Cara Mengembalikan Chat Telegram yang Terhapus

Siapa yang tidak pernah mengalami kejadian menghapus chat yang sebenarnya masih dibutuhkan? Terkadang, kita melakukan kesalahan dengan menghapus chat yang penting di aplikasi Telegram. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengembalikan chat Telegram yang terhapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara detail.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan chat Telegram yang terhapus, penting untuk dicatat bahwa fitur ini hanya tersedia untuk pengguna yang telah melakukan backup data chat mereka. Jadi, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur backup di pengaturan Telegram Anda sebelumnya. Jika Anda belum melakukannya, Anda mungkin tidak dapat mengembalikan chat yang terhapus. Jadi, pastikan Anda telah mengaktifkan fitur tersebut sebelum terlambat!

1. Mengembalikan Chat dengan Menggunakan Backup Internal

Jika Anda telah mengaktifkan fitur backup di Telegram, Anda dapat dengan mudah mengembalikan chat yang terhapus melalui backup internal. Caranya sangat mudah! Pertama, pastikan Anda telah keluar dari akun Telegram Anda. Kemudian, buka pengaturan ponsel Anda dan cari folder “Telegram” di penyimpanan internal. Di dalam folder ini, Anda akan menemukan file backup dengan format “msgstore-YYYY-MM-DD.1.db.crypt12”.

Salin file backup ini dan ganti namanya menjadi “msgstore.db.crypt12”. Setelah itu, hapus aplikasi Telegram dari ponsel Anda dan instal ulang dari toko aplikasi. Setelah menginstal ulang, buka aplikasi dan masuk ke akun Anda. Telegram akan mendeteksi adanya file backup dan menawarkan untuk mengembalikan chat yang terhapus. Ikuti panduan yang diberikan, dan chat yang terhapus akan kembali dalam waktu singkat!

2. Mengembalikan Chat dengan Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak memiliki backup internal atau backup Telegram tidak berfungsi, Anda masih memiliki opsi lain untuk mengembalikan chat yang terhapus. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti “Undeleter” atau “DiskDigger” yang tersedia di toko aplikasi Anda. Aplikasi ini dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus dari penyimpanan internal ponsel Anda.

Setelah menginstal aplikasi pihak ketiga, buka aplikasi dan berikan izin akses ke penyimpanan internal ponsel Anda. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, yaitu file chat Telegram. Aplikasi akan memindai penyimpanan internal Anda dan menampilkan hasil pemindaian. Cari file chat yang ingin Anda pulihkan, dan pilih untuk memulihkannya. Aplikasi akan mengembalikan chat yang terhapus dalam waktu singkat!

3. Mengembalikan Chat dengan Menggunakan Fitur “Tinjau Pesan Terhapus”

Telegram juga memiliki fitur bawaan yang memungkinkan Anda melihat pesan yang telah dihapus oleh pengirim. Fitur ini disebut “Tinjau Pesan Terhapus” dan bisa sangat berguna untuk mengembalikan chat yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa fitur ini hanya berlaku untuk pesan yang dihapus oleh pengirim, bukan oleh penerima.

Untuk menggunakan fitur ini, cukup buka chat di Telegram dan ketuk nama pengirim. Ketuk opsi “Tinjau Pesan Terhapus” dan Anda akan melihat daftar pesan yang telah dihapus oleh pengirim. Pilih pesan yang ingin Anda kembalikan, dan chat akan muncul kembali di layar Anda. Fitur ini dapat membantu Anda mengembalikan chat yang terhapus tanpa perlu backup atau aplikasi pihak ketiga!

4. Mengembalikan Chat dengan Menggunakan Bot “Undelete”

Telegram juga memiliki bot yang dapat membantu Anda mengembalikan chat yang terhapus. Bot ini disebut “Undelete” dan dapat diakses melalui tautan https://t.me/Undelete. Untuk menggunakan bot ini, cukup kunjungi tautan tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan oleh bot. Anda akan diminta untuk memberikan akses ke akun Telegram Anda dan memilih chat yang ingin Anda pulihkan.

Berdasarkan pilihan yang Anda berikan, bot akan melakukan pemulihan chat yang terhapus dan mengirimkannya kembali ke akun Telegram Anda. Bot ini dapat menjadi solusi yang praktis dan efisien untuk mengembalikan chat yang terhapus dalam beberapa langkah sederhana!

5. Mengembalikan Chat dengan Menghubungi Dukungan Telegram

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan chat yang terhapus, Anda masih memiliki opsi terakhir untuk menghubungi dukungan Telegram. Dalam beberapa kasus, mereka dapat membantu Anda mengembalikan chat yang terhapus jika Anda dapat memberikan informasi yang cukup untuk memverifikasi kepemilikan akun Anda.

Untuk menghubungi dukungan Telegram, buka aplikasi Telegram di ponsel Anda dan buka pengaturan. Gulir ke bawah dan ketuk opsi “Tentang”. Di halaman ini, Anda akan menemukan opsi untuk mengirim pesan ke dukungan Telegram. Jelaskan situasi Anda secara detail dan sertakan informasi yang relevan, seperti nomor ponsel yang terdaftar dan alamat email terkait dengan akun Anda. Dukungan Telegram akan memeriksa permintaan Anda dan memberikan panduan lebih lanjut untuk mengembalikan chat yang terhapus jika memungkinkan.

Setelah mengetahui berbagai cara untuk mengembalikan chat Telegram yang terhapus, Anda dapat memilih metode yang sesuai dengan situasi Anda. Pastikan untuk selalu melakukan backup secara teratur dan aktifkan fitur backup di Telegram untuk menghindari kehilangan chat yang penting di masa depan. Jangan biarkan kesalahan menghapus chat menghancurkan pengalaman penggunaan Telegram Anda!