Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Samsung J7 Prime

Apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana file penting di HP Samsung J7 Prime Anda terhapus secara tidak sengaja? Jika iya, jangan panik! Anda tidak sendirian. Banyak pengguna smartphone mengalami hal serupa. Meskipun terhapus, sebenarnya masih ada peluang untuk mengembalikan file yang hilang tersebut. Artikel ini akan membahas cara mengembalikan file yang terhapus di HP Samsung J7 Prime dengan langkah-langkah yang mudah dan praktis.

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu mengapa file bisa terhapus di HP Samsung J7 Prime. Seringkali, file terhapus karena kesalahan pengguna. Misalnya, Anda mungkin secara tidak sengaja menekan tombol hapus saat ingin membuka file atau foto tertentu. Selain itu, file juga bisa terhapus karena masalah teknis, seperti pembaruan sistem yang tidak stabil atau gangguan pada sistem operasi.

1. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data

Satu cara yang efektif untuk mengembalikan file yang terhapus di HP Samsung J7 Prime adalah dengan menggunakan aplikasi pemulihan data. Ada banyak aplikasi pemulihan data yang tersedia di Play Store, tetapi salah satu yang paling populer dan terpercaya adalah DiskDigger. Dengan aplikasi ini, Anda dapat memulihkan berbagai jenis file, termasuk foto, video, dokumen, dan lainnya.

Langkah pertama adalah mengunduh dan menginstal aplikasi DiskDigger di HP Samsung J7 Prime Anda. Setelah itu, buka aplikasi dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Pastikan Anda memilih jenis file yang ingin Anda pulihkan, misalnya foto atau video. Setelah proses pemulihan selesai, aplikasi akan menampilkan file yang dapat dipulihkan. Anda dapat memilih file yang ingin Anda kembalikan dan simpan kembali ke HP Anda.

2. Menggunakan Google Drive atau Backup Samsung

Jika Anda memiliki kebiasaan rutin melakukan backup data HP Samsung J7 Prime Anda, maka Anda memiliki peluang yang lebih besar untuk mengembalikan file yang terhapus. Google Drive adalah salah satu cara yang paling umum untuk melakukan backup data. Pastikan sinkronisasi Google Drive diaktifkan di HP Anda dan file-file penting Anda akan secara otomatis tersimpan di cloud. Jika file terhapus, Anda dapat masuk ke akun Google Drive Anda melalui browser atau aplikasi, dan mengembalikan file yang hilang dengan mudah.

Selain Google Drive, Samsung juga menyediakan layanan backup yang disebut Samsung Cloud. Layanan ini memungkinkan Anda menyimpan data penting Anda, termasuk foto, video, dan kontak, di cloud Samsung. Jika Anda telah mengaktifkan layanan Samsung Cloud di HP Anda, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Buka aplikasi Pengaturan di HP Samsung J7 Prime Anda, pilih “Cloud and accounts”, lalu pilih “Samsung Cloud”. Di sana, Anda akan menemukan file-file yang telah di-backup dan dapat memulihkannya dengan beberapa langkah sederhana.

3. Menggunakan Aplikasi Pemulihan Data dari Komputer

Jika kedua metode di atas tidak berhasil, Anda masih memiliki opsi untuk menggunakan aplikasi pemulihan data dari komputer. Salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan adalah Dr.Fone – Data Recovery (Android). Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk memulihkan berbagai jenis file yang terhapus dari HP Samsung J7 Prime Anda. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini, Anda perlu menghubungkan HP ke komputer melalui kabel USB.

Setelah Anda menghubungkan HP ke komputer, jalankan aplikasi Dr.Fone – Data Recovery (Android) dan ikuti petunjuk yang diberikan untuk memulai proses pemulihan. Aplikasi akan melakukan pemindaian pada HP Anda dan menampilkan file-file yang dapat dipulihkan. Anda dapat memilih file yang ingin Anda kembalikan dan menyimpannya kembali ke HP atau komputer Anda.

4. Menghubungi Layanan Pemulihan Data Profesional

Jika semua cara di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus di HP Samsung J7 Prime Anda, Anda dapat mencoba untuk menghubungi layanan pemulihan data profesional. Ada banyak perusahaan yang menyediakan layanan pemulihan data, tetapi pastikan Anda memilih yang terpercaya dan memiliki pengalaman yang baik. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini mungkin memerlukan biaya yang cukup mahal dan tidak menjamin pemulihan 100% dari semua file yang terhapus.

Sebagai langkah pencegahan di masa depan, penting untuk selalu melakukan backup data secara rutin. Dengan melakukan backup data, Anda dapat menghindari kehilangan file yang penting dan mengembalikannya dengan mudah jika terhapus. Selain itu, berhati-hatilah saat menghapus file di HP Samsung J7 Prime Anda dan pastikan Anda memilih file yang benar sebelum menghapusnya. Dengan sedikit perhatian ekstra, Anda dapat menghindari kesalahan yang tidak diinginkan.

Mengembalikan file yang terhapus di HP Samsung J7 Prime mungkin terdengar rumit dan menakutkan, tetapi sebenarnya ada beberapa cara yang dapat Anda coba. Dengan menggunakan aplikasi pemulihan data, seperti DiskDigger, atau memanfaatkan layanan backup seperti Google Drive atau Samsung Cloud, Anda memiliki peluang yang baik untuk mengembalikan file yang hilang. Jika semua upaya Anda tidak berhasil, Anda dapat mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data dari komputer atau menghubungi layanan pemulihan data profesional. Selalu ingat untuk melakukan backup data secara rutin dan berhati-hati saat menghapus file agar mengurangi risiko kehilangan data di masa depan.