Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Android dengan Laptop

Apakah Anda pernah mengalami kejadian dimana file-file penting di smartphone Android Anda terhapus secara tidak sengaja? Jika iya, jangan khawatir! Ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Android dengan bantuan laptop Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara mengembalikan file yang terhapus dengan laptop, sehingga Anda dapat dengan mudah mendapatkan kembali data yang hilang tersebut.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa proses ini hanya berlaku untuk Android yang menggunakan sistem operasi versi 4.0 atau yang lebih baru, dan juga membutuhkan koneksi internet. Selain itu, Anda juga memerlukan laptop atau komputer dengan sistem operasi Windows atau Mac. Jadi, jika Anda siap, mari kita lanjutkan dengan cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan laptop.

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara yang paling efektif untuk mengembalikan file yang terhapus di Android adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti EaseUS MobiSaver atau Dr.Fone. Aplikasi ini dapat mendeteksi dan memulihkan file-file yang hilang dengan mudah. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal aplikasi ini di laptop Anda, kemudian menghubungkan smartphone Android ke laptop menggunakan kabel USB. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh aplikasi untuk memulihkan file yang terhapus.

2. Membuka Kembali Google Drive

Jika Anda menggunakan Google Drive sebagai penyimpanan cloud untuk file Anda, Anda memiliki kesempatan untuk mengembalikan file yang terhapus langsung dari aplikasi ini. Anda hanya perlu membuka Google Drive di laptop Anda dan masuk ke akun Google yang terhubung dengan smartphone Android Anda. Setelah masuk, periksa folder “Sampah” di Google Drive. Di sana, Anda mungkin akan menemukan file-file yang terhapus dan masih bisa dikembalikan. Jika file yang Anda cari ada di folder “Sampah”, cukup pilih file tersebut dan klik tombol “Pulihkan” untuk mengembalikannya ke folder asal.

3. Menggunakan Fitur Google Photos

Jika file yang hilang adalah foto atau video, Anda juga dapat mencoba mengembalikannya melalui fitur Google Photos. Google Photos secara otomatis mencadangkan semua foto dan video dari smartphone Android ke penyimpanan cloud. Untuk mengembalikan foto atau video yang terhapus, buka Google Photos di laptop Anda dan masuk ke akun Google yang terhubung dengan smartphone Android. Di sana, cari folder “Sampah” dan periksa apakah file yang hilang ada di dalamnya. Jika iya, pilih file tersebut dan klik tombol “Pulihkan” untuk mengembalikannya ke galeri foto Anda.

4. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika cara-cara sebelumnya tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data khusus untuk mengembalikan file yang terhapus di Android. Ada banyak software pemulihan data yang tersedia di internet, seperti Recuva atau DiskDigger. Anda hanya perlu mengunduh dan menginstal software tersebut di laptop Anda, kemudian menghubungkan smartphone Android ke laptop menggunakan kabel USB. Setelah itu, ikuti petunjuk yang diberikan oleh software untuk memulihkan file yang terhapus.

5. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di Android, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Layanan ini umumnya berbayar, tetapi mereka memiliki alat dan pengetahuan yang diperlukan untuk memulihkan file yang hilang dengan tingkat keberhasilan yang lebih tinggi. Pastikan untuk memilih layanan pemulihan data yang terpercaya dan memiliki ulasan positif dari pengguna sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan mereka.

Dalam kesimpulan, mengembalikan file yang terhapus di Android dengan bantuan laptop dapat dilakukan dengan beberapa cara yang telah disebutkan di atas. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak semua file yang terhapus dapat dipulihkan, terutama jika file tersebut telah dihapus secara permanen atau telah terpengaruh oleh faktor eksternal. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu melakukan backup data secara rutin agar dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di masa mendatang.

Meta description: Artikel ini memberikan panduan lengkap mengenai cara mengembalikan file yang terhapus di Android dengan laptop. Pelajari cara-cara yang efektif dan bermanfaat untuk mendapatkan kembali file-file yang hilang dari smartphone Android Anda.