Cara Mengembalikan File yang Terhapus di File Manager Android

Anda mungkin pernah mengalami situasi di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di file manager Android Anda. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti kesalahan pengguna atau serangan malware. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus tersebut.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang terhapus, penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan pasti bahwa file yang terhapus dapat dipulihkan sepenuhnya. Namun, dengan menggunakan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan kembali file yang hilang tersebut. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data Android

Jika Anda ingin mencari cara yang cepat dan mudah untuk mengembalikan file yang terhapus di file manager Android, Anda dapat menggunakan aplikasi pemulihan data Android. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Google Play Store yang dirancang khusus untuk tujuan ini. Aplikasi ini akan memindai perangkat Anda dan mencoba untuk memulihkan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa keberhasilan pemulihan dapat bervariasi tergantung pada kondisi perangkat dan jenis file yang hilang.

Selain itu, pastikan Anda mengunduh aplikasi pemulihan data dari sumber yang terpercaya dan membaca ulasan pengguna sebelum menginstalnya. Beberapa aplikasi yang direkomendasikan adalah DiskDigger, MobiSaver, dan EaseUS MobiSaver.

2. Menggunakan Backup yang Telah Anda Buat

Jika Anda telah membuat backup file Anda sebelumnya, mengembalikan file yang terhapus bisa menjadi proses yang sangat mudah. Android menyediakan opsi untuk membuat backup secara otomatis ke akun Google Drive Anda. Jadi, pastikan Anda mengaktifkan fitur ini di pengaturan perangkat Anda agar file penting Anda selalu aman. Untuk mengembalikan file dari backup, buka aplikasi File Manager Anda, pilih opsi pengembalian dari backup, dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Anda juga dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Drive, Dropbox, atau OneDrive untuk membuat backup file Anda. Jika Anda telah mengaktifkan sinkronisasi dengan salah satu aplikasi ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus dari cloud storage tersebut.

3. Menggunakan Fitur Recycle Bin

Beberapa aplikasi file manager Android, seperti ES File Explorer, memiliki fitur Recycle Bin yang mirip dengan yang ada di komputer. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memulihkan file yang terhapus dengan mudah. Jika Anda menggunakan aplikasi file manager yang memiliki fitur ini, cukup buka Recycle Bin, cari file yang ingin dikembalikan, dan pilih opsi pulihkan. File tersebut akan dikembalikan ke lokasi aslinya di perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa fitur Recycle Bin hanya tersedia jika Anda mengaktifkannya di aplikasi file manager Anda. Jadi, pastikan Anda memeriksa pengaturan aplikasi Anda untuk memastikan fitur ini diaktifkan.

4. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika metode di atas tidak berhasil atau jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di perangkat Anda, Anda dapat mencoba menggunakan software pemulihan data di komputer Anda. Ada banyak perangkat lunak yang tersedia secara online yang dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus dari perangkat Android Anda.

Untuk menggunakan software pemulihan data, Anda perlu menghubungkan perangkat Android Anda ke komputer melalui kabel USB, lalu jalankan perangkat lunak pemulihan data. Perangkat lunak ini akan memindai perangkat Anda dan mencoba untuk memulihkan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa Anda mungkin perlu memberikan akses root ke perangkat Android Anda agar dapat menggunakan beberapa fitur pemulihan data.

5. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas gagal mengembalikan file yang terhapus, atau jika file yang hilang sangat penting bagi Anda, Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan pemulihan data untuk perangkat Android. Mereka memiliki perangkat keras dan perangkat lunak khusus yang dapat membantu memulihkan file yang hilang dari perangkat Anda.

Namun, perlu diingat bahwa layanan pemulihan data profesional dapat mahal, tergantung pada tingkat kerusakan perangkat dan tingkat kesulitan pemulihan. Pastikan Anda melakukan riset dan memilih penyedia layanan yang terpercaya dan berpengalaman sebelum memutuskan untuk menggunakan layanan mereka.

Dalam kesimpulan, mengembalikan file yang terhapus di file manager Android memang mungkin, tetapi tidak ada jaminan bahwa semua file dapat dipulihkan sepenuhnya. Namun, dengan menggunakan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk mendapatkan kembali file yang hilang tersebut. Pastikan Anda selalu melakukan backup rutin file Anda dan berhati-hati saat menggunakan perangkat Android Anda untuk menghindari kehilangan data yang tidak perlu.