Cara Mengembalikan File yang Sudah Terhapus di Google Drive

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang sangat populer. Dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file, seperti dokumen, foto, video, dan banyak lagi. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus file yang penting dan ingin mengembalikannya. Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas cara mengembalikan file yang sudah terhapus di Google Drive.

Saat kita menghapus file di Google Drive, file tersebut sebenarnya tidak langsung dihapus secara permanen. Google Drive menyimpan file yang dihapus di folder “Sampah” selama 30 hari. Jadi, jika kita baru saja menghapus file dan ingin mengembalikannya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memeriksa folder “Sampah”.

1. Memulihkan File dari Folder Sampah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa folder “Sampah” di Google Drive. Caranya cukup mudah, kita hanya perlu membuka Google Drive, dan di panel sebelah kiri, kita akan melihat opsi “Sampah”. Klik opsi ini, dan kita akan melihat semua file yang telah dihapus. Untuk mengembalikan file, kita hanya perlu mengklik kanan file yang ingin dikembalikan, lalu pilih opsi “Pulihkan”. File akan dikembalikan ke lokasi aslinya di Google Drive.

Setelah 30 hari, file yang ada di folder “Sampah” akan dihapus secara permanen. Jadi, jika file yang ingin dikembalikan telah ada di folder “Sampah” selama lebih dari 30 hari, kita perlu mencari cara lain untuk mengembalikannya. Jangan khawatir, masih ada beberapa cara untuk mencoba mengembalikan file yang sudah terhapus di Google Drive.

2. Menggunakan Fitur “Versi Sebelumnya”

Google Drive memiliki fitur yang disebut “Versi Sebelumnya” yang memungkinkan pengguna mengakses versi sebelumnya dari file yang tersimpan di Google Drive. Fitur ini sangat berguna jika kita mengedit atau memodifikasi file secara teratur. Untuk menggunakan fitur ini, kita hanya perlu mengklik kanan file yang ingin dikembalikan, pilih opsi “Versi Sebelumnya”, dan kita akan melihat daftar versi sebelumnya dari file tersebut. Pilih versi yang ingin dikembalikan, dan file akan diperbarui ke versi tersebut.

Fitur “Versi Sebelumnya” pada Google Drive tidak selalu tersedia untuk semua jenis file. Jadi, jika fitur ini tidak muncul ketika kita mengklik kanan file, ada beberapa cara lain yang dapat kita coba untuk mengembalikan file yang sudah terhapus di Google Drive.

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika kedua langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang sudah terhapus, kita dapat mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga. Ada beberapa aplikasi yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus di Google Drive. Kita dapat mencari aplikasi ini melalui pencarian di internet dan mengikuti petunjuk yang diberikan untuk mengembalikan file yang hilang.

Sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa kepercayaan dan reputasi aplikasi tersebut. Baca ulasan pengguna dan pastikan aplikasi tersebut aman dan dapat diandalkan sebelum menginstalnya.

4. Menggunakan Google Drive API

Jika kita memiliki pengetahuan tentang pemrograman, kita juga dapat menggunakan Google Drive API untuk mengembalikan file yang sudah terhapus. Google Drive API memungkinkan pengembang untuk mengakses dan memanipulasi data di Google Drive. Dengan menggunakan Google Drive API, kita dapat membuat skrip khusus yang dapat mengembalikan file yang terhapus berdasarkan kriteria tertentu.

Namun, menggunakan Google Drive API memerlukan pemahaman yang mendalam tentang pemrograman dan pengembangan aplikasi. Jika tidak memiliki pengetahuan yang cukup, lebih baik mencoba cara-cara sebelumnya atau meminta bantuan kepada seseorang yang memiliki pengetahuan tentang pemrograman.

5. Menghubungi Dukungan Google Drive

Jika semua langkah di atas tidak berhasil mengembalikan file yang sudah terhapus, langkah terakhir yang dapat kita lakukan adalah menghubungi dukungan Google Drive. Kita dapat mengirim permintaan bantuan melalui halaman dukungan Google Drive dan menjelaskan masalah yang kita hadapi. Tim dukungan Google Drive akan membantu kita dengan masalah yang ada dan memberikan saran atau solusi yang sesuai.

Ingatlah bahwa proses mengembalikan file yang sudah terhapus tergantung pada berbagai faktor, seperti berapa lama file telah dihapus dan apakah telah dilakukan tindakan lain setelah penghapusan file. Jadi, penting untuk mengambil tindakan secepat mungkin jika kita ingin mengembalikan file yang sudah terhapus di Google Drive.