Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan CMD

Apakah Anda pernah menghapus file penting secara tidak sengaja? Jika ya, jangan khawatir karena ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Command Prompt (CMD). CMD adalah salah satu alat yang kuat yang tersedia di Windows dan dapat digunakan untuk memulihkan file yang telah dihapus. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus dengan CMD.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa menggunakan CMD untuk mengembalikan file yang terhapus tidak selalu berhasil. Terkadang, file yang dihapus terlalu rusak untuk dipulihkan, terutama jika telah terhapus untuk waktu yang lama atau telah terkena kerusakan fisik. Namun, jika Anda segera bertindak setelah file dihapus, ada kemungkinan besar bahwa Anda dapat mengembalikan file tersebut dengan sukses.

1. Buka Command Prompt

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt. Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol Windows + R secara bersamaan untuk membuka jendela “Run”. Ketik “cmd” (tanpa tanda kutip) dan tekan Enter. Ini akan membuka Command Prompt.

Setelah Command Prompt terbuka, pastikan Anda menjalankannya sebagai administrator karena kita akan melakukan operasi yang memerlukan izin administratif.

Setelah Command Prompt terbuka, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka lokasi folder di mana file yang ingin Anda pulihkan terletak. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah “cd” (change directory) diikuti dengan jalur folder. Misalnya, jika file yang ingin Anda pulihkan berada di folder “Dokumen” di drive C, Anda dapat mengetikkan perintah berikut: “cd C:\Dokumen” dan tekan Enter. Ini akan membuka folder “Dokumen” di drive C.

2. Gunakan Perintah “dir” untuk Melihat File yang Terhapus

Setelah Anda berada di folder yang tepat, gunakan perintah “dir” untuk melihat daftar file yang terhapus di dalam folder tersebut. Perintah ini akan menampilkan semua file yang terhapus bersama dengan file-file yang masih ada. Carilah file yang ingin Anda pulihkan dalam daftar ini dan catat nama file tersebut.

Setelah Anda menemukan file yang ingin Anda pulihkan, catatlah nama file tersebut dan lanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Gunakan Perintah “copy” untuk Mengembalikan File

Setelah Anda mencatat nama file yang ingin Anda pulihkan, gunakan perintah “copy” diikuti dengan nama file dan lokasi tujuan untuk mengembalikan file tersebut. Misalnya, jika Anda ingin mengembalikan file bernama “catatan.txt” ke folder “Dokumen” di drive C, Anda dapat mengetik perintah berikut: “copy catatan.txt C:\Dokumen” dan tekan Enter.

Perintah “copy” akan mengembalikan file yang terhapus dari tempat sampah dan meletakkannya kembali ke lokasi asalnya. Setelah Anda mengetik perintah dan menekan Enter, CMD akan memulai proses pengembalian file. Tunggu sampai proses selesai dan periksa apakah file telah berhasil dipulihkan.

4. Gunakan Perintah “undelete” untuk Mengembalikan File yang Terhapus Secara Permanen

Jika Anda telah menghapus file secara permanen menggunakan perintah “del” atau mengosongkan tempat sampah, Anda dapat menggunakan perintah “undelete” untuk mencoba mengembalikan file tersebut. Perintah ini akan mencari file yang terhapus secara permanen dan mencoba mengembalikannya. Namun, perintah “undelete” tidak selalu berhasil dan tergantung pada seberapa lama file tersebut telah dihapus dan apakah area penyimpanan di atasnya telah digunakan untuk menyimpan data baru.

Untuk menggunakan perintah “undelete”, masukkan “undelete” diikuti dengan drive tempat file yang terhapus berada. Misalnya, jika file yang ingin Anda pulihkan berada di drive E, Anda dapat mengetik perintah berikut: “undelete E:” dan tekan Enter. CMD akan memulai proses pemulihan file dan mencoba mengembalikan file yang terhapus secara permanen.

5. Gunakan Perintah “chkdsk” untuk Memperbaiki File yang Rusak

Jika file yang ingin Anda pulihkan rusak atau tidak dapat dibuka setelah dikembalikan, Anda dapat menggunakan perintah “chkdsk” untuk memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada drive tersebut. Perintah ini akan memindai drive dan mencoba memperbaiki sejumlah kecil kesalahan yang mungkin terjadi.

Untuk menggunakan perintah “chkdsk”, masukkan “chkdsk” diikuti dengan drive yang ingin Anda periksa. Misalnya, jika file yang ingin Anda pulihkan berada di drive C, Anda dapat mengetik perintah berikut: “chkdsk C:” dan tekan Enter. CMD akan memulai proses pemeriksaan dan perbaikan drive. Tunggu sampai proses selesai dan coba buka file yang telah Anda pulihkan untuk melihat apakah masalahnya telah teratasi.

Dalam artikel ini, kami telah membahas langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus dengan CMD. Meskipun tidak ada jaminan bahwa Anda dapat mengembalikan file yang terhapus dengan sukses, menggunakan CMD dapat memberikan peluang untuk melakukannya. Jika Anda segera bertindak setelah file dihapus, ada kemungkinan besar bahwa Anda dapat memulihkan file tersebut. Namun, jika CMD tidak berhasil mengembalikan file yang Anda cari, Anda mungkin perlu mencari bantuan dari profesional pemulihan data untuk mengembalikan file yang hilang.

Meta description: Artikel ini memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara mengembalikan file yang terhapus dengan menggunakan Command Prompt (CMD). Pelajari cara menggunakan CMD untuk mengembalikan file yang telah dihapus dengan sukses.