Cara Mengembalikan File yang Hilang di Pendrive

Apakah Anda pernah mengalami kejadian dimana file-file penting Anda tiba-tiba hilang di pendrive? Jika iya, jangan panik! Kehilangan file di pendrive bukanlah hal yang tak dapat diatasi. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang hilang di pendrive. Dalam artikel ini, kami akan memberikan informasi yang detail dan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang hilang di pendrive, ada baiknya kita memahami penyebab yang mungkin menyebabkan file hilang. Salah satu penyebab umum adalah kesalahan manusia, seperti menghapus file secara tidak sengaja atau melakukan format pada pendrive tanpa sengaja. Selain itu, virus atau malware juga dapat menyebabkan file hilang. Kerusakan fisik pada pendrive juga dapat menjadi penyebab hilangnya file. Dengan memahami penyebabnya, kita dapat menentukan langkah yang tepat untuk mengatasi masalah ini.

1. Menggunakan Recuva

Recuva adalah salah satu software yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang di pendrive. Software ini dapat memulihkan file yang telah terhapus, terformat, atau hilang akibat kerusakan fisik. Anda dapat mengunduh dan menginstal Recuva dari situs resminya. Setelah itu, jalankan software tersebut dan pilih pendrive yang ingin Anda pulihkan. Recuva akan melakukan pemindaian pada pendrive dan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, kemudian klik tombol “Recover” untuk memulihkannya.

Recuva juga memiliki fitur untuk memulihkan file yang hilang pada partisi yang telah diformat. Jika Anda telah melakukan format pada pendrive, Anda dapat memilih opsi “Enable Deep Scan” saat menggunakan Recuva. Fitur ini akan melakukan pemindaian yang lebih mendalam dan dapat menemukan file yang mungkin tidak terlihat dengan pemindaian biasa.

2. Menggunakan CMD

Jika Anda lebih memilih menggunakan command prompt (CMD), Anda juga dapat mengembalikan file yang hilang di pendrive melalui CMD. Pertama, hubungkan pendrive ke komputer Anda. Kemudian, buka command prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu ketik “cmd” dan tekan Enter. Pada jendela command prompt, ketik perintah “chkdsk /f [drive letter]:” dan tekan Enter. Gantilah “[drive letter]” dengan huruf drive yang terkait dengan pendrive Anda. Command prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan yang ada pada pendrive. Setelah proses tersebut selesai, coba periksa apakah file yang hilang telah pulih.

Anda juga dapat menggunakan perintah “attrib -h -r -s /s /d [drive letter]:\*.*” untuk mengembalikan file yang tersembunyi di pendrive. Perintah ini akan menghapus atribut tersembunyi, baca saja, dan sistem yang mungkin telah diberikan pada file yang hilang.

3. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Ada banyak software pihak ketiga yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang hilang di pendrive. Beberapa software populer termasuk EaseUS Data Recovery Wizard, Stellar Data Recovery, dan MiniTool Power Data Recovery. Software-software tersebut memiliki antarmuka yang user-friendly dan dapat memulihkan berbagai jenis file yang hilang, seperti foto, video, dokumen, dan lain sebagainya. Anda dapat mengunduh software pilihan Anda dari situs resminya, menginstalnya, dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan file yang hilang di pendrive Anda.

Pastikan Anda memilih software yang terpercaya dan memiliki reputasi baik. Selain itu, hindari menginstal software dari sumber yang tidak dikenal, karena dapat membahayakan keamanan data Anda.

4. Mencegah Kehilangan File di Pendrive

Sebagai langkah pencegahan, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk menghindari kehilangan file di pendrive. Pertama, selalu pastikan untuk melakukan backup file secara teratur. Anda dapat membuat salinan file-file penting Anda ke komputer, cloud storage, atau media penyimpanan lainnya. Selain itu, hindari menghapus file dengan sembarangan dan pastikan Anda telah mencadangkan file-file tersebut sebelumnya. Selalu pastikan untuk menggunakan perangkat lunak antivirus yang terpercaya dan rutin memindai pendrive Anda untuk mencegah serangan virus atau malware.

Jika Anda tidak yakin dengan kondisi fisik pendrive Anda, sebaiknya hindari menggunakannya. Jangan menyimpan file-file penting hanya di pendrive, tetapi buatlah salinan di tempat penyimpanan lain yang lebih aman. Dengan melakukan langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko kehilangan file di pendrive.

5. Menghubungi Ahli Pemulihan Data

Jika semua cara di atas masih belum mampu mengembalikan file yang hilang di pendrive Anda, mungkin sudah waktunya untuk menghubungi ahli pemulihan data. Ahli pemulihan data memiliki perangkat dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengatasi masalah kehilangan data yang lebih kompleks. Mereka dapat membantu Anda dalam memulihkan file yang hilang di pendrive dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi.

Namun, perlu diingat bahwa menggunakan jasa ahli pemulihan data dapat cukup mahal. Oleh karena itu, pastikan Anda mempertimbangkan dengan baik dan mengevaluasi pentingnya file yang hilang sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa mereka.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang hilang di pendrive. Mulai dari menggunakan software seperti Recuva atau software pihak ketiga, hingga menggunakan command prompt atau menghubungi ahli pemulihan data, pilihan ada di tangan Anda. Selalu ingat untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar dapat menghindari kehilangan file di pendrive. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang sedang menghadapi masalah kehilangan file di pendrive.