Cara Mendapatkan Kembali File yang Terhapus dari Recycle Bin

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting dari Recycle Bin? Jika iya, jangan panik! Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan kembali file yang terhapus tersebut. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus dari Recycle Bin.

Saat sebuah file dihapus dari Recycle Bin, sebenarnya file tersebut belum benar-benar hilang dari sistem. Windows hanya menandai ruang yang ditinggalkan oleh file tersebut sebagai kosong dan siap digunakan kembali. Oleh karena itu, jika Anda segera mengambil tindakan setelah file terhapus, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikannya.

1. Menggunakan Fitur “Restore” di Recycle Bin

Windows menyediakan fitur “Restore” di Recycle Bin yang memungkinkan Anda untuk mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Caranya sangat sederhana, Anda hanya perlu membuka Recycle Bin, mencari file yang ingin dikembalikan, lalu klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Restore”. File akan kembali ke lokasi aslinya sebelum dihapus.

Jika Anda tidak dapat menemukan file yang ingin dikembalikan di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain yang dapat Anda coba untuk mendapatkan kembali file yang terhapus.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika file yang Anda cari tidak ada di Recycle Bin, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengembalikannya. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd” dan tekan Enter. Setelah Command Prompt terbuka, ketik “cd \$Recycle.Bin” dan tekan Enter. Kemudian, ketik “dir” dan tekan Enter untuk melihat daftar file yang terhapus. Terakhir, ketik “copy [nama file] [lokasi tujuan]” dan tekan Enter untuk mengembalikan file tersebut ke lokasi yang Anda inginkan.

3. Menggunakan Software Pemulihan File

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan file. Ada banyak software yang tersedia secara gratis atau berbayar yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Beberapa software populer yang dapat Anda coba adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Disk Drill. Instal software yang Anda pilih, lalu ikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan file yang terhapus.

4. Menggunakan Backup

Jika Anda memiliki kebiasaan membuat backup file secara teratur, maka Anda beruntung. Anda dapat mengembalikan file yang terhapus dengan mudah melalui backup yang telah Anda buat. Cari backup terbaru yang berisi file yang ingin Anda pulihkan, lalu salin file tersebut ke lokasi aslinya sebelum dihapus.

5. Menggunakan Layanan Cloud Storage

Jika Anda menggunakan layanan cloud storage seperti Google Drive atau Dropbox, Anda mungkin masih memiliki salinan file yang terhapus di penyimpanan cloud Anda. Buka layanan cloud storage yang Anda gunakan, cari file yang ingin Anda kembalikan, lalu unduh atau pulihkan file tersebut ke komputer Anda.

Dalam kesimpulan, kehilangan file yang penting mungkin membuat Anda panik, tetapi dengan langkah-langkah di atas, Anda masih memiliki peluang untuk mendapatkan kembali file yang terhapus dari Recycle Bin. Ingatlah untuk selalu membuat backup file secara teratur dan berhati-hati dalam menghapus file agar menghindari kehilangan data yang berharga.