Cara Mengembalikan File Notepad yang Terhapus

Hai semuanya, apakah Anda pernah mengalami situasi di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file notepad yang sangat penting? Jangan khawatir, Anda tidak sendirian! Banyak dari kita telah mengalami hal yang sama. Tetapi, tahukah Anda bahwa ada cara untuk mengembalikan file notepad yang terhapus? Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file notepad yang terhapus. Jadi, mari kita mulai!

Sebelum kita masuk ke detail lebih lanjut, penting untuk memahami bahwa file notepad yang terhapus tidak benar-benar hilang dari komputer Anda. Mereka masih ada di tempat penyimpanan komputer Anda, tetapi tidak dapat diakses secara langsung. Oleh karena itu, dengan menggunakan metode yang tepat, Anda dapat mengembalikan file notepad yang terhapus dengan mudah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Pemeriksaan Recycle Bin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa Recycle Bin di komputer Anda. Ketika Anda menghapus file notepad, biasanya file tersebut akan masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu sebelum dihapus secara permanen. Jadi, periksa Recycle Bin dan cari file notepad yang ingin Anda kembalikan. Jika Anda menemukannya, cukup klik kanan pada file dan pilih opsi “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi aslinya.

Jika file notepad yang ingin Anda kembalikan tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Ada metode lain yang bisa Anda coba.

2. Menggunakan File History

Jika Anda menggunakan fitur File History di Windows, Anda memiliki peluang lebih besar untuk mengembalikan file notepad yang terhapus. File History adalah fitur built-in di Windows yang secara otomatis mencadangkan file Anda ke drive eksternal atau jaringan. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka File Explorer dan pergi ke folder di mana file notepad yang terhapus sebelumnya disimpan.

2. Klik kanan di area kosong dan pilih “Restore previous versions” dari menu yang muncul.

3. Akan muncul daftar versi sebelumnya dari folder tersebut. Cari versi yang mengandung file notepad yang ingin Anda kembalikan.

3. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi lain untuk mencoba mengembalikan file notepad yang terhapus menggunakan software pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia secara online, beberapa di antaranya bahkan gratis. Namun, pastikan Anda mendownload dan menginstal software yang terpercaya dan dapat diandalkan. Setelah Anda menginstal software tersebut, ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan file notepad yang terhapus.

4. Penggunaan Command Prompt

Jika Anda merasa nyaman menggunakan Command Prompt, Anda juga dapat mencoba mengembalikan file notepad yang terhapus dengan menggunakan perintah khusus. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

2. Pada Command Prompt, ketik perintah “cd\” untuk pindah ke direktori utama.

3. Selanjutnya, ketik perintah “cd $Recycle.Bin” untuk masuk ke folder Recycle Bin.

4. Cari folder dengan nama unik yang terletak di dalam folder $Recycle.Bin. Anda dapat menggunakan perintah “dir” untuk melihat daftar folder.

5. Setelah Anda menemukan folder yang tepat, masuk ke dalamnya dengan menggunakan perintah “cd FolderName”.

6. Sekarang, ketik perintah “dir” untuk melihat daftar file yang ada di dalam folder tersebut.

7. Cari file notepad yang ingin Anda kembalikan, dan ketik perintah “copy NamaFile.txt C:\NamaFolder\NamaFile.txt” untuk mengembalikannya ke lokasi yang diinginkan.

5. Konsultasikan dengan Ahli

Jika metode-metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak merasa nyaman melakukannya sendiri, Anda selalu dapat menghubungi ahli yang berpengalaman dalam pemulihan data. Mereka akan dapat membantu Anda dalam mengembalikan file notepad yang terhapus dengan menggunakan teknik-teknik lanjutan. Namun, perlu diingat bahwa jasa pemulihan data mungkin memerlukan biaya tambahan.

Dalam kesimpulan, tidak perlu panik ketika Anda secara tidak sengaja menghapus file notepad yang penting. Ada beberapa cara untuk mengembalikannya, seperti memeriksa Recycle Bin, menggunakan File History, menggunakan software pemulihan data, menggunakan Command Prompt, atau menghubungi ahli pemulihan data. Pastikan Anda selalu membuat salinan cadangan file notepad Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data di masa depan. Semoga panduan ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengembalikan file notepad yang terhapus!