Cara Mengembalikan File yang Terhapus di HP Xiaomi Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah kehilangan file yang penting di HP Xiaomi Anda? Terkadang, kesalahan tak terduga bisa terjadi dan menyebabkan file yang berharga terhapus. Namun, jangan khawatir! Di artikel ini, kami akan membagikan cara mengembalikan file yang terhapus di HP Xiaomi tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda dapat dengan mudah mengembalikan file-file yang hilang dan menjaga data penting Anda tetap aman.

Sebelum kita mulai, penting untuk diingat bahwa setiap langkah yang dijelaskan dalam artikel ini hanya berlaku untuk HP Xiaomi. Jika Anda menggunakan merek HP lain, mungkin metode yang dibagikan di sini tidak berlaku. Jadi, pastikan Anda membaca artikel ini dengan saksama dan mengikuti instruksi dengan hati-hati.

1. Cek Folder Sampah di Galeri

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengembalikan file yang terhapus adalah dengan memeriksa folder sampah di galeri HP Xiaomi Anda. Banyak pengguna tidak menyadari bahwa Xiaomi memiliki folder sampah tersembunyi di galeri, yang menyimpan file-file yang dihapus dalam jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Untuk menemukan folder sampah ini, ikuti langkah-langkah berikut:

Pertama, buka aplikasi Galeri di HP Xiaomi Anda. Kemudian, ketuk menu tiga titik di pojok kanan atas layar. Dari menu yang muncul, pilih “Sampah”. Di sini, Anda akan melihat file-file yang dihapus dalam beberapa hari terakhir. Jika file yang hilang ada di sini, Anda dapat memulihkannya dengan mengklik file tersebut dan memilih opsi “Kembalikan”.

Meskipun folder sampah Xiaomi dapat menyimpan file-file yang dihapus, penting untuk diingat bahwa file-file ini hanya akan disimpan dalam jangka waktu tertentu sebelum benar-benar dihapus secara permanen. Jadi, pastikan Anda memeriksa folder sampah dengan segera setelah menyadari bahwa file penting telah terhapus.

2. Gunakan Fitur Pemulihan MIUI

Jika file yang hilang tidak dapat ditemukan di folder sampah, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikannya menggunakan fitur pemulihan yang disediakan oleh MIUI, antarmuka pengguna yang digunakan oleh HP Xiaomi. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memulihkan file yang terhapus dalam beberapa kasus. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fitur pemulihan MIUI:

Pertama, buka aplikasi File Manager di HP Xiaomi Anda. Di sini, Anda akan melihat opsi “Pemulihan” di bagian bawah layar. Ketuk opsi ini untuk melanjutkan. Setelah itu, Anda akan melihat daftar file yang terhapus. Cari file yang ingin Anda pulihkan dan centang kotak di sebelahnya. Setelah Anda memilih file-file yang ingin dipulihkan, ketuk opsi “Kembalikan” di bagian bawah layar. MIUI akan memulihkan file-file ini dan mengembalikannya ke direktori aslinya.

Harap diingat bahwa fitur pemulihan MIUI hanya dapat mengembalikan file yang terhapus dalam beberapa kasus tertentu. Jadi, tidak semua file yang hilang bisa dipulihkan melalui fitur ini. Namun, ini masih merupakan langkah yang layak untuk dicoba sebelum mencari solusi lain.

3. Gunakan Google Drive

Jika Anda memiliki file yang terhapus dan Anda memiliki cadangan file di Google Drive, Anda beruntung! Anda dapat dengan mudah mengembalikan file-file yang terhapus melalui Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Pertama, buka aplikasi Google Drive di HP Xiaomi Anda. Kemudian, masuk dengan akun Google yang terhubung dengan cadangan file Anda. Setelah masuk, ketuk ikon tiga garis di pojok kiri atas layar untuk membuka menu. Dalam menu ini, pilih opsi “Sampah”. Di sini, Anda akan melihat file-file yang terhapus dari Google Drive Anda. Pilih file yang ingin Anda pulihkan, lalu ketuk ikon tiga titik di sebelah kanan atas layar. Dari menu yang muncul, pilih opsi “Pulihkan”. Google Drive akan mengembalikan file-file ini ke direktori aslinya.

Hal penting yang perlu diingat saat menggunakan Google Drive untuk mengembalikan file yang terhapus adalah bahwa Anda harus memiliki cadangan file yang terhubung dengan akun Google Anda. Jika Anda tidak memiliki cadangan file atau tidak pernah mengaktifkannya sebelumnya, sayangnya Anda tidak akan dapat mengembalikan file-file yang terhapus melalui Google Drive.

4. Gunakan Aplikasi Pemulihan Data

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda masih memiliki opsi lain untuk mencoba menggunakan aplikasi pemulihan data dari pihak ketiga. Ada banyak aplikasi yang tersedia di Play Store yang dapat membantu Anda memulihkan file yang terhapus di HP Xiaomi. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk menggunakan aplikasi pemulihan data:

Pertama, unduh dan instal aplikasi pemulihan data dari Play Store. Setelah aplikasi terpasang, jalankan aplikasi tersebut. Aplikasi akan memulai proses pemindaian dan mencari file yang terhapus. Setelah pemindaian selesai, Anda akan melihat daftar file yang dapat dipulihkan. Pilih file yang ingin Anda pulihkan dan ketuk opsi “Kembalikan”. Aplikasi akan memulihkan file-file ini dan mengembalikannya ke direktori aslinya.

Penting untuk diingat bahwa tidak semua aplikasi pemulihan data dapat mengembalikan file dengan sempurna. Beberapa aplikasi mungkin tidak dapat memulihkan file-file yang hilang, sementara yang lain mungkin menghasilkan kualitas file yang buruk. Jadi, pastikan Anda membaca ulasan dan memilih aplikasi pemulihan data yang dapat diandalkan sebelum menginstalnya.

5. Cari Bantuan Profesional

Jika semua langkah di atas gagal dan Anda masih tidak dapat mengembalikan file yang terhapus, mungkin sudah waktunya untuk mencari bantuan profesional. Ada banyak layanan pemulihan data yang tersedia yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang hilang dari HP Xiaomi Anda. Namun, perlu diingat bahwa layanan ini seringkali membutuhkan biaya tambahan.

Sebelum Anda memutuskan untuk menggunakan layanan pemulihan data profesional, pastikan Anda mencari informasi tentang keandalan dan reputasi penyedia layanan. Bacalah ulasan dari pengguna lain dan pastikan Anda memilih penyedia layanan yang terpercaya dan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi dalam memulihkan data yang terhapus.

Dalam kesimpulan, kehilangan file yang penting di HP Xiaomi Anda tidak selalu berarti bahwa file tersebut hilang selamanya. Dengan langkah-langkah yang tepat, Anda masih memiliki kesempatan untuk mengembalikan file-file yang terhapus tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan. Ingatlah untuk selalu membuat cadangan file Anda secara teratur untuk menghindari kehilangan data yang berharga. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan membantu Anda mengembalikan file yang terhapus di HP Xiaomi Anda.