Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Excel

Apakah Anda pernah mengalami kejadian dimana file penting Anda secara tidak sengaja terhapus di Excel? Jika iya, jangan khawatir, Anda tidak sendirian. Banyak pengguna Excel mengalami hal yang sama dan mencari cara untuk mengembalikan file yang terhapus. Meskipun terhapus, file tersebut masih mungkin bisa dikembalikan dengan menggunakan beberapa metode yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Saat menghapus file di Excel, baik itu dengan sengaja atau tidak, file tersebut sebenarnya tidak sepenuhnya hilang dari sistem. Secara default, Excel menyimpan file-file yang dihapus dalam folder Recycle Bin atau Keranjang Sampah. Jadi langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa folder Recycle Bin apakah file yang ingin Anda kembalikan masih ada di sana. Jika ya, Anda hanya perlu mengklik kanan file tersebut dan memilih opsi “Restore” atau “Kembalikan” untuk mengembalikannya ke lokasi asalnya.

1. Menggunakan Fitur “Undo”

Jika Anda baru saja menghapus file di Excel dan belum melakukan tindakan lain setelahnya, Anda dapat menggunakan fitur “Undo” untuk mengembalikan file tersebut dengan cepat. Tombol “Undo” biasanya terletak di bagian atas jendela Excel atau dapat diakses dengan menekan tombol keyboard “Ctrl + Z”. Dengan menggunakan “Undo”, Anda dapat mengembalikan perubahan terakhir yang dilakukan pada file Excel, termasuk mengembalikan file yang terhapus.

Anda juga dapat menggunakan opsi “Redo” atau “Ulang” jika ingin membatalkan tindakan “Undo” yang telah Anda lakukan. Namun, perlu diingat bahwa fitur “Undo” hanya berlaku untuk perubahan terakhir yang dilakukan dan tidak dapat mengembalikan file yang telah dihapus jika Anda sudah melakukan tindakan lain setelahnya.

2. Menggunakan Versi Sebelumnya

Jika Anda telah membuat cadangan atau versi lain dari file Excel yang terhapus, Anda dapat mencoba mengembalikannya dari versi sebelumnya. Excel memiliki fitur yang disebut “Versi Sebelumnya” yang memungkinkan Anda mengakses dan mengembalikan versi file yang telah disimpan sebelumnya. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu membuka file Excel dan mengklik tab “File” di bagian atas jendela, lalu pilih opsi “Info”. Di bagian kanan jendela, Anda akan melihat daftar versi sebelumnya yang tersedia.

Pilih versi file yang ingin Anda kembalikan dan klik tombol “Restore” atau “Kembalikan”. Excel akan mengganti file yang sedang dibuka dengan versi sebelumnya yang dipilih. Namun, perlu diingat bahwa fitur “Versi Sebelumnya” hanya berfungsi jika Anda telah menyimpan cadangan atau versi lain dari file tersebut sebelumnya.

3. Menggunakan Software Recovery

Jika kedua metode sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di Excel, Anda dapat mencoba menggunakan software recovery khusus yang dirancang untuk mengembalikan file yang hilang atau terhapus. Ada banyak software recovery yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun berbayar. Beberapa software populer yang dapat Anda coba adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Disk Drill.

Untuk menggunakan software recovery, Anda perlu mengunduh dan menginstalnya terlebih dahulu. Setelah itu, jalankan software tersebut dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Sebagai langkah pencegahan, pastikan Anda menyimpan file yang dikembalikan ke lokasi yang berbeda dengan file aslinya untuk menghindari kehilangan data yang lebih lanjut.

4. Menghubungi Administrator Sistem

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di Excel, Anda dapat mencoba menghubungi administrator sistem atau departemen IT di tempat Anda bekerja. Mereka mungkin memiliki akses ke sistem yang memungkinkan mereka mengembalikan file yang terhapus. Berikan informasi yang lengkap tentang file yang ingin Anda kembalikan, termasuk nama file, lokasi asal file, dan waktu terakhir Anda mengakses file tersebut.

Administrator sistem atau departemen IT akan melakukan pengecekan dan mencoba untuk mengembalikan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa proses ini mungkin memakan waktu dan tidak selalu berhasil, terutama jika sudah terlalu lama sejak file tersebut terhapus atau jika sistem tidak menyimpan cadangan file yang dihapus.

5. Menjaga Backup Teratur

Untuk menghindari kehilangan data yang penting, sangat disarankan untuk menjaga backup teratur dari file-file Excel Anda. Anda dapat menggunakan fitur backup yang disediakan oleh Excel atau menggunakan software backup eksternal. Dengan melakukan backup secara teratur, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus atau kehilangan data lainnya tanpa harus khawatir kehilangan informasi penting.

Demikianlah beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di Excel. Setiap metode memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda-beda, jadi cobalah metode yang sesuai dengan situasi Anda. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan Excel dan selalu membuat backup file secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.