Cara Mengembalikan File yang Terhapus dari Memory Card

Saat ini, banyak orang yang mengandalkan memory card untuk menyimpan file seperti foto, video, dan dokumen penting. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus file yang berada di memory card dan merasa putus asa karena kehilangan file yang berharga. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus dari memory card. Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa kemungkinan pemulihan file yang terhapus bergantung pada beberapa faktor, seperti seberapa cepat Anda bertindak setelah file terhapus dan apakah file tersebut ditimpa oleh data baru. Semakin cepat Anda bertindak, semakin besar peluang Anda untuk mengembalikan file yang terhapus. Jadi, jika Anda menyadari bahwa file Anda telah terhapus, segera berhenti menggunakan memory card tersebut dan ikuti langkah-langkah berikut:

1. Menggunakan Perangkat Lunak Pemulihan Data

Jika Anda ingin menggunakan metode yang relatif mudah dan cepat, Anda bisa mencoba menggunakan perangkat lunak pemulihan data. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dari memory card. Cara kerjanya adalah dengan memindai memory card Anda untuk mencari jejak file yang terhapus dan memulihkannya. Beberapa perangkat lunak bahkan memiliki fitur pemulihan yang lebih canggih, seperti kemampuan untuk memulihkan file yang rusak.

Untuk menggunakan perangkat lunak pemulihan data ini, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya pada komputer Anda, kemudian sambungkan memory card Anda ke komputer melalui card reader. Buka perangkat lunak tersebut, pilih memory card yang ingin Anda pulihkan, dan ikuti petunjuk yang diberikan. Setelah proses pemulihan selesai, Anda dapat melihat hasilnya dan memilih file yang ingin Anda pulihkan.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda lebih mahir dalam penggunaan command prompt, Anda dapat mencoba menggunakan metode ini. Command prompt adalah sebuah program di Windows yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui baris perintah. Untuk mengembalikan file yang terhapus dari memory card menggunakan command prompt, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Sambungkan memory card ke komputer menggunakan card reader.

2. Buka command prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter.

3. Ketik perintah “chkdsk /f [drive letter]:”, gantilah “[drive letter]” dengan huruf drive yang terkait dengan memory card Anda. Misalnya, jika memory card Anda terdeteksi sebagai drive E, maka ketik “chkdsk /f E:”.

4. Tekan Enter dan tunggu hingga proses selesai. Command prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada memory card Anda.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan File di Smartphone

Jika Anda lebih suka menggunakan smartphone daripada komputer, Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan file yang tersedia di toko aplikasi. Beberapa aplikasi pemulihan file yang populer adalah DiskDigger, MobiSaver, dan Dumpster. Cara kerjanya mirip dengan perangkat lunak pemulihan data pada komputer, yaitu dengan memindai memory card Anda untuk mencari file yang terhapus dan memulihkannya.

Untuk menggunakan aplikasi pemulihan file ini, Anda hanya perlu mengunduh dan menginstalnya melalui toko aplikasi. Buka aplikasi tersebut, pilih memory card yang ingin Anda pulihkan, dan ikuti petunjuk yang diberikan. Setelah proses pemulihan selesai, Anda dapat melihat hasilnya dan memilih file yang ingin Anda pulihkan.

4. Membawa ke Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas gagal atau jika Anda merasa tidak memiliki cukup pengetahuan teknis untuk melakukannya sendiri, Anda selalu dapat membawa memory card Anda ke layanan pemulihan data profesional. Layanan ini biasanya dilakukan oleh perusahaan yang memiliki peralatan dan keahlian khusus dalam memulihkan data yang hilang. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini mungkin memerlukan biaya yang cukup mahal tergantung pada tingkat kerusakan dan kompleksitas pemulihan data yang diperlukan.

Jika Anda memutuskan untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional, pastikan untuk memilih perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Baca ulasan pelanggan sebelumnya dan jangan ragu untuk menghubungi perusahaan tersebut untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang proses dan biaya yang terkait.

5. Mencegah Kehilangan Data di Masa Depan

Tentu saja, lebih baik mencegah daripada mengobati. Untuk mencegah kehilangan data di masa depan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Selalu melakukan pencadangan data secara teratur. Buatlah salinan file yang penting dan simpanlah di tempat yang aman, seperti hard drive eksternal atau layanan cloud.

2. Hindari menghapus file secara sembarangan. Periksa kembali file yang akan Anda hapus dan pastikan tidak ada file yang penting sebelum Anda menghapusnya.

3. Gunakan perangkat lunak keamanan yang dapat melindungi data Anda dari serangan virus dan malware.

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa metode yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus dari memory card. Ingatlah bahwa kemungkinan pemulihan file tergantung pada banyak faktor, jadi segeralah bertindak setelah Anda menyadari file Anda telah terhapus. Jika Anda tidak dapat mengembalikan file Anda sendiri, Anda selalu dapat mencari bantuan dari layanan pemulihan data profesional. Tetapi yang terpenting, jangan lupa untuk selalu melakukan pencadangan data secara teratur dan berhati-hati saat menggunakan memory card Anda untuk menghindari kehilangan data di masa depan.