Cara Mengembalikan File Excel yang Terhapus di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file, termasuk file excel. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus file excel yang penting di dalam flashdisk dan tidak tahu cara mengembalikannya. Jangan khawatir, dalam artikel ini akan dijelaskan cara mengembalikan file excel yang terhapus di flashdisk dengan mudah.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Pertama, ketika sebuah file dihapus dari flashdisk, sebenarnya file tersebut tidak sepenuhnya hilang. File tersebut masih ada di dalam flashdisk, hanya tidak dapat dilihat oleh sistem operasi. Kedua, untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, kita memerlukan bantuan software khusus yang dapat mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus.

1. Menggunakan Software Recovery

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah menggunakan software recovery seperti Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Piriform. Software-software ini dapat mendeteksi file yang terhapus di flashdisk dan memungkinkan kita untuk mengembalikannya. Setelah mengunduh dan menginstal software recovery, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer dan buka software recovery yang telah diinstal.

2. Pilih flashdisk yang ingin di-scan untuk mencari file yang terhapus.

3. Klik tombol “Scan” atau “Start” untuk memulai proses scanning.

2. Menggunakan Command Prompt

Metode kedua yang dapat digunakan untuk mengembalikan file excel yang terhapus di flashdisk adalah menggunakan Command Prompt. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer dan buka Command Prompt.

2. Ketik perintah “chkdsk [drive_letter]: /f” (misalnya chkdsk E: /f) dan tekan Enter.

3. Tunggu proses scanning selesai. Setelah selesai, Command Prompt akan menampilkan hasil scanning.

3. Menggunakan File History

Jika Anda menggunakan komputer dengan sistem operasi Windows 8 atau yang lebih baru, Anda dapat menggunakan fitur File History untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Berikut langkah-langkahnya:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer dan buka “Control Panel”.

2. Pilih “File History” dan klik “Restore personal files”.

3. Pilih flashdisk yang ingin di-restore dan cari file excel yang terhapus.

4. Menggunakan Backup

Jika Anda memiliki backup file excel yang terhapus di flashdisk, langkah terbaik adalah mengembalikannya dari backup tersebut. Pastikan Anda memiliki backup file excel yang terbaru dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer dan buka folder backup.

2. Cari file excel yang terhapus dan salin ke flashdisk.

3. Pastikan file excel yang terhapus telah berhasil dikembalikan.

5. Menggunakan Software Data Recovery Berbayar

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan file excel yang terhapus di flashdisk, Anda dapat mencoba menggunakan software data recovery berbayar seperti Stellar Data Recovery atau Disk Drill. Software-software ini memiliki fitur yang lebih canggih dan dapat mengembalikan file yang hilang atau terhapus dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

1. Unduh dan instal software data recovery yang dipilih.

2. Buka software dan pilih flashdisk yang ingin di-scan untuk mencari file yang terhapus.

3. Ikuti petunjuk yang diberikan oleh software untuk mengembalikan file excel yang terhapus.

Kesimpulan

Menghapus file excel yang penting di flashdisk bisa menjadi masalah yang mengecewakan. Namun, dengan menggunakan metode yang telah dijelaskan di atas, Anda dapat mengembalikan file excel yang terhapus dengan mudah dan cepat. Ingatlah untuk selalu membuat backup file penting dan berhati-hati saat menghapus file di flashdisk. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!