Cara Mengembalikan File yang Hilang dengan EaseUS Data Recovery Wizard

Hilangnya file penting di komputer atau perangkat penyimpanan lainnya dapat menjadi momen yang sangat menyebalkan. Namun, jangan khawatir! Ada solusi yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang dengan mudah, yaitu menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard.

EaseUS Data Recovery Wizard adalah sebuah perangkat lunak yang dirancang khusus untuk memulihkan file yang hilang atau terhapus dari berbagai jenis perangkat penyimpanan seperti hard drive, flash drive, kartu memori, dan banyak lagi. Dengan antarmuka yang intuitif, perangkat lunak ini dapat digunakan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun.

1. Langkah Pertama: Unduh dan Instal EaseUS Data Recovery Wizard

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengunduh dan menginstal EaseUS Data Recovery Wizard di komputer Anda. Anda dapat mengunduh versi gratis perangkat lunak ini dari situs web resmi EaseUS atau memilih untuk mengunduh versi berbayar yang menawarkan fitur tambahan.

Setelah selesai mengunduh, ikuti petunjuk instalasi yang muncul di layar Anda. Setelah berhasil diinstal, Anda siap untuk memulai proses pemulihan file yang hilang.

2. Memilih Lokasi dan Jenis File yang Hilang

Setelah Anda membuka EaseUS Data Recovery Wizard, Anda akan disambut dengan antarmuka yang user-friendly. Pada tahap ini, Anda perlu memilih lokasi di mana file Anda hilang. Ini bisa berupa hard drive, partisi, folder, atau direktori tertentu. Pilih lokasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan. Anda dapat memilih untuk mengembalikan semua jenis file atau memilih jenis file tertentu seperti foto, video, dokumen, atau audio. Pilih opsi yang paling relevan dengan kebutuhan Anda.

3. Memulai Proses Pemulihan

Setelah Anda memilih lokasi dan jenis file, klik tombol “Scan” untuk memulai proses pemindaian. EaseUS Data Recovery Wizard akan mulai memindai perangkat penyimpanan yang dipilih untuk mencari file yang hilang.

Proses pemindaian mungkin memerlukan waktu beberapa menit tergantung pada ukuran dan kecepatan perangkat penyimpanan Anda. Anda dapat melihat kemajuan pemindaian di layar dan membatalkannya kapan saja jika Anda telah menemukan file yang hilang.

Setelah pemindaian selesai, EaseUS Data Recovery Wizard akan menampilkan daftar file yang ditemukan. Anda dapat melihat pratinjau file dan memilih file yang ingin Anda pulihkan. Setelah Anda memilih file yang ingin dipulihkan, klik tombol “Recover” untuk memulai proses pemulihan.

4. Menyimpan File yang Dipulihkan

Setelah proses pemulihan selesai, Anda akan diminta untuk memilih lokasi di mana Anda ingin menyimpan file yang dipulihkan. Disarankan untuk menyimpan file tersebut di tempat yang berbeda dengan lokasi aslinya untuk menghindari kehilangan data yang lebih lanjut.

Pilih lokasi yang sesuai, dan tunggu hingga proses penyimpanan selesai. Setelah selesai, Anda dapat membuka lokasi penyimpanan tersebut dan menemukan file yang hilang telah pulih dengan sukses.

5. Tips untuk Mencegah Kehilangan File di Masa Depan

Meskipun EaseUS Data Recovery Wizard dapat menjadi penyelamat saat file Anda hilang, lebih baik mencegah daripada mengobati. Berikut adalah beberapa tips untuk mencegah kehilangan file di masa depan:

1. Backup secara teratur: Selalu buat salinan cadangan file penting Anda secara teratur. Anda dapat menggunakan layanan cloud atau perangkat penyimpanan eksternal untuk menyimpan file backup Anda.

2. Hindari penghapusan yang tidak disengaja: Hati-hati saat menghapus file. Pastikan Anda memilih file yang benar sebelum menghapusnya. Selain itu, pastikan juga Anda tidak menghapus file yang diperlukan oleh sistem operasi atau program lainnya.

3. Gunakan perangkat penyimpanan yang handal: Pilih perangkat penyimpanan yang handal dan berkualitas baik. Jangan menggunakan perangkat penyimpanan yang rusak atau tidak dapat diandalkan.

Dalam kesimpulan, EaseUS Data Recovery Wizard adalah solusi yang efektif untuk mengembalikan file yang hilang. Dengan langkah-langkah sederhana, Anda dapat memulihkan file yang hilang dengan cepat dan mudah. Ingatlah untuk selalu melakukan backup file secara teratur dan berhati-hati saat menghapus file untuk mencegah kehilangan data di masa depan.