Cara Mengembalikan File yang Telah Terhapus di Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang sering digunakan untuk menyimpan berbagai jenis file. Namun, tidak jarang kita mengalami kejadian di mana file yang kita butuhkan secara tidak sengaja terhapus di flashdisk. Apakah Anda pernah mengalami hal tersebut? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas cara mengembalikan file yang telah terhapus di flashdisk.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, perlu diingat bahwa ketika file terhapus, sebenarnya file tersebut masih ada di dalam flashdisk. Hanya saja, akses ke file tersebut dihapus sehingga tidak terlihat. Oleh karena itu, kita masih memiliki peluang untuk mengembalikan file yang telah terhapus tersebut.

1. Menggunakan Recycle Bin

Recycle Bin adalah tempat penyimpanan sementara file yang telah dihapus di sistem operasi Windows. Jika Anda menggunakan flashdisk di komputer dengan sistem operasi Windows, cek terlebih dahulu apakah file yang Anda cari masih ada di Recycle Bin. Caranya cukup mudah, buka Recycle Bin dan cari file yang ingin Anda kembalikan. Jika file tersebut masih ada, klik kanan dan pilih “Restore” untuk mengembalikannya ke lokasi asal.

Jika file yang Anda cari tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa cara lain untuk mengembalikannya.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika metode pertama tidak berhasil, kita dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang telah terhapus di flashdisk. Buka Command Prompt dengan cara mengetik “cmd” di kotak pencarian Windows dan pilih “Command Prompt”. Setelah itu, ketik perintah “chkdsk /f [drive]:”, gantilah [drive] dengan huruf drive dari flashdisk Anda. Tekan Enter untuk menjalankan perintah ini. Command Prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada flashdisk. Setelah selesai, coba cek kembali apakah file yang ingin Anda kembalikan sudah muncul.

Jika masih belum berhasil, kita dapat mencoba metode berikutnya.

3. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil, kita dapat menggunakan software pemulihan data untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Beberapa software yang direkomendasikan antara lain Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery.

Untuk menggunakan software pemulihan data, instal software tersebut di komputer Anda dan ikuti langkah-langkah yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih drive atau lokasi penyimpanan yang ingin di-scan. Setelah proses scanning selesai, software akan menampilkan daftar file yang dapat dikembalikan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan ikuti petunjuk selanjutnya untuk menyelesaikan proses pemulihan.

4. Menggunakan Backup

Selain menggunakan Recycle Bin, Command Prompt, atau software pemulihan data, kita juga dapat mencoba mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan backup. Jika Anda memiliki kebiasaan membuat backup secara rutin, cek apakah file yang ingin Anda kembalikan ada di backup tersebut. Jika ada, cukup kopi file tersebut dari backup ke flashdisk Anda.

Jika Anda tidak memiliki backup, kita dapat mencoba metode terakhir.

5. Menghubungi Ahli Pemulihan Data

Jika semua metode di atas tidak berhasil atau Anda tidak memiliki waktu atau pengetahuan yang cukup, Anda dapat mencari bantuan dari ahli pemulihan data profesional. Mereka memiliki peralatan dan pengetahuan yang lebih mendalam dalam mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Namun, perlu diingat bahwa jasa pemulihan data bisa cukup mahal, tergantung pada kompleksitas dan ukuran file yang akan diambil kembali.

Dalam mengembalikan file yang telah terhapus di flashdisk, penting untuk menghindari melakukan penulisan atau penghapusan data baru di flashdisk tersebut. Hal ini dapat mengurangi peluang pemulihan data yang sukses. Jadi, segera lakukan langkah-langkah di atas jika Anda ingin mengembalikan file yang telah terhapus di flashdisk.