Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop Tanpa Aplikasi

Apakah Anda pernah menghapus file penting secara tidak sengaja di laptop Anda? Jika iya, tentu Anda tahu betapa frustasinya kehilangan file tersebut. Namun, jangan khawatir! Ada beberapa cara untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengembalikan file yang terhapus di laptop tanpa aplikasi. Jadi, simak terus artikel ini!

Sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, pastikan Anda tidak menyimpan atau mengunduh file baru setelah file yang ingin Anda pulihkan terhapus. Ini penting karena setiap penyimpanan atau unduhan baru dapat menimpa ruang yang digunakan oleh file yang terhapus, membuat pemulihan file menjadi lebih sulit. Kedua, pastikan Anda menyimpan file yang pulih di lokasi yang berbeda dengan file aslinya, seperti flash drive atau eksternal hard drive. Ini untuk memastikan bahwa file yang ingin Anda pulihkan tidak akan terhapus lagi jika terjadi kesalahan dalam proses pemulihan.

1. Menggunakan Fitur Restore

Fitur Restore, juga dikenal sebagai Previous Versions, dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop Anda. Fitur ini memungkinkan Anda mengakses versi sebelumnya dari file atau folder yang telah disimpan oleh sistem operasi. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka File Explorer di laptop Anda dengan menekan tombol Win + E.

– Temukan folder tempat file asli tersebut disimpan sebelum terhapus.

– Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Restore previous versions” atau “Properties”.

2. Menggunakan Command Prompt

Jika Anda memiliki pengetahuan teknis yang sedikit lebih dalam, Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop tanpa aplikasi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka Command Prompt dengan cara menekan tombol Win + R, ketik “cmd”, dan tekan Enter.

– Ketik perintah “cd /d [lokasi folder asli]” untuk beralih ke direktori tempat file asli tersebut disimpan sebelum terhapus.

– Ketik perintah “attrib -h -r -s /s /d *.*” untuk mengembalikan atribut file yang tersembunyi, terproteksi, atau terhapus.

3. Menggunakan File History

File History adalah fitur bawaan Windows yang dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop Anda. Fitur ini secara otomatis membuat salinan file Anda dan menyimpannya di lokasi yang ditentukan. Untuk menggunakan fitur ini, ikuti langkah-langkah berikut:

– Buka Control Panel di laptop Anda.

– Pilih “System and Security” dan kemudian pilih “File History”.

– Klik “Restore personal files” untuk memulai proses pemulihan.

4. Menggunakan Google Drive atau Dropbox

Jika Anda memiliki kebiasaan menyimpan file Anda di Google Drive atau Dropbox, Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengembalikan file yang terhapus. Kedua layanan penyimpanan cloud ini memiliki fitur Recycle Bin atau Trash yang memungkinkan Anda mengembalikan file yang terhapus. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka Google Drive atau Dropbox di browser Anda.

– Temukan Recycle Bin atau Trash di antarmuka pengguna.

– Cari file yang ingin Anda pulihkan, klik kanan, dan pilih “Restore” atau “Undelete”.

5. Menggunakan Shadow Copies

Shadow Copies adalah fitur bawaan Windows yang membuat salinan snapshot dari file dan folder pada waktu tertentu. Fitur ini dapat digunakan untuk mengembalikan file yang terhapus di laptop Anda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

– Buka File Explorer di laptop Anda dengan menekan tombol Win + E.

– Temukan folder tempat file asli tersebut disimpan sebelum terhapus.

– Klik kanan pada folder tersebut dan pilih “Properties”.

– Pilih tab “Previous Versions” dan pilih snapshot yang ingin Anda pulihkan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah di atas, Anda dapat mengembalikan file yang terhapus di laptop tanpa perlu menginstal aplikasi tambahan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati saat menggunakan laptop dan memastikan bahwa Anda memiliki salinan cadangan file yang penting. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang pernah mengalami kehilangan file. Selamat mencoba!