Cara Mengembalikan File yang Terhapus di CamScanner

CamScanner adalah aplikasi yang sangat populer untuk memindai dan menyimpan dokumen dalam format digital. Dengan fitur-fitur yang canggih, pengguna dapat dengan mudah mengambil gambar dokumen menggunakan kamera ponsel mereka dan mengkonversinya menjadi file PDF yang dapat disimpan dan dibagikan. Namun, ada kalanya kita secara tidak sengaja menghapus file yang penting dari aplikasi ini. Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di CamScanner.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa CamScanner menyimpan file yang dihapus dalam waktu tertentu sebelum akhirnya dihapus secara permanen. Jadi, semakin cepat kita mengambil tindakan, semakin besar kemungkinan kita untuk mengembalikan file yang terhapus. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus di CamScanner.

1. Periksa Folder Sampah

Jika Anda baru saja menghapus file dari CamScanner, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa folder sampah di aplikasi ini. Folder sampah adalah tempat di mana file yang dihapus oleh pengguna disimpan sebelum akhirnya dihapus secara permanen. Untuk memeriksa folder sampah di CamScanner, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama-tama, buka aplikasi CamScanner di ponsel Anda dan masuk ke halaman utama. Kemudian, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu.

Setelah itu, gulir ke bawah dan temukan opsi “Sampah” di dalam menu. Ketuk opsi ini untuk membuka folder sampah di CamScanner. Di dalam folder sampah, Anda akan melihat daftar file yang dihapus secara terpisah. Cari file yang ingin Anda pulihkan dan ketuk ikon “Kembalikan” di sebelahnya. File tersebut akan dikembalikan ke folder aslinya di CamScanner.

2. Gunakan Fitur Backup dan Sinkronisasi

Jika Anda tidak dapat menemukan file yang ingin Anda pulihkan di folder sampah CamScanner, langkah berikutnya adalah menggunakan fitur backup dan sinkronisasi yang tersedia dalam aplikasi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan salinan file Anda ke cloud dan mengaksesnya dari perangkat lain. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka aplikasi CamScanner di ponsel Anda dan masuk ke halaman utama. Kemudian, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pengaturan” di dalam menu. Ketuk opsi ini untuk membuka pengaturan CamScanner.

Di dalam pengaturan, temukan opsi “Backup dan Sinkronisasi” dan ketuk opsi ini. Di halaman backup dan sinkronisasi, pastikan fitur ini diaktifkan. Selanjutnya, Anda dapat memilih akun cloud yang ingin Anda gunakan untuk menyimpan file Anda. Setelah Anda memilih akun cloud, CamScanner secara otomatis akan menyimpan salinan file Anda ke cloud.

3. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika kedua langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di CamScanner, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data pihak ketiga. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store atau App Store yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus. Beberapa aplikasi populer yang dapat Anda coba adalah DiskDigger, EaseUS MobiSaver, dan Dr.Fone. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pemulihan data:

Unduh dan instal aplikasi pemulihan data pilihan Anda dari toko aplikasi. Buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Biasanya, Anda akan diminta untuk memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dan memindai perangkat Anda untuk mencari file yang terhapus. Setelah proses pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan ikuti instruksi untuk mengembalikannya.

4. Hubungi Dukungan Pelanggan CamScanner

Jika semua langkah di atas gagal mengembalikan file yang terhapus di CamScanner, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah menghubungi dukungan pelanggan CamScanner. Mereka mungkin memiliki metode atau alat pemulihan khusus yang dapat membantu memulihkan file Anda. Untuk menghubungi dukungan pelanggan CamScanner, buka aplikasi dan masuk ke halaman utama. Kemudian, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu. Gulir ke bawah dan temukan opsi “Pusat Bantuan” atau “Dukungan Pelanggan”. Ketuk opsi ini untuk menghubungi tim dukungan pelanggan CamScanner.

5. Langkah Pencegahan di Masa Depan

Meskipun kehilangan file yang penting dapat menjadi pengalaman yang mengecewakan, ada beberapa langkah pencegahan yang dapat Anda ambil untuk menghindari hal ini terjadi di masa depan. Pertama, pastikan Anda secara teratur mencadangkan file CamScanner Anda ke cloud atau perangkat lain. Kedua, berhati-hatilah saat menghapus file dan pastikan Anda benar-benar ingin menghapusnya. Terakhir, selalu perbarui aplikasi CamScanner ke versi terbaru untuk mendapatkan fitur-fitur keamanan dan pemulihan yang lebih baik.

Dengan mengikuti panduan di atas, Anda sekarang memiliki pengetahuan yang cukup untuk mengembalikan file yang terhapus di CamScanner. Jangan panik jika Anda secara tidak sengaja menghapus file, karena ada beberapa cara untuk memulihkannya. Ingatlah untuk selalu melakukan backup dan mengambil langkah-langkah pencegahan agar Anda tidak kehilangan file yang berharga di masa depan.