Cara Mengembalikan Chat FB yang Terhapus

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana chat Anda di Facebook secara tidak sengaja terhapus? Jika iya, maka artikel ini akan memberikan solusi untuk mengembalikan chat Facebook yang terhapus. Mengembalikan chat yang terhapus dapat sangat penting, terutama jika chat tersebut berisi informasi penting atau kenangan berharga yang ingin Anda simpan. Meskipun Facebook tidak menyediakan fitur bawaan untuk mengembalikan chat yang terhapus, masih ada beberapa cara yang bisa Anda coba. Simaklah penjelasan berikut untuk mengetahui cara mengembalikan chat Facebook yang terhapus.

Sebelum kita melanjutkan, ada beberapa hal yang perlu diingat. Pertama, setelah chat dihapus, Anda hanya bisa mengembalikan chat tersebut jika telah melakukan backup chat secara teratur sebelumnya. Jadi, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur backup chat di Facebook Messenger agar dapat mengembalikan chat yang terhapus. Kedua, langkah-langkah yang akan dijelaskan di artikel ini menggunakan metode yang mungkin tidak sepenuhnya legal atau didukung oleh Facebook. Oleh karena itu, gunakanlah metode ini dengan tanggung jawab pribadi dan pertimbangkan risikonya.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara paling umum yang digunakan untuk mengembalikan chat Facebook yang terhapus adalah menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di internet yang mengklaim dapat mengembalikan chat yang terhapus. Namun, penting untuk berhati-hati dalam memilih aplikasi yang akan digunakan. Pastikan aplikasi tersebut memiliki reputasi yang baik dan banyak pengguna yang merekomendasikannya.

Biasanya, aplikasi ini memerlukan akses ke akun Facebook Anda. Setelah Anda memberikan izin akses, aplikasi tersebut akan mulai melakukan pemindaian di server Facebook untuk mencari chat yang terhapus. Proses ini mungkin memakan waktu, tergantung pada jumlah chat yang perlu dipindai. Jika aplikasi berhasil menemukan chat yang terhapus, Anda dapat memilih untuk mengembalikannya ke dalam akun Facebook Anda.

Adapun beberapa aplikasi yang populer untuk mengembalikan chat Facebook yang terhapus antara lain adalah EaseUS MobiSaver, Dr.Fone, dan DiskDigger. Namun, sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan untuk membaca ulasan pengguna dan melakukan riset lebih lanjut untuk memastikan kehandalan dan keamanan aplikasi tersebut.

2. Menggunakan Arsip Facebook

Jika Anda telah mengaktifkan fitur arsip chat di Facebook, Anda dapat mencoba mengembalikan chat yang terhapus melalui fitur ini. Fitur arsip chat memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan chat di komputer atau perangkat seluler Anda. Dengan begitu, Anda dapat mengakses chat tersebut kapan pun Anda inginkan, bahkan setelah chat tersebut terhapus.

Untuk mengembalikan chat yang terhapus melalui fitur arsip Facebook, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka Facebook di browser web dan masuk ke akun Anda.

2. Klik pada ikon panah di pojok kanan atas dan pilih “Setelan”.

3. Pilih “Salin Salinan Anda” di bagian bawah halaman.

4. Klik “Mulai Arsip” dan tunggu beberapa saat hingga arsip chat Anda selesai dibuat.

Setelah arsip chat selesai dibuat, Anda dapat melihatnya melalui “Setelan” > “Salinan Anda” > “Lihat Salinan Anda”. Di sini, Anda dapat mencari chat yang terhapus dan mengembalikannya ke dalam akun Facebook Anda.

3. Mengganti URL Chat

Metode ini memanfaatkan fitur URL chat yang unik di Facebook. Setiap chat di Facebook memiliki URL yang unik, yang dapat digunakan untuk mengakses chat tersebut secara langsung. Jika chat tersebut terhapus, Anda masih dapat mengaksesnya melalui URL tersebut, asalkan Anda memiliki tautan URL yang benar.

Untuk mengganti URL chat, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka Facebook di browser web dan masuk ke akun Anda.

2. Buka chat yang ingin Anda kembalikan yang telah terhapus.

3. Salin URL dari halaman chat tersebut.

4. Buka tab baru di browser dan tempelkan URL yang telah Anda salin.

Jika chat tersebut masih ada di server Facebook, Anda akan dapat mengaksesnya melalui URL tersebut. Namun, metode ini mungkin tidak selalu berhasil, terutama jika chat tersebut telah dihapus secara permanen oleh Facebook.

4. Menghubungi Dukungan Pelanggan Facebook

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan pelanggan Facebook untuk meminta bantuan. Meskipun kemungkinan Anda dapat mengembalikan chat yang terhapus dengan metode ini cukup kecil, namun tidak ada salahnya untuk mencobanya.

Untuk menghubungi dukungan pelanggan Facebook, Anda perlu melakukan langkah-langkah berikut:

1. Buka Facebook di browser web dan masuk ke akun Anda.

2. Klik pada ikon panah di pojok kanan atas dan pilih “Bantuan & Dukungan”.

3. Pilih “Bantuan” di bagian bawah halaman.

4. Masukkan kata kunci “mengembalikan chat yang terhapus” di kotak pencarian dan tekan Enter.

5. Jelaskan masalah Anda dengan detail dan ajukan permintaan untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Setelah Anda mengirim permintaan, tim dukungan pelanggan Facebook akan meninjau permintaan Anda. Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan mereka dapat mengembalikan chat yang terhapus sangat kecil.

5. Mencegah Kehilangan Chat di Masa Depan

Selain mencoba mengembalikan chat yang terhapus, penting juga untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar tidak kehilangan chat di masa depan. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Aktifkan fitur backup chat di Facebook Messenger atau aplikasi pihak ketiga yang Anda gunakan.

2. Lakukan backup secara teratur, terutama saat Anda memiliki chat yang penting atau berharga.

3. Simpan salinan chat di perangkat lain, seperti komputer atau perangkat seluler lainnya.

4. Hindari menghapus chat secara tidak sengaja dengan hati-hati memilih opsi “Hapus” atau menggunakan fitur “Arsip” jika Anda hanya ingin menyembunyikan chat tersebut.

5. Jaga keamanan akun Facebook Anda dengan menggunakan kata sandi yang kuat dan tidak membagikan informasi pribadi Anda kepada orang lain.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan chat Facebook yang terhapus. Namun, tetaplah berhati-hati dan tanggung jawab dalam menggunakan metode-metode ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang ingin mengembalikan chat Facebook yang terhapus. Selamat mencoba!