Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk Tanpa Aplikasi

Flashdisk adalah salah satu media penyimpanan yang sering digunakan untuk menyimpan file, baik itu dokumen, foto, video, atau musik. Namun, tidak jarang kita mengalami kejadian di mana file yang ada di flashdisk terhapus secara tidak sengaja. Hal ini tentu saja cukup mengganggu, terutama jika file yang terhapus tersebut penting dan tidak ada backup-nya.

Namun, jangan khawatir! Anda tidak perlu panik karena ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti:

1. Cek Recycle Bin

Langkah pertama yang dapat Anda coba adalah dengan memeriksa Recycle Bin di komputer Anda. Ketika Anda menghapus file dari flashdisk, file tersebut sebenarnya masih ada di Recycle Bin. Anda hanya perlu mengembalikan file tersebut ke lokasi aslinya di flashdisk. Pastikan untuk menghubungkan flashdisk ke komputer sebelum memeriksa Recycle Bin.

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa langkah lain yang bisa Anda coba.

2. Gunakan Command Prompt

Langkah kedua yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan Command Prompt. Command Prompt adalah salah satu fitur bawaan Windows yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer

2. Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Windows + R, kemudian ketik “cmd” dan tekan Enter

3. Ketik “attrib -h -r -s /s /d X:\*.*” (tanpa tanda kutip) di Command Prompt, dengan X adalah huruf yang menunjukkan lokasi flashdisk di komputer Anda.

3. Gunakan Fitur Restore sebelumnya di Windows

Windows memiliki fitur yang disebut “Restore sebelumnya” yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. Fitur ini akan mengembalikan sistem Anda ke keadaan sebelum file tersebut terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Hubungkan flashdisk ke komputer

2. Klik kanan pada folder atau direktori tempat file tersebut sebelumnya berada

3. Pilih opsi “Restore sebelumnya” dan ikuti petunjuk yang muncul

4. Gunakan Software Recovery

Jika langkah-langkah sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan software recovery khusus. Software ini dapat mendeteksi dan mengembalikan file yang terhapus dari flashdisk. Beberapa software recovery yang populer antara lain Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan MiniTool Power Data Recovery. Pastikan untuk mengunduh software recovery dari sumber yang terpercaya.

5. Cari bantuan profesional

Jika semua langkah di atas tidak membuahkan hasil, Anda dapat mencari bantuan profesional. Ada banyak perusahaan atau teknisi yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dari flashdisk. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini biasanya akan dikenakan biaya tertentu.

Dalam kesimpulan, kehilangan file yang penting di flashdisk bukan merupakan hal yang tidak dapat diperbaiki. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda memiliki peluang besar untuk dapat mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Selalu ingat untuk melakukan backup file secara teratur agar menghindari kehilangan data yang berharga.