Cara Mengembalikan File yang Baru Terhapus di Laptop

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di laptop Anda? Jika iya, maka Anda tidak sendirian. Banyak orang mengalami hal serupa dan merasa putus asa karena merasa file-file tersebut telah hilang selamanya. Namun, ada berbagai cara untuk mengembalikan file yang baru terhapus di laptop Anda. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file-file yang terhapus dengan cepat dan mudah.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang baru terhapus di laptop, penting untuk diingat bahwa tindakan pertama yang harus Anda lakukan adalah berhenti menggunakan laptop tersebut segera setelah Anda menyadari bahwa file telah terhapus. Hal ini dikarenakan setiap kali Anda menggunakan laptop, Anda dapat menulis file baru ke dalam hard drive yang dapat menggantikan tempat di mana file yang terhapus sebelumnya berada. Semakin lama Anda menggunakan laptop, semakin kecil kemungkinan untuk mengembalikan file tersebut. Jadi, segera hentikan penggunaan laptop dan ikuti langkah-langkah berikut untuk mengembalikan file yang baru terhapus di laptop Anda.

1. Menggunakan Recycle Bin

Saat Anda menghapus file di laptop Anda, file tersebut sebenarnya tidak langsung terhapus secara permanen dari hard drive. Secara default, file-file yang dihapus akan masuk ke Recycle Bin. Jadi, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah membuka Recycle Bin dan mencari file yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda menemukan file yang dihapus, cukup klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi aslinya di laptop Anda.

Jika file yang ingin Anda pulihkan tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file-file tersebut. Berikut ini adalah beberapa metode lain yang dapat Anda gunakan:

2. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika file yang ingin Anda pulihkan tidak ada di Recycle Bin, Anda dapat menggunakan software pemulihan data untuk membantu mengembalikan file-file tersebut. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia secara gratis atau berbayar di internet. Software-software ini dapat mendeteksi dan mengembalikan file-file yang terhapus dari hard drive Anda. Beberapa software populer yang dapat Anda coba adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery. Setelah Anda mengunduh dan menginstal software pemulihan data, ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan data.

Perlu diingat bahwa semakin cepat Anda menggunakan software pemulihan data setelah file dihapus, semakin besar kemungkinan untuk mengembalikan file tersebut. Jadi, segera lakukan langkah ini setelah menemukan bahwa file yang ingin Anda pulihkan tidak ada di Recycle Bin.

3. Mencari File di Backup

Jika Anda memiliki kebiasaan melakukan backup file secara rutin, maka Anda beruntung. Anda dapat mencari file yang ingin Anda pulihkan di backup terakhir yang Anda buat. Buka folder backup Anda dan cari file yang hilang. Jika Anda menemukan file yang dihapus, cukup salin file tersebut dan tempatkan di lokasi yang diinginkan di laptop Anda.

Jika Anda belum memiliki kebiasaan melakukan backup file secara rutin, kami sangat menyarankan Anda untuk memulai kebiasaan ini segera. Dengan melakukan backup file secara rutin, Anda dapat menghindari kekhawatiran kehilangan file yang penting di masa depan.

4. Menggunakan Fitur “Restore Previous Versions”

Jika Anda menggunakan sistem operasi Windows, Anda dapat menggunakan fitur “Restore Previous Versions” untuk mengembalikan file yang baru terhapus di laptop Anda. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses versi sebelumnya dari file atau folder yang telah dihapus atau diubah. Untuk menggunakan fitur ini, cukup klik kanan pada file atau folder yang ingin Anda pulihkan, pilih “Properties”, dan buka tab “Previous Versions”. Di sana, Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari file atau folder tersebut. Pilih versi yang ingin Anda pulihkan dan klik “Restore” untuk mengembalikannya.

Fitur “Restore Previous Versions” tidak tersedia di semua versi Windows. Jadi, pastikan Anda menggunakan versi Windows yang mendukung fitur ini sebelum mencobanya.

5. Menghubungi Profesional Pemulihan Data

Jika semua metode di atas gagal atau Anda merasa terlalu sulit untuk melakukannya sendiri, Anda dapat menghubungi profesional pemulihan data. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan pemulihan data dengan menggunakan perangkat khusus dan teknik pemulihan yang canggih. Meskipun biaya untuk layanan ini mungkin cukup mahal, tetapi jika file yang ingin Anda pulihkan sangat penting, maka ini mungkin menjadi pilihan terbaik untuk Anda.

Sebagai kesimpulan, menghapus file yang penting di laptop Anda bukanlah akhir dari segalanya. Dengan menggunakan beberapa metode yang telah kami jelaskan di atas, Anda masih memiliki peluang untuk mengembalikan file-file yang baru terhapus. Ingatlah untuk segera berhenti menggunakan laptop setelah menyadari bahwa file telah terhapus, dan segera ikuti langkah-langkah yang kami berikan. Semoga Anda berhasil mengembalikan file yang Anda cari!