Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Hardisk Eksternal Gratis

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda secara tidak sengaja menghapus file penting dari hardisk eksternal Anda? Jangan khawatir, Anda bukanlah satu-satunya yang mengalami hal ini. Kebanyakan dari kita pernah mengalami kejadian seperti ini. Namun, tahukah Anda bahwa ada cara untuk mengembalikan file yang terhapus di hardisk eksternal secara gratis? Dalam artikel ini, kami akan membagikan beberapa tips dan trik yang bisa Anda coba untuk mengembalikan file Anda tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, penting untuk diingat bahwa setiap kehilangan data memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda-beda dalam proses pemulihan. Namun, dengan menggunakan metode yang tepat, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan file yang terhapus. Jadi, simaklah langkah-langkah berikut dengan seksama dan berharaplah yang terbaik!

1. Menggunakan Recycle Bin

Langkah pertama yang harus Anda coba adalah memeriksa Recycle Bin di komputer Anda. Ketika Anda menghapus file dari hardisk eksternal, file tersebut mungkin tidak langsung terhapus secara permanen. Biasanya, file tersebut akan masuk ke Recycle Bin terlebih dahulu sebelum dihapus secara permanen dari sistem. Jadi, periksa kembali Recycle Bin Anda dan pastikan untuk memulihkan file yang terhapus jika masih ada di sana.

Jika file yang ingin Anda pulihkan tidak ada di Recycle Bin, jangan khawatir. Masih ada beberapa metode lain yang bisa Anda coba.

2. Menggunakan Software Pemulihan Data

Jika Anda tidak berhasil menemukan file yang terhapus di Recycle Bin, langkah selanjutnya adalah menggunakan software pemulihan data. Ada banyak software pemulihan data gratis yang tersedia di internet yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dari hardisk eksternal. Salah satu software yang paling populer dan terpercaya adalah Recuva. Anda dapat mengunduh software ini secara gratis dan mengikuti instruksi yang diberikan untuk mengembalikan file yang terhapus.

Setelah Anda mengunduh dan menginstal software pemulihan data, pastikan untuk tidak menyimpan atau mengunduh program apa pun ke hardisk eksternal yang ingin Anda pulihkan. Hal ini dapat mengurangi peluang pemulihan data yang berhasil.

3. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang lebih mendalam, Anda dapat mencoba menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus. Command Prompt adalah fitur yang ada di sistem operasi Windows yang memungkinkan Anda untuk berinteraksi dengan sistem melalui baris perintah. Dengan menggunakan perintah yang tepat, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus dari hardisk eksternal.

Untuk menggunakan Command Prompt, buka menu Start dan cari “Command Prompt” atau “CMD”. Klik kanan pada aplikasi Command Prompt dan pilih “Run as administrator” untuk membuka Command Prompt dengan hak akses administrator. Kemudian, ikuti instruksi yang diberikan dalam artikel atau tutorial online untuk mengembalikan file yang terhapus menggunakan Command Prompt.

4. Menggunakan Backup

Jika Anda memiliki kebiasaan melakukan backup secara teratur, Anda mungkin beruntung karena file yang terhapus dapat dipulihkan dari backup yang Anda buat sebelumnya. Pastikan untuk memeriksa apakah Anda memiliki backup file yang ingin Anda pulihkan di hardisk eksternal lain, cloud storage, atau perangkat penyimpanan lainnya. Jika ada, Anda hanya perlu mengambil file dari backup dan mengembalikannya ke hardisk eksternal Anda.

Jika Anda tidak memiliki backup, jangan khawatir. Masih ada satu metode lagi yang bisa Anda coba.

5. Menggunakan Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua metode di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, kemungkinan besar file tersebut sudah terhapus secara permanen atau rusak. Dalam hal ini, Anda dapat mencari layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menawarkan layanan pemulihan data dengan harga yang bervariasi. Namun, sebelum menggunakan layanan ini, pastikan untuk melakukan penelitian dan memilih perusahaan yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Dalam kesimpulan, mengembalikan file yang terhapus di hardisk eksternal secara gratis memang memungkinkan dengan menggunakan beberapa metode seperti memeriksa Recycle Bin, menggunakan software pemulihan data, menggunakan Command Prompt, memeriksa backup, atau menggunakan layanan pemulihan data profesional. Namun, penting untuk diingat bahwa tidak ada jaminan 100% bahwa file yang terhapus dapat dipulihkan sepenuhnya. Oleh karena itu, penting untuk selalu melakukan backup file secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang tidak dapat dipulihkan.