Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Oppo Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana file penting Anda terhapus secara tidak sengaja di HP Oppo? Jangan panik! Anda tidak perlu menggunakan aplikasi khusus untuk mengembalikan file yang terhapus. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba untuk mengatasi masalah ini tanpa harus menginstal aplikasi tambahan. Di artikel ini, kami akan membahas beberapa metode sederhana yang dapat Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda.

Saat ini, kebanyakan orang menggunakan smartphone untuk menyimpan file penting seperti foto, video, dokumen, dan lain-lain. Namun, terkadang file-file ini dapat terhapus dengan sendirinya atau karena kesalahan pengguna. Jika Anda menghadapi masalah ini, jangan putus asa. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Berikut adalah beberapa metode yang dapat Anda coba.

1. Menggunakan Fitur Backup dan Sinkronisasi

Fitur backup dan sinkronisasi menjadi salah satu metode yang efektif untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda. Beberapa aplikasi seperti Google Photos dan Google Drive memiliki fitur ini yang secara otomatis melakukan sinkronisasi data Anda dengan akun Google Anda. Jika Anda pernah menggunakan aplikasi ini sebelumnya dan fitur backup dan sinkronisasi diaktifkan, maka file-file yang terhapus masih dapat ditemukan di akun Google Anda.

Untuk mengembalikan file yang terhapus menggunakan fitur backup dan sinkronisasi, Anda perlu masuk ke akun Google Anda di HP Oppo Anda. Setelah masuk, buka aplikasi Google Photos atau Google Drive (tergantung pada aplikasi yang Anda gunakan untuk menyimpan file tersebut). Selanjutnya, cari folder atau album yang berisi file yang ingin Anda kembalikan. Pilih file yang terhapus dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke perangkat Anda. Dengan menggunakan fitur backup dan sinkronisasi, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda.

2. Menggunakan Fitur Recycle Bin

Jika Anda memiliki HP Oppo dengan sistem operasi ColorOS 6.0 ke atas, Anda dapat menggunakan fitur Recycle Bin untuk mengembalikan file yang terhapus. Fitur ini bekerja dengan cara menyimpan file yang terhapus dalam Recycle Bin selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus dari perangkat. Dengan fitur ini, Anda dapat dengan mudah mengambil kembali file yang terhapus jika Anda menyadarinya dalam waktu yang singkat.

Untuk menggunakan fitur Recycle Bin, buka aplikasi File Manager di HP Oppo Anda. Di dalam File Manager, cari ikon Recycle Bin dan ketuk untuk membukanya. Di dalam Recycle Bin, Anda akan melihat file-file yang terhapus dalam 30 hari terakhir. Cari file yang ingin Anda kembalikan dan pilih untuk mengembalikannya ke perangkat Anda. Fitur Recycle Bin pada HP Oppo dapat membantu Anda mengatasi masalah file yang terhapus dengan cepat dan mudah.

3. Menggunakan Fitur File Safe

Fitur File Safe pada HP Oppo merupakan fitur pengamanan yang memungkinkan Anda menyimpan file-file penting Anda dengan aman. Namun, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus. File Safe akan secara otomatis menyimpan salinan file yang terhapus selama 30 hari sebelum benar-benar dihapus dari perangkat. Jadi, jika Anda pernah menyimpan file dalam File Safe sebelumnya, Anda dapat mengembalikannya dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur File Safe, buka aplikasi File Manager di HP Oppo Anda. Di dalam File Manager, cari ikon File Safe dan ketuk untuk membukanya. Di dalam File Safe, Anda akan melihat file-file yang terhapus dalam 30 hari terakhir. Cari file yang ingin Anda kembalikan dan pilih untuk mengembalikannya ke perangkat Anda. Dengan menggunakan fitur File Safe, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda.

4. Menggunakan Fitur USB OTG

Jika metode sebelumnya tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan fitur USB OTG. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menghubungkan perangkat penyimpanan eksternal seperti flash drive atau hard drive ke HP Oppo Anda. Dengan menggunakan USB OTG, Anda dapat memindahkan file yang terhapus ke perangkat penyimpanan eksternal dan kemudian mengembalikannya ke HP Oppo Anda.

Untuk menggunakan fitur USB OTG, Anda perlu membeli kabel USB OTG yang kompatibel dengan HP Oppo Anda. Setelah Anda memiliki kabel USB OTG, hubungkan perangkat penyimpanan eksternal ke HP Oppo Anda menggunakan kabel tersebut. Selanjutnya, buka aplikasi File Manager di HP Oppo Anda dan cari file yang terhapus. Pilih file yang ingin Anda kembalikan dan pilih opsi untuk memindahkannya ke perangkat penyimpanan eksternal. Setelah file dipindahkan, lepas perangkat penyimpanan eksternal dan hubungkannya kembali ke HP Oppo Anda. Terakhir, pilih file yang telah dipindahkan dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke perangkat Anda. Dengan menggunakan fitur USB OTG, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda.

5. Menggunakan Fitur Google Drive

Jika Anda telah menggunakan Google Drive untuk menyimpan file-file Anda, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus melalui fitur Restore pada aplikasi Google Drive. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengembalikan file yang terhapus dalam waktu 30 hari terakhir. Jadi, jika Anda pernah menyimpan file penting di Google Drive sebelumnya, Anda dapat mengambilnya kembali dengan mudah.

Untuk menggunakan fitur Restore di Google Drive, buka aplikasi Google Drive di HP Oppo Anda. Di dalam Google Drive, buka menu sidebar dengan menggeser layar dari kiri ke kanan atau dengan mengetuk ikon menu di pojok kiri atas. Di dalam menu sidebar, pilih opsi “Sampah” atau “Trash” (tergantung pada bahasa yang Anda gunakan). Di dalam Sampah, Anda akan melihat file-file yang terhapus dalam 30 hari terakhir. Cari file yang ingin Anda kembalikan dan pilih opsi untuk mengembalikannya ke perangkat Anda. Dengan menggunakan fitur Restore di Google Drive, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda.

Dengan mengikuti beberapa metode di atas, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file yang terhapus di HP Oppo Anda tanpa harus mengunduh aplikasi tambahan. Jangan lupa untuk selalu membuat salinan cadangan file penting Anda secara teratur agar dapat menghindari kehilangan data di masa depan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda!