Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Komputer dengan CMD

Apakah Anda pernah menghapus file penting di komputer dan berharap bisa mengembalikannya? Jangan khawatir, ada cara untuk melakukan hal tersebut dengan menggunakan Command Prompt (CMD) di Windows. Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah yang perlu Anda ikuti untuk mengembalikan file yang terhapus menggunakan CMD.

CMD adalah salah satu fitur bawaan di Windows yang memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sistem operasi melalui baris perintah. Dengan menggunakan CMD, Anda dapat melakukan berbagai tugas, termasuk mengembalikan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa metode ini hanya efektif jika Anda belum menghapus file dari Recycle Bin, atau jika file tersebut terhapus secara permanen dari Recycle Bin.

1. Memulihkan File yang Terhapus dari Recycle Bin

Jika Anda baru saja menghapus file dan ingin mengembalikannya, langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa Recycle Bin. Recycle Bin adalah tempat penyimpanan sementara untuk file yang dihapus. Untuk mengembalikan file, cukup buka Recycle Bin, cari file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan pada file tersebut, dan pilih “Restore” atau “Kembalikan”. File akan dikembalikan ke lokasi aslinya.

Jika file tidak ada di Recycle Bin, atau jika Anda telah mengosongkan Recycle Bin, maka Anda perlu menggunakan CMD untuk mengembalikan file tersebut.

2. Menggunakan CMD untuk Mencari File yang Terhapus

Langkah pertama dalam mengembalikan file yang terhapus menggunakan CMD adalah dengan mencari file tersebut. Untuk melakukannya, buka CMD dengan cara menekan tombol Windows + R, ketik “cmd” dalam kotak dialog, dan tekan Enter. CMD akan terbuka dalam jendela terpisah.

Setelah CMD terbuka, ketik perintah “cd\” untuk pindah ke direktori root, lalu ketik “dir /a/s” untuk mencari semua file dalam semua folder, termasuk file yang tersembunyi. CMD akan menampilkan daftar file yang ada di komputer Anda. Anda dapat menggunakan perintah “dir” dengan argumen tambahan seperti nama file atau ekstensi file untuk mempersempit pencarian.

3. Memulihkan File yang Terhapus dengan CMD

Setelah Anda menemukan file yang ingin dikembalikan, Anda dapat menggunakan perintah “copy” untuk mengembalikannya. Misalnya, jika Anda ingin mengembalikan file “foto.jpg” yang terhapus, Anda dapat mengetik perintah “copy C:\Temp\foto.jpg D:\Restore” di CMD, di mana “C:\Temp\foto.jpg” adalah lokasi file yang terhapus, dan “D:\Restore” adalah lokasi tujuan untuk file yang akan dikembalikan.

Perhatikan bahwa Anda perlu mengganti “C:\Temp\foto.jpg” dan “D:\Restore” dengan lokasi dan nama file yang sesuai. Juga, pastikan tujuan folder untuk file yang akan dikembalikan sudah ada sebelum melakukan perintah “copy”. CMD akan menyalin file ke lokasi yang Anda tentukan, dan file akan dikembalikan.

4. Mengembalikan File yang Terhapus dengan Software Pihak Ketiga

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil mengembalikan file yang terhapus, Anda dapat mencoba menggunakan software pihak ketiga yang dirancang khusus untuk mengembalikan file yang terhapus. Ada banyak software yang tersedia secara gratis maupun berbayar yang dapat membantu Anda mengembalikan file yang terhapus dengan mudah. Beberapa contoh software yang populer adalah Recuva, EaseUS Data Recovery Wizard, dan Stellar Data Recovery.

Anda dapat mengunduh dan menginstal salah satu software tersebut, lalu mengikuti petunjuk yang diberikan untuk memulihkan file yang terhapus. Namun, perlu diingat bahwa kemungkinan mengembalikan file yang terhapus dengan software pihak ketiga tergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa lama file tersebut telah terhapus dan apakah file tersebut telah terfragmentasi.

5. Langkah Pencegahan untuk Menghindari Kehilangan File

Terakhir, selalu penting untuk mengambil langkah-langkah pencegahan agar tidak kehilangan file yang penting di komputer Anda. Beberapa langkah yang dapat Anda lakukan adalah:

– Rutinlah melakukan backup data penting Anda, baik dengan menggunakan eksternal hard drive, cloud storage, atau media penyimpanan lainnya.

– Hindari menghapus file secara sembarangan dan pastikan Anda memeriksa kembali sebelum menghapus file yang tidak perlu.

– Jangan terlalu bergantung pada Recycle Bin sebagai tempat penyimpanan sementara untuk file yang dihapus.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus di komputer Anda dengan menggunakan CMD. Namun, selalu diingat bahwa ada batasan dalam mengembalikan file yang terhapus, terutama jika file tersebut telah terhapus secara permanen atau terfragmentasi. Oleh karena itu, selalu penting untuk melakukan langkah-langkah pencegahan agar tidak kehilangan file yang penting.