Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Google Drive Orang Lain

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud yang populer digunakan oleh banyak orang. Dalam mengelola file di Google Drive, terkadang tidak sengaja kita menghapus file yang sebenarnya masih kita butuhkan. Apalagi jika file tersebut terhapus oleh orang lain dalam akun Google Drive kita. Jangan khawatir, dalam artikel ini kita akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus di Google Drive orang lain.

Sebelum kita melanjutkan, penting untuk diingat bahwa untuk dapat mengembalikan file yang terhapus di Google Drive orang lain, Anda harus memiliki akses ke akun Google Drive tersebut. Jika Anda tidak memiliki izin akses ke akun tersebut, Anda tidak dapat mengembalikan file yang terhapus. Pastikan Anda mendapatkan izin dari pemilik akun sebelum melanjutkan.

1. Mencari File di Trash

Jika file yang ingin Anda kembalikan masih belum terlalu lama terhapus, langkah pertama yang dapat Anda coba adalah mencari file tersebut di dalam folder “Trash” di Google Drive. Folder “Trash” adalah tempat penyimpanan sementara untuk file yang telah dihapus. Untuk mencari file di Trash, ikuti langkah berikut:

1. Buka Google Drive di perangkat Anda.

2. Di sisi kiri layar, klik pada opsi “Trash”.

3. Di kolom pencarian di atas daftar file, ketik nama file yang ingin Anda kembalikan.

Jika file yang Anda cari muncul di daftar, klik kanan pada file tersebut dan pilih “Restore” untuk mengembalikan file ke posisi semula di akun Google Drive Anda.

2. Menggunakan Fitur Revision History

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak ada di dalam folder “Trash”, ada kemungkinan file tersebut telah dihapus lebih dari 30 hari yang lalu, dan sudah tidak tersedia di Trash. Namun, Google Drive memiliki fitur “Revision History” yang dapat membantu Anda mengembalikan versi sebelumnya dari file tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka Google Drive di perangkat Anda.

2. Temukan file yang ingin Anda kembalikan.

3. Klik kanan pada file tersebut dan pilih “Manage versions”.

Di dalam “Manage versions”, Anda dapat melihat daftar versi sebelumnya dari file tersebut. Pilih versi yang ingin Anda kembalikan, lalu klik “Restore” untuk mengembalikan file ke versi tersebut.

3. Meminta Pemilik Akun untuk Mengembalikan

Jika file yang ingin Anda kembalikan tidak ada di dalam folder “Trash” dan Anda tidak memiliki akses ke fitur “Revision History”, langkah terakhir yang dapat Anda coba adalah meminta pemilik akun Google Drive untuk mengembalikan file tersebut. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan:

1. Hubungi pemilik akun Google Drive tersebut dan jelaskan bahwa Anda telah menghapus file yang sebenarnya masih Anda butuhkan.

2. Mintalah pemilik akun untuk membuka folder “Trash” di Google Drive mereka.

3. Berikan informasi mengenai file yang ingin Anda kembalikan.

Dengan memberikan informasi yang jelas, pemilik akun dapat membantu Anda mencari file yang terhapus di folder “Trash” mereka dan mengembalikannya ke akun Anda.

4. Memulihkan File dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika semua langkah sebelumnya tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di Google Drive orang lain. Beberapa aplikasi yang dapat Anda coba adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, atau Disk Drill. Pastikan untuk melakukan penelitian dan memilih aplikasi yang terpercaya dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

5. Mencegah Kehilangan Data di Masa Depan

Agar tidak mengalami masalah yang sama di masa depan, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mencegah kehilangan data di Google Drive:

1. Selalu membuat salinan cadangan (backup) file penting Anda di tempat lain, seperti perangkat eksternal atau cloud storage lainnya.

2. Aktifkan fitur “Auto Backup” di Google Drive agar file-file Anda secara otomatis disimpan sebagai salinan cadangan.

3. Periksa secara berkala folder “Trash” di Google Drive Anda dan hapus file yang tidak lagi Anda butuhkan untuk menghindari kebingungan di masa depan.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus di Google Drive orang lain dengan mudah. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dalam mengelola file Anda dan mengambil tindakan pencegahan untuk menghindari kehilangan data di masa depan.