Cara Mengembalikan File yang Hilang Setelah Update Windows 10

Setelah melakukan update Windows 10, seringkali kita mengalami kehilangan file yang penting. Hal ini bisa menjadi masalah besar, terutama jika file yang hilang tersebut memiliki nilai yang tinggi bagi pengguna. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikan file yang hilang setelah update Windows 10. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengatasi masalah ini. Simak selengkapnya di bawah ini!

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa langkah-langkah yang akan dijelaskan di bawah ini tidak menjamin pemulihan 100% dari setiap file yang hilang. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan file yang hilang dan mengurangi kerugian yang mungkin terjadi. Jadi, mari kita mulai dan pelajari cara mengembalikan file yang hilang setelah update Windows 10.

1. Periksa Folder Temporer

Jika Anda mengalami kehilangan file setelah update Windows 10, langkah pertama yang harus Anda coba adalah memeriksa folder temporer. Saat melakukan update, Windows sering membuat salinan file lama dan menyimpannya di folder temporer. Untuk mengakses folder ini, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

Pertama, buka File Explorer dengan menekan tombol Windows + E. Kemudian, pada panel kiri, klik “This PC” atau “Komputer ini”. Setelah itu, cari dan klik dua kali pada drive sistem Anda, biasanya bernama “C:” atau “Local Disk (C:)”. Setelah masuk ke drive sistem, cari folder dengan nama “Windows.old” atau “Windows.old.000” dan buka folder tersebut. Di dalam folder ini, Anda mungkin akan menemukan file yang hilang setelah update Windows 10. Coba cari file yang Anda inginkan dan salin ke lokasi yang aman.

Jika Anda tidak menemukan folder “Windows.old” atau tidak menemukan file yang hilang di dalamnya, tidak perlu khawatir. Masih ada beberapa langkah lain yang dapat Anda ikuti untuk mencoba mengembalikan file yang hilang setelah update Windows 10.

2. Gunakan Fitur Pemulihan Windows

Jika langkah pertama tidak berhasil mengembalikan file yang hilang, Anda dapat mencoba menggunakan fitur pemulihan Windows. Fitur ini dapat membantu Anda mengembalikan sistem ke keadaan sebelum update Windows 10 dilakukan. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

Pertama, buka Pengaturan dengan menekan tombol Windows + I. Setelah itu, klik “Update & Security” dan pilih “Recovery” dari menu sebelah kiri. Di bagian “Recovery”, klik “Get started” di bawah “Go back to the previous version of Windows 10”. Setelah itu, ikuti instruksi yang ditampilkan di layar untuk menyelesaikan proses pemulihan. Setelah pemulihan selesai, periksa apakah file yang hilang sudah berhasil dipulihkan.

Jika pemulihan Windows tidak berhasil mengembalikan file yang hilang, ada beberapa langkah lain yang dapat Anda coba. Simak terus artikel ini untuk mengetahui langkah-langkah selanjutnya.

3. Gunakan Software Pemulihan Data

Jika file yang hilang sangat penting dan tidak dapat ditemukan dengan langkah-langkah sebelumnya, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak software pemulihan data yang dapat Anda temukan secara online, beberapa di antaranya gratis dan yang lainnya berbayar. Berikut adalah langkah-langkah umum yang dapat Anda lakukan untuk menggunakan software pemulihan data:

Pertama, unduh dan pasang software pemulihan data yang Anda pilih. Setelah itu, jalankan software tersebut dan ikuti instruksi yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Pilih drive atau lokasi di mana file yang hilang seharusnya berada, lalu tunggu sampai software menyelesaikan proses pemulihan. Setelah selesai, periksa apakah file yang hilang sudah berhasil dipulihkan.

Perlu diingat bahwa tidak semua software pemulihan data dapat mengembalikan file dengan sempurna. Namun, dengan mencoba beberapa opsi yang tersedia, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan file yang hilang setelah update Windows 10.

4. Cek Backup Eksternal atau Cloud

Jika Anda telah menggunakan backup eksternal atau cloud sebelum melakukan update Windows 10, langkah terbaik adalah memeriksa backup tersebut. Buka backup eksternal atau akses cloud storage yang Anda gunakan sebelumnya dan periksa apakah file yang hilang ada di sana. Jika ada, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file tersebut ke komputer Anda.

Jika Anda tidak memiliki backup eksternal atau cloud, ini bisa menjadi pelajaran berharga untuk melakukannya di masa depan. Membuat salinan cadangan file yang penting sangat penting untuk menghindari kehilangan data yang tidak terduga.

5. Minta Bantuan Profesional

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan file yang hilang, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah meminta bantuan profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa pemulihan data, yang memiliki peralatan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengembalikan file yang hilang. Namun, perlu diingat bahwa jasa ini biasanya memiliki biaya yang cukup tinggi, tergantung pada tingkat kerumitan pemulihan yang diperlukan.

Sebelum memilih perusahaan pemulihan data, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan reputasi dan keandalan mereka. Anda juga dapat meminta rekomendasi dari teman atau keluarga yang pernah mengalami masalah serupa. Ingatlah bahwa pemulihan data profesional mungkin menjadi langkah terakhir yang perlu diambil, dan sebaiknya dilakukan setelah mencoba semua langkah pemulihan yang telah dijelaskan sebelumnya.

Dalam kesimpulannya, kehilangan file setelah update Windows 10 bisa menjadi masalah yang sangat menjengkelkan. Namun, dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan file yang hilang. Selalu ingat untuk melakukan backup data secara teratur dan mempertimbangkan untuk menggunakan software pemulihan data pihak ketiga sebagai langkah pencegahan. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah ini. Selamat mencoba!