersebut. Jika password yang Anda masukkan benar, maka password pada sheet tersebut akan terbuka dan Anda dapat mengeditnya tanpa batasan.

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk memunculkan password Excel yang diproteksi. Ada banyak software yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Namun, sebelum menggunakan software ini, pastikan Anda mendownload dari sumber yang terpercaya dan aman.

Setelah Anda mendownload dan menginstal software tersebut, jalankan software dan pilih file Excel yang ingin Anda buka. Kemudian, ikuti petunjuk yang diberikan oleh software untuk memunculkan password Excel yang diproteksi. Dalam beberapa kasus, software pihak ketiga dapat memunculkan password Excel dengan cepat dan efektif.

4. Menghubungi Pembuat File Excel

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menghubungi pembuat file Excel tersebut. Jika Anda mendapatkan file Excel dari seseorang atau perusahaan, cobalah untuk menghubungi mereka dan minta mereka untuk memberikan password yang benar. Mereka mungkin memiliki password yang diperlukan untuk membuka file Excel tersebut.

Anda juga dapat mencoba menghubungi dukungan teknis dari Microsoft atau produsen software Excel lainnya untuk mendapatkan bantuan dalam memunculkan password Excel yang diproteksi. Mereka mungkin memiliki solusi atau alat khusus yang dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini.

5. Membuat Salinan Baru

Jika semua langkah di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi terakhir, yaitu membuat salinan baru dari file Excel yang diproteksi. Caranya adalah dengan membuka file Excel yang ingin Anda buka, lalu pilih “File” dan “Save As” untuk membuat salinan file tersebut dengan nama yang berbeda. Pada salinan baru, Anda dapat melakukan pengaturan ulang proteksi dan menghapus password yang ada.

Setelah Anda membuat salinan baru, Anda akan dapat membuka file Excel tersebut tanpa harus memasukkan password. Namun, perlu diingat bahwa semua pengaturan dan proteksi yang ada pada file asli akan hilang pada salinan baru ini.

Secara keseluruhan, memunculkan password Excel yang diproteksi bukanlah hal yang sulit jika Anda mengetahui langkah-langkah yang harus dilakukan. Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa cara yang dapat Anda coba, mulai dari menggunakan fitur unprotect sheet, VBA Macro, software pihak ketiga, hingga menghubungi pembuat file Excel. Namun, penting untuk diingat bahwa memunculkan password Excel yang diproteksi pada file yang bukan milik Anda tanpa izin merupakan tindakan ilegal dan tidak etis.

Jadi, pastikan Anda menggunakan langkah-langkah ini hanya pada file yang Anda miliki atau dengan izin dari pemilik file tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi masalah dalam memunculkan password Excel yang diproteksi.