Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Flashdisk adalah salah satu alat penyimpanan data yang paling populer digunakan oleh banyak orang. Namun, terkadang kita tidak sengaja menghapus file yang penting di dalam flashdisk tersebut. Hal ini tentu menjadi masalah besar karena kita tidak dapat mengakses file-file tersebut lagi. Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

Sebelum kita membahas cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, penting untuk diingat bahwa semakin cepat Anda bertindak, semakin besar peluang untuk mengembalikan file yang terhapus. Jadi, jika Anda menyadari bahwa file penting telah terhapus, jangan gunakan flashdisk tersebut untuk menyimpan data baru. Hal ini akan mengurangi risiko file yang terhapus tergantikan oleh data baru. Selain itu, pastikan Anda memiliki software recovery data yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Sekarang, mari kita lihat cara-cara untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk.

1. Menggunakan Recuva

Recuva adalah salah satu software recovery data yang paling populer digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Software ini memiliki antarmuka yang user-friendly dan dapat mengembalikan berbagai jenis file, seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Caranya cukup mudah, pertama-tama Anda perlu mengunduh dan menginstal software Recuva. Setelah itu, sambungkan flashdisk ke komputer dan jalankan Recuva. Pilih flashdisk yang ingin Anda pulihkan, lalu klik “Scan”. Setelah selesai, Recuva akan menampilkan daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik “Recover”. File akan dikembalikan ke lokasi yang Anda tentukan.

2. Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard adalah software recovery data lain yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Software ini memiliki fitur yang lengkap dan dapat mengembalikan berbagai jenis file yang terhapus, termasuk file yang terhapus secara permanen. Untuk menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard, Anda perlu mengunduh dan menginstal software tersebut. Setelah itu, jalankan software dan pilih flashdisk yang ingin Anda pulihkan. Klik “Scan” untuk memulai proses pemindaian. Setelah selesai, Anda dapat melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda kembalikan, lalu klik “Recover”. File akan dikembalikan ke lokasi yang Anda tentukan.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda lebih suka menggunakan command prompt, Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Caranya cukup sederhana, pertama-tama sambungkan flashdisk ke komputer dan buka command prompt. Ketik “chkdsk” di command prompt, lalu ikuti dengan huruf drive flashdisk Anda dan /f. Misalnya, jika drive flashdisk Anda adalah E, ketik “chkdsk E: /f”. Command prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan di flashdisk. Setelah selesai, coba akses flashdisk dan lihat apakah file yang terhapus sudah dapat diakses kembali. Jika tidak, Anda dapat menggunakan software recovery data seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

4. Menggunakan ShadowExplorer

ShadowExplorer adalah software yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus dengan memanfaatkan fitur Shadow Copy yang ada di Windows. Software ini dapat mengembalikan file yang terhapus di flashdisk dengan mudah. Pertama-tama, unduh dan instal ShadowExplorer. Setelah itu, jalankan software dan pilih drive flashdisk yang ingin Anda pulihkan. Pilih tanggal pemulihan yang sesuai, lalu cari file yang ingin Anda kembalikan. Setelah menemukannya, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Export”. File akan dikembalikan ke lokasi yang Anda tentukan.

5. Menggunakan Backup

Salah satu cara terbaik untuk menghindari kehilangan data adalah dengan membuat backup secara teratur. Jika Anda telah membuat backup file-file yang ada di flashdisk, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus. Cukup sambungkan flashdisk ke komputer, buka folder backup, dan salin file yang ingin Anda kembalikan ke flashdisk. Jika Anda belum membuat backup sebelumnya, disarankan untuk mulai membuat backup secara teratur untuk menghindari kehilangan data di masa depan.

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk. Setiap metode memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, jadi pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan flashdisk dan membuat backup data secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak diinginkan.