Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Lewat Komputer

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan eksternal yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Namun, tidak jarang kita menghapus file yang penting atau berharga secara tidak sengaja. Jika Anda sedang mengalami hal ini, jangan khawatir! Dalam artikel ini, kami akan membagikan cara-cara yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk melalui komputer. Simak terus artikel ini untuk mengetahui caranya!

Sebelum kita mulai, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, segera hentikan penggunaan flashdisk tersebut setelah Anda menyadari bahwa file telah terhapus. Hal ini akan membantu meminimalkan kemungkinan file terhapus secara permanen karena adanya penulisan data baru pada flashdisk. Kedua, pastikan Anda memiliki akses sebagai administrator pada komputer yang digunakan. Dengan begitu, Anda dapat mengakses semua fitur yang dibutuhkan untuk mengembalikan file yang terhapus. Setelah memperhatikan hal-hal tersebut, mari kita mulai!

1. Gunakan Recycle Bin

Ketika Anda menghapus sebuah file di komputer, biasanya file tersebut akan masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Oleh karena itu, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memeriksa Recycle Bin di komputer Anda. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu membuka Recycle Bin dan mencari file yang terhapus. Jika file yang Anda cari ada di dalam Recycle Bin, cukup klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore” untuk mengembalikannya ke posisi semula di flashdisk.

Jika file yang Anda cari tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir! Masih ada beberapa metode lain yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk melalui komputer.

2. Gunakan Command Prompt

Jika file yang terhapus tidak ada di Recycle Bin, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengembalikannya. Caranya adalah dengan membuka Command Prompt melalui menu Start atau dengan menekan tombol Windows + R, kemudian mengetik “cmd” dan menekan Enter. Setelah Command Prompt terbuka, ikuti langkah-langkah berikut:

1. Ketik “chkdsk [nama drive] /f” dan tekan Enter. Ganti “[nama drive]” dengan huruf drive yang sesuai dengan flashdisk Anda.

2. Tunggu proses scanning selesai. Command Prompt akan memeriksa dan memperbaiki kesalahan pada flashdisk.

3. Setelah proses selesai, ketik “attrib -h -r -s /s /d [nama drive]:\*.*” dan tekan Enter. Ganti “[nama drive]” dengan huruf drive yang sesuai dengan flashdisk Anda.

4. Tunggu proses selesai. Command Prompt akan mengembalikan atribut file yang terhapus.

Setelah selesai, periksa flashdisk Anda dan cek apakah file yang terhapus sudah berhasil dikembalikan.

3. Gunakan Software Pihak Ketiga

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan software pihak ketiga untuk mengembalikan file yang terhapus. Ada banyak software yang tersedia secara gratis maupun berbayar yang dapat Anda gunakan, seperti EaseUS Data Recovery Wizard, Recuva, atau Disk Drill. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menginstall software tersebut, memilih flashdisk yang ingin dipindai, dan menunggu proses scanning selesai. Setelah selesai, software akan menampilkan daftar file yang dapat dikembalikan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan, dan ikuti langkah-langkah yang diberikan oleh software untuk mengembalikannya.

4. Gunakan Fitur Restore Previous Version

Jika flashdisk Anda terhubung dengan komputer yang menjalankan sistem operasi Windows, Anda dapat mencoba menggunakan fitur “Restore Previous Version” untuk mengembalikan file yang terhapus. Caranya adalah dengan membuka folder tempat file tersebut sebelumnya tersimpan, klik kanan pada folder tersebut, dan pilih “Restore Previous Version”. Windows akan menampilkan versi-versi sebelumnya dari folder tersebut. Pilih versi yang sesuai dengan waktu sebelum file terhapus, dan klik “Restore” untuk mengembalikan file tersebut ke flashdisk.

Perlu diingat bahwa fitur ini hanya akan bekerja jika Anda telah mengaktifkan fitur “System Protection” di komputer Anda sebelum file terhapus. Jika fitur ini tidak aktif, langkah ini tidak akan berhasil.

5. Gunakan Backup

Jika Anda telah melakukan backup file-file penting di flashdisk Anda, langkah terbaik untuk mengembalikan file yang terhapus adalah dengan menggunakan backup tersebut. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menghubungkan flashdisk ke komputer, membuka folder backup, dan menyalin file yang ingin dikembalikan ke flashdisk. Pastikan untuk menyalin file ke lokasi yang benar, agar file dapat diakses dengan mudah di flashdisk.

Jika Anda belum memiliki backup file di flashdisk, langkah ini tidak akan dapat digunakan.

Setelah mencoba beberapa metode di atas, semoga Anda berhasil mengembalikan file yang terhapus di flashdisk melalui komputer. Namun, perlu diingat bahwa tidak semua file yang terhapus dapat dikembalikan sepenuhnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan backup file secara teratur dan hati-hati saat menghapus file di flashdisk. Semoga artikel ini bermanfaat!