Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Berkas

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file yang penting dari berkas Anda? Jika iya, jangan panik! Anda tidak sendirian. Menghapus file yang tidak sengaja adalah kesalahan yang umum terjadi, tetapi untungnya ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di berkas Anda. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di berkas dengan mudah dan efektif.

Sebelum kita membahas langkah-langkahnya, penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda bertindak, semakin besar kemungkinan Anda mengembalikan file yang terhapus. Setiap kegiatan yang dilakukan setelah file dihapus dapat menyebabkan file tersebut terhapus permanen atau tergantikan oleh file lainnya. Jadi, jangan menunda-nunda dan ikuti langkah-langkah berikut dengan hati-hati.

1. Memeriksa Recycle Bin

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa Recycle Bin atau Keranjang Sampah di komputer Anda. Ketika Anda menghapus file dari berkas, file tersebut sebenarnya masih ada di Recycle Bin dan belum dihapus secara permanen. Anda dapat membuka Recycle Bin dan mencari file yang ingin Anda kembalikan. Jika Anda menemukan file yang hilang, cukup klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikannya ke lokasi aslinya di berkas Anda.

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba.

2. Menggunakan Fitur Restore Previous Versions

Jika Anda tidak menemukan file yang hilang di Recycle Bin, langkah selanjutnya adalah menggunakan fitur “Restore Previous Versions” atau “Kembalikan Versi Sebelumnya” yang ada di Windows. Fitur ini memungkinkan Anda mengembalikan file yang terhapus ke versi sebelumnya yang tersimpan di sistem Anda.

Untuk menggunakan fitur ini, Anda perlu mengklik kanan pada folder tempat file tersebut sebelumnya berada dan memilih “Restore Previous Versions” atau “Kembalikan Versi Sebelumnya” dari menu yang muncul. Kemudian, Anda akan melihat daftar versi sebelumnya dari folder tersebut. Pilih versi yang tepat dan klik “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan file ke lokasi aslinya.

3. Menggunakan Software Recovery

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang hilang, Anda dapat mencoba menggunakan software recovery khusus. Ada banyak software recovery yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di berkas dengan cepat dan mudah.

Langkah pertama adalah mendownload dan menginstal software recovery yang dipilih. Setelah diinstal, jalankan software tersebut dan ikuti panduan yang diberikan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih lokasi atau drive tempat file yang hilang sebelumnya berada, dan software akan melakukan pemindaian untuk mencari file yang terhapus. Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat melihat daftar file yang ditemukan dan memilih file yang ingin Anda kembalikan. Klik “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikan file ke lokasi aslinya.

4. Menggunakan Command Prompt

Metode lain yang dapat Anda coba adalah menggunakan Command Prompt atau CMD. Ini adalah metode yang lebih teknis, jadi pastikan Anda mengikutinya dengan hati-hati.

Langkah pertama adalah membuka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd” dan tekan Enter. Setelah Command Prompt terbuka, ketik “chkdsk /f” di dalamnya dan tekan Enter. Ini akan memeriksa dan memperbaiki setiap kesalahan pada drive Anda yang dapat menyebabkan file terhapus.

Setelah proses selesai, ketik “attrib -h -r -s /s /d drive:\*.*” di Command Prompt, dengan mengganti “drive” dengan huruf drive yang ingin Anda periksa. Ini akan mengembalikan atribut file yang tersembunyi, dihapus, atau sistem ke kondisi semula. Setelah itu, Anda dapat memeriksa berkas Anda dan melihat apakah file yang hilang telah dikembalikan.

5. Mencegah Kehilangan File di Masa Depan

Tentu saja, cara terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus di berkas adalah dengan mencegah kehilangan file tersebut di masa depan. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mencegah kehilangan file, seperti melakukan backup secara teratur, menggunakan antivirus yang handal, dan berhati-hati saat menghapus file.

Backup adalah langkah yang sangat penting. Selalu pastikan Anda memiliki salinan cadangan dari file-file penting Anda di penyimpanan eksternal atau cloud. Dengan begitu, jika file Anda terhapus atau hilang, Anda dapat dengan mudah mengembalikannya dari salinan cadangan.

Secara keseluruhan, mengembalikan file yang terhapus di berkas mungkin membutuhkan sedikit usaha dan ketelitian, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, Anda dapat memulihkan file yang hilang dengan mudah. Jadi, jika Anda mengalami situasi di mana file yang penting terhapus, jangan panik dan ikuti panduan di atas. Semoga berhasil!